Wawako : Perdaduk Akan Direvisi

Sabtu, 12 Juli 2008
Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika, dalam kesempatan yang berbeda kepada Sijori Mandiri beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Perda Nomor 2 tahun 2001 tentang Kependudukan bakal direvisi. Revisi itu menyusul perobahan UU tentang Kependudukan oleh pemerintah, sehingga Perdaduk dianggap tidak sesuai lagi. “Perdaduk kita yang ada saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan UU yang baru itu. Makanya kita akan usulkan segera direvisi,” ujar Ria.

Meskipun Ria tidak menjelaskan poin-poin yang dinilai sudah tidak sesuai itu, namun menurutnya banyak dari poin-poin di Perdaduk menimbulkan sejumlah masalah, seperti tingginya lonjakan penduduk tiap tahunnya.

Ria yang baru pulang dari Balikpapan dalam rangka kunjungan kerjanya mengatakan, sistem yang diterapkan Balikpapan bisa ditiru Batam. Hal itu dinilai perlu untuk meminimalisir tingginya lonjakan penduduk di Batam.

Disebutkannya, di Balikpapan, penduduk yang masuk tidak akan mendapatkan KTP, jika tidak ada kepastian bahwa ia telah memiliki pekerjaan yang bisa menjaminnya untuk menetap di sana. Jika Batam menerapkan hal tersebut, setidaknya jumlah pengangguran di Batam juga akan semakin sedikit. Untuk itu menurutnya pemberlakukan KTP sementara harus di efektifkan lagi, guna terlaksananya program tersebut.

“Selama ini KTP sementara ini bisa dibilang tidak jalan, dengan direvisinya Perdaduk nanti, maka ini akan kita efektifkan dan lebih diperjelas lagi,” sebutnya.

Selain itu, uang jaminan masuk Batam senilai biaya transportasi yang bersangkutan pulang akan ditarik oleh Pemko Batam. Tidak seperti yang berlaku selama ini, yang mana uang jaminan tersebut mengendap dan tidak bisa dipergunakan oleh Pemko Batam, karena tidak ada aturannya. Maka dalam perubahan perdaduk mendatang akan diusulkan.

“Jika dalam batas waktu yang ditentukan yang bersangkutan tidak melaporkan diri, maka otomatis uang tersebut masuk ke kas daerah, dan jika ia melaporkan, namun tidak memiliki pekerjaan, maka kita akan pulangkan dengan dana yang disetorkan sebelumnya,” jelas Ria. (sm/na)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s