Obor Merah Diarak di Batam

Minggu, 06 Juli 2008
BATAMCENTRE- Obor Merah Nusantara yang sudah diarak di sejumlah kota di bagian barat Indonesia, Minggu sore (6/7) sampai di Batam. Penggarakan dimulai dari Pelabuhan Beton Sikupang dan rencananya obor ini akan berada di Batam selama empat hari. Acara yang bernama Kirab Obor ini dimaksudkan untuk menggugah semangat gotong royong masyarakat Indonesia yang dewasa ini telah luntur dan langka. Obor ini akan berada di Batam selama empat hari.

Demikian disampaikan Kasubbag Dokumentasi Humas Pemko Batam Rudi TH Panjaitan kepada Sijori Mandiri di kawasan Batam Centre. Rudi menyebutkan, selama obor merah nusantara berada di Batam, akan ada berbagai kegiatan.

Kegiatan pertama dimulai pengarakkan obor dari pelabuhan Beton Sekupang yang rencananya akan datang pada pukul 15.00 sore ini dari Pekanbaru. Obor tersebut telah melewati berbagai daerah di Sumatera yang dimulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan kini di Batam.

Dari pelabuhan Sekupang, obor akan diarak oleh 150 pasukan bersepeda yang berasal dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batam, Karang Taruna se Kota Batam, Patron, Pasukan Amfibi, pasukan merah putih (paskibra), dan Satpol PP. Sepanjang perjalanan pasukan ini akan menyarakan ‘bike to work’. Dari Sekupang, obor terus dibawa ke dataran Engku Putri Batam Centre yang sedang berlansung upacara penyambutan obor nusantara yang dipimpin lansung oleh Wakil Walikota Batam Ria Saptarika.

Acara dilanjutkan pada Senin (7/7) dengan bakti sosial dan gotong royong di Masjid Al Falah Ibnu Sina di Seraya dan di Gereja GPIB Imanuel Seraya. Kegiatan ini terbagi dua sesuai dengan agamanya masing-masing, dengan tujuan yang sama, yakni aksi sosial dalam bentuk gotong royong.

Kemudian, di sore harinya, obor akan diarak keliling kota, yang dimulai dari Engku Putri, Simpang Kabil, Sukajadi, Simpang Jam, Baloi Centre, Penuin, Mc. Donald Jodoh, Morning Bakery Jodoh, Nagoya Hill, Gedung ex bioskop 21 (twenty one), Indo Mobil, Palm Spring, My Mart, dan kembali berakhir di Engku Putri.

Keesokan harinya, yakni hari Selasa (8/7) dilakukan dua kegiatan, kegiatan pertama pembagian anjang sana atau bingkisan sosial untuk warga kurang mampu di Kelurahan Sei Binti Kecamatan Sagulung, kemudian dilanjutkan dengan goro masal dan penanaman pohon penghijau di kawasan dekat perumahan Taman Pesona Asri Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung yang akan diikuti oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batam, Karang Taruna se Kota Batam, Patron, Pasukan Amfibi, pasukan merah putih (paskibra), dan Satpol PP, Dinas KP2, Kecamatan Sagulung, RT, RW dan kelurahan setempat.

Selanjutnya, Rabu (9/7), sekitar pukul 09.00 pagi di halaman kantor walikota Batam dilakukan pelepasan obor yang dipimpin oleh Walikota atau Wakil Walikota yang akan di bawa ke Tanjung Pinang. Dari Tanjung Pinang, obor kemudian akan dibawa ke provinsi Jambi melalui pelabuhan Kuala Tungkal Jambi, usai dari provinsi Jambi, diteruskan ke provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten dan berakhir di DKI Jakarta.

“Tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi dam meningkatkan kesatuan dan meningkatkan spirit kebangsaan, acara ini digelar dalam menyambut 100 tahun kebangkitan nasional,” ujar Rudi.

Ia menambahkan, selain dari Obor Merah Nusantara yang diarak di bagian barat Indonesia, juga terdapat Obor Putih Nusantara yang akan diarak di sejumlah Kota di bagian timur Indonesia. (sm/an)

One thought on “Obor Merah Diarak di Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s