Pemko Bakal Bangun “Wall Climbing”

Rabu, 09 Juli 2008|05:31:34WIB
BATAM (BP) – Ria Saptarika, Ketua Korcab Pramuka Batam mengatakan pramuka Batam harus banyak melakukan agenda-agenda spontan, untuk meningkatkan eksistensi gerakan pramuka Kota Batam. Hal ini disampaikan Ria saat menerima laporan kegiatan Raimuna Nasional oleh ketua Kwarcab 32.03 Batam, Hasmili, di gedung Pemko, Selasa (8/7).
Ria mengatakan, kegiatan di luar agenda dari pusat dimaksudkan agar mereka bisa menambah wawasan dan pengalaman di bidang kepramukaan. Ria mengakui, saat ini kegiatan pramuka di Batam masih sering bergantung pada kegiatan formal yang mengandalkan dana anggaran dari pemerintah.
Padahal, lanjut Ria, masih banyak kegiatan-kegiatan spontan yang bisa dilakukan di luar program yang sudah direncanakan. Dicontohkannya Ria, kegiatan yang bisa digelar meski tanpa dukungan dana penuh dari pemerintah seperti, camping, hiking, rock climbing, dan kegiatan alam lainnya. “Tentu dananya dari internal dulu, bisa patungan atau cara lain,” kata Ria kepada Batam Pos.
Meski demikian, Ria menegaskan saat ini pemerintah sudah menganggarkan dana untuk kegiatan pramuka melalui APBD. Namun, anggaran tersebut terbatas untuk agenda-agenda besar saja. “Makanya saya menyarankan mereka buat kegiatan sendiri seperti kongsi, dan gotong royong untuk kemajuan bersama,” imbuhnya.
Ria menambahkan, Pemko akan tetap memberikan dukungan terhadap kegiatan positif yang akan dilaksanakan. “Kami selalu siap membantu, mungkin dari perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan,” ungkap Wakil Wali Kota Batam tersebut.
Dalam kesempatan tersebut, Ria juga menyampaikan, saat ini pemerintah perlu menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk menunjang eksistensi gerakan pramuka di kota Batam. Ria menyebutkan, pihaknya akan mengupayakan pembangunan papan panjat tebing (wall climbing) yang di kawasan taman Engku Putri atau di taman Aspirasi. “Tapi kami koordinasikan dulu dengan Dinas Tata Kota dan Pertamanan,” imbuhnya.
Seperti diketahui, sebanyak 10 siswa putra dan 10 siswa putri terbaik dalam kegiatan pramuka di Batam telah mengikuti kegiatan Raimuna nasional di Cibubur, Jakarta mulai 26 Juni sampai dengan 7 Juli 2008. Seluruh biaya dalam kegiatan yang meliputi biaya seleksi, perbekalan, transpor, uang saku, pakaian, dan ransel dikabarkan mencapai Rp80 juta, ditanggung oleh Pemko Batam dari APBD 2008. (cr1/cr5)

5 thoughts on “Pemko Bakal Bangun “Wall Climbing”

  1. ass… salam pramuka…
    k2 saya adalh pmuda yang sangat cinta kegiatan pramuka…!!!

    saya tw kak ria juga aktif di brbagai kggiatan pcinta alam

    klw boleh kak saya ingin mlihat fto2 kami slaku peserta raimuna nasional di cibbur jakata bulan lalu ntolon di masukan donk kak… trimakasih
    ———
    Hi Kak Sudirman,
    Terimakasih atas kunjungan dan comment nya.
    Mhn maaf sy sudah janji tapi belum terwujud… penyebabnya karena camera men sy belum menyerahkan fotonya… walaupun sdh sy minta sejak awal jadi agak tertunda.. apalagi ditambah kesibukan beliau lain2…
    Sy janji dalam waktu dekat ini akan sy Posting di http://www.riasaptarika.com/index.php/galleries/

    Sekali lagi mhn maaf dan terimaksih.
    Wassalam
    Ria

  2. Assalamu’alaikum pak Ria S

    saya mewakili teman2 pecinta alam dari K-PAL Politeknik Batam (Komunitas Pecinta Alam), bermaksud dan merencanakan membangun “wall climbing” di area politeknik Batam dimana masih terbatasnya sarana tersebut.

    kami bermaksud ingin mengajukan permohonan bantuan dana untuk pembangunan “wall clmbing” tersebut ?

    mohon kiranya dapat di bantu.

    dan jika pihak Pemko Batam akan membangun “wall climbing tersebut” kapan dapat terealisasi ?

    terima kasih.
    wassalamu’alaikum..wr.wb
    ———-
    Hi Arya, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya, Kita masih melakukan designnya, semoga dapat segera direalisasikan.

