PNS Harus Melek Komputer atau Dipecat!

Article yang cukup menarik, apalagi kalau kita hubungkan dengan Batam Cyber Island.

Saya dapatkan dari kiriman email Pak Ricky, sengaja saya posting disini karena isinya cukup menantang🙂

Silahkan ikuti:

Detik.com Jumat, 18/07/2008 13:44 WIB

Medvedev (publius)
Rusia – Presiden Rusia, Dmitry Medvedev memperingatkan bahwa pegawai negeri sipil di negeri beruang merah itu harus melek komputer. Jika tidak bisa, sanksinya pun tidak tanggung-tanggung, yakni mereka akan segera dipecat.

“Mereka harus belajar komputer atau harus mengucapkan selamat tinggal,” demikian kata Medvedev dalam pidatonya di wilayah Petrozavodsk, seperti dilansir Guardian dan dikutip detikINET, Jumat (18/7/2008).

Medvedev rupanya menilai sampai saat ini implementasi e-government belum maksimal di Rusia. Hal ini menurutnya dikarenakan rendahnya keterampilan sumber daya manusia dalam memakai komputer.

Padahal katanya, jika semakin banyak pekerjaan pemerintah yang dilakukan secara online, hal ini bisa mendorong adanya transparansi dan ujung-ujungnya dapat menekan korupsi.

“Pegawai pemerintah yang tidak bisa komputer tidak akan bisa bekerja dengan efektif. Karena itu, kemampuan memakai komputer harus jadi bagian dalam evaluasi pegawai,” demikian tambah Medvedev.

Memang semenjak menduduki kursi kepresidenan pada bulan Mei 2008, Dmitry Medvedev yang baru 42 tahun ini punya misi untuk melakukan modernisasi di Rusia, termasuk dalam soal pemanfaatan komputer.

<Fino Yurio Kristo – detikinet>

11 thoughts on “PNS Harus Melek Komputer atau Dipecat!

  1. Bisa dijadikan acuan neeh pak…🙂
    Kira2 bisa diterapkan di Batam ga ya???
    ——–
    Benar sekali…Bang Dev…walaupun kalau diterapkan buru2 saya didemo tuh!!! oleh orang yg enggan😀
    Tapi setidaknya… ini harus mulai di kampanyekan!!

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Ide yang bagus pak Ria, tapi hal ini saya rasa nggak mudah, karena saat ini mungkin para pejabat ada yang nggak bisa makai komputer. Kedepannya mungkin harus di seleksi saat penerimaan pegawai negeri, salah satu kriterianya harus ngerti komputer setidaknya ada soal sedikit yang berbicara mengenai komputer.
    Dan kalau nggak , pns yang sudah terpilih , di kursuskan komputer sebelum terjun ke lapangan pekerjaan.
    Kalau di Universitas ada OSPEK, bagai mana kalau saat diangkat jadi PNs ada Orientasi mengenai komputer..

    Just idea pak ria..
    Wassalam
    Joni
    ———
    Hi Pak Joni, Assalamu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukannnya… Bagus sekali tuh, saya akan coba terapkan pada penerimaan PNS Masa yg akan datang.
    He he.. Tapi gara-gara Posting ini agak heboh juga tuh… dikira sy mau memecat pegawai yg sudah ada.
    Padahalkan di PNS di semudah itu untuk memecatnya.
    Salam tuk rekan2 lain
    Thanks & Wasslam
    Ria

    masukannya

  3. Assalam…
    Suatu ide yg patut d contoh dan di terapkan. Tp, bgmna dgn yg udah bisa computer? Gak di dhargai tuh. Bahkan lebih sering cuma bwt dsuruh2.
    Nasib..nasib.
    ———
    Hi Mba’ Dessy, Asslamu’alaikum wrwb.
    Berarti harus dibekali ilmu lain tuh, kalau dgn ilmu komputer saja malah disuruh suruh!😉
    Ilmu apa ya???
    Tolong deh para pengunjung beri masukannya!
    Kita tunggu masukannya Mba’ Dessy
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. ide bagus loh Pak..
    saya senang sekali kalau PNS Batam tidak gagap-teknologi.. jd bukan sekedar ‘punya’ tapi jago ‘menggunakannya’..
    sip.. sip..
    ——–
    Mantab!! Banyak dukungan nih!🙂
    Thanks Ryane.
    Wassalam
    Ria

  5. Waduh… kalo pemerintah berani bikin aturan seperti ini… saya yakin Indonesia cepat keluar dari keterpurukan… KKN dan semua kejadian memalukan di negri tercinta ini berawal dari system yg tidak jelas dan memungkinkan para PNS melakukan hal-hal itu….

    Kalau Pak Ria dan jajaran nya sanggup…. why not? Kapan lagi dan harus tunggu apalagi?
    Mungkin bisa dimulai dengan menerapkan persyaratan ketat yg mengharus kan CPNS harus bisa mengoperasikan komputer dan aplikasi standar lain nya….😕

    salam
    ——–
    Wah jadi semangat nih bila didukung begini!
    Paling tidak nanti untuk CPNS yg akan datang!
    Terimakasih Pak Nugroho atas supportnya
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Kalo buat calon pns baru sebaiknya memang diberlakukan aturan begini pak Ria. Cuman kalo yg uda lama2x, terutama yg uda tua2x, mgkin agak susah. Generasi tua mgkin ga begitu