Umat Muslim Pertanyakan Rencana Pemko

Senin, 07 Juli 2008
– Pengoperasian Pusat Hiburan Selama Ramadhan
BATAM CENTRE – Kendati Ketua MUI Kepri Ashari Abbas belum siap memberi tanggapan atas rencana Pemko Batam untuk tidak menutup tempat hiburan selama Ramadhan 1439, sejumlah masyarakat, khususnya umat muslim mempersoalkan kebijakan tersebut.

Junaidi, Ketua RT di Sagulung tidak sependapat dengan rencana tersebut. Menurutnya, jika tempat hiburan malam seperti diskotek tetap beroperasi pada Ramadhan, akan mengganggu keamanan di bulan suci tersebut. “Pertanyannya, apakah aparat terkait sudah siap menjaga keamanan nanti Apalagi, tempat hiburan malam menjamur di Batam, baik yang berizin maupun tidak,” katanya.

Ia mengaku tidak terima jika Pemko Batam berasalan karena kekurangan dana. Menurutnya, PAD Kota Batam cukup tinggi, sehingga sangat tidak etis jika kekurangan dana untuk keamanan. “Jadi, jangan jadikan lagi kekurangan dana sebagai alasan minimnya penjagaan dan pengawasan,” ujar Junaidi.
Ramzi, warga Batuaji, sangat menyesalkan rencana tersebut. Keputusan tersebut dinilai justru akan meresahkan warga muslim yang sedang menjalani ibadah pada bulan suci Ramadhan. “Saya pesimis pemerintah bisa mengawasi tempat hiburan selama Ramadhan nanti. Selama ini saja, pengawasan tidak jalan, seperti yang terjadi di Monalisa itu,” ujar Ramzi Minggu, (6/7).

Ramzi menyebutkan, keinginan pemerintah Batam untuk mendatangkan wisatawan ke Batam untuk menambah income bagi Batam cukup bagus dengan memanfaatkan even F-1 di Singapura. Namun, sejauh ini belum ada jaminan pemerintah terhadap kekhusukan umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan, jika tempat hiburan malam tetap beroperasi.

Wakil Walikota Batam Ria Saptarika belum bersedia memberi tanggapan terhadap pernyataan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Raja Muchsin tersebut. Ia menyebutkan permasalahan tersebut cukup sensitif sehingga pihaknya akan membicarakan dulu dengan Muspida. “Saya tidak mau berkomentar dulu, nanti saja setelah dibicarakan di tingkat muspida,” ujar Ria.
Ashari Abbas, Ketua MUI juga mengatakan hal yang senada. Ia berjanji baru akan memberikan keterangan Senin, (7/7) hari ini. (sm/an)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s