Wall Climbing Akan Dibangun di Engku Putri

Rabu, 09 Juli 2008
BATAMCENTRE-Pemko Batam kembali menyediakan fasilitas menarik bagi warganya di Dataran Engku Putri Batam Centre. Setelah menyediakan internet hot spot gratis, kini Pemko Batam juga akan membangun wall climbing (dinding panjat) bagi generasi muda yang memiliki nyali dan hobi olah raga panjat tebing. “Di Batamkan belum ada kegiatan-kegiatan yang menarik untuk pramuka. Jadi kalau wall climbing ini diadakan, saya rasa akan menarik dan banyak investor yang mau berinvestasi,” kata Wakil Walikota Batam Ria Saptarika di Pemko Batam, Selasa (8/7), usai menyambut kedatangan tim pramuka Batam yang mengikuti Raimuna sejak 17 Juni-7 Juli di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Ria yang juga tergabung ke dalam pembina kepramukaan Kota Batam menyebutkan pramuka di Batam hingga kini belum aktif, dan belum ada keguiatan yang menarik yang membuat remaja di Batam tertarik untuk mengikutinya. Namun, seiring dengan seruannya kepada Dinas Pendidikan beberapa waktu lalu agar membuat surat kepada sekolah negeri dan swasta di Batam untuk membuat gugus depan (gudep) di setiap sekolah.

“Kegiatan pramuka itu sangat bermanfaat, karena mengajarkan tentang toleransi dan kebersamaan, dan ini akan sangat bagus untuk mendidik mental remaja kita,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan kepramukaan di setiap sekolah, pemerintah juga akan turut berperan aktif menyediakan fasilitas dan membantu untuk melengkapi fasilitas tersebut, yang salah satunya menyediakan dinding panjat di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Hanya saja ia menyebutkan pemerintah akan melakukan kajian terlebih dahulu dengan dinas terkait apakah bisa wall climbing permanen diletakan di Engku Putri atau tempat bermain lainnya milik pemerintah seperti Taman Aspirasi. Jika bisa, maka perencanaan tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Jika berdasarkan hasil kajian bisa, maka dalam waktu dekat akan dibangun, dan saya yakin akan banyak investor yang mau berinvestasi,” ujar Ria menandaskan. (sm/an)

5 thoughts on “Wall Climbing Akan Dibangun di Engku Putri

  1. Assalamu’alaikum…
    Wah, salut buat Pak Ria yang mo bikin wall climbing. Soalnya slama ini saya dan kawan2 cari wall climbing di Batam, sulit buanget. Klo bisa yang dari fyber ya pak, biar lebih keren and gak kalah sama yang ada di luar Batam.. Orientasinya yang lengkap ya pak, ada kemiringannya dan juga roop-nya. Thanks banget Pak..
    Wassalamu’alaikum..
    ———-
    Insya Allah tahun ini kita laksanakan, silahkan beri masukna, kalau bisa lebih detil dan teknis, biar bisa diimplementasikan sekalian.

    Wassalam
    Ria

  2. Assalamu’alaikum…
    Saya pernah menjadi instruktur panjat tebing ketika aktif di MAPALA “TAPAK GIRI” Univ.Islam “45” Bekasi. Kebetulan saya memegang ketua koordinator Divisi Rock Climbing (RC) dan anggota FPTI Kab.Bekasi saat itu. Orientasinya yaitu seluruh SISPALA (Siswa Pecinta Alam) dan MAPALA yang berada di daerah Bekasi. Tujuannya yaitu untuk mengaspirasikan dan mensosialisasikan olahraga yang bersifat petualangan ini bagi para generasi muda. Saat ini, di Cumfire pun saya selalu memberikan materi Rock Climbing dan kepecinta-alaman beserta aplikasinya kepada para anggota baru yang ingin serius menggelutinya. Insya Allah saya siap membantu memberikan materi dan aplikasi RC jika Pak Wawa menginginkannya. Kalo masalah pembuatan wall climbing, coba Pak Wawa hubungi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Batam. Wassalam…
    ———-
    Wah Terimakasih Mas Arda, atas kesediaan dan supportnya.
    Insya Allah kalau nanti ada pertemuan saat realisasi itu akan kami hubungi untuk memberikan masukan.
    Wassalam
    Ria

  3. assalamualaikum……pak ria
    saya sangat mendukung pembangunan papan panjat agar muda mudi batam punya wadah menyalurkan olah raga yg dibilang extreme ini,dulu saya hobby olah raga ini wkt saya menuntut ilmu di GPA.AESTHETICA.ISTN jakarta kebetulan saya didivisi (RC) rock climbing saya sangat sangat mendukung sekali dan alhamdullilah papan panjatnya sudah berdiri kokoh (lead,speed,boulder)….
    dan penghobby olah raga ini antusias dari yg muda sampai yg tua🙂
    tapi sayang setelah beberapa tahun kedepan papan panjat ini dibongkar tepatnya sore hari tgl 30.3.2014,kami berharap papan panjat dibangun kembali sesuai fungsinya….amin
    Wassalam….

  4. Mas Ecko,
    Senang bisa komunikasi pd sesama pencinta alam & sesama kuncung ISTN,
    Sy belum mendapat info jelas ttng hal ini, namun, nantia akan sy cari info ke Pemko Batam, mengingat masih sibuk di pemilu. Salam hangat

  5. assalamu,alaikum…..
    terima kasih pak atas tanggapanya, saya dan kawan – kawan komunitas panjat batam menanti info dari bapak ria?… semoga mendapat kabar baik…amin
    wassalam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s