    Saya akan mengusulkan melalui APBD ini, do’akan saja semoga bisa di setujui di DPRD nanti.
    Th
    anks & Wassalam
    Ria

  3. wah, senang sekali rasanya ada yang pengen bangun wall climbing. tetapi ini mungkin sedikit masukan saja.
    dalam dunia panjat ada yang namanya panjat buatan dan panjat alam….nah esensi dari keduanya adalah bagaimana bisa melatih kemampuan manjat terlebih dahulu.
    dulu, di KOmpas USU Medan, meskipun sudah sangat terkenal dan dinding panjatnya bagus, mereka masih membuat bolderan di dinding sekretariat. biaya sangat murah dan meriah, setelah selesai menguasai border baru mereka memperbolehkan melakukan latihan panjat. saya bukan anak Kompas USU, cuma dulu sering main aja.
    mungkin di politehnik daripada menunggu dana APBD yang masih agak lama, bisa di mulai dengan dua atau tiga lapis triplek yang di beri point dengan over hang papan ke dua dan tiga meningkat dari 30 sampai ke 45 derajat. ini juga cukup lumayan – kalau esensinya berlatih. demikian – terima kasih. arif
    ————
    Hi Bang Arifin, Assalammu’alaikum wrwb.
    Tolong berikan saya contoh dan spec. disainnya.
    Insya Allah akan kita upayakan.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Assalammu’alaikum wrwb

    wah saya senang sekali, jika rencana ini benar-benar terealisasi, karna saja juga merupakan salah satu pecinta olah raga ini dan juga merupakan anggota dari K-PAL Politeknik Batam (Komunitas Pecinta Alam).
    maaf sebelumnya kalau saya ingin sedikit menanggapi comment dari saudara Arifin, soal kemampuan dalam bidang ini memang kami belum diakui, namun dalam beberapa tahun ini kami sudah mengirim anggota kami untuk mewakili Politeknik Batam pada ajang Pekan Olah Raga Politeknik se-Indonesia untuk cabang olah raga ini, beberapa waktu yang lalu kami juga sempat memiliki wall bolderan di lingkungan kampus yang sangat sederhana, namun sekarang dikarenakan keterbatasan, dengan terpaksa wall tersebut kami bongkar!
    Walaupun sekarang kami sudah tidak lagi memililki fasilitas, kami tetap menyalurkan hobi kami dan menjalin kerja sama dengan Mapala Ibsi (Ibnu sina) yang memiliki fasilitas wall beserta perlengkapan pendukungnya.
    untuk bpk Ria S, jika butuh contoh-contoh design untuk pembuatan wall Insya Allah kami punya referensinya.
    semoga saja pembuatan wall climbing di kota ini dapat terwujud.
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum..wr.wb
    ——–
    Hi adiet,
    Silahkan kirimkan ke saya baik hard copy atau bisa via email, makin banyak referensi makin baik.
    Thansk & Wassalam
    Ria

  5. terima kasih dengan rencana pembangunan wall climbing di p batam karena dapat menyerap atlit atlit muda batam khususnya dan KEPRI umumnya.
    disini kami mengundang seluruh atlit dan teman teman pecinta olah raga panjat tebing untuk berpartisipasi dalam kegiatan PORKOT III batam .
    cabang panjat tebing di lombakan dan peserta mewakili kecamatan di kota Batam.
    Venue cabang panjat tebing di “sport hall sekolah harapan utama “.
    kategori ..speed,dificult dan boulder
    untuk pendaftaran dapat menghubungi KOK di setiap kecamatan atau pengcab FPTI batam,
    waktu pelaksanaan tgl 14 nov-21 nov 2009.
    terima kasih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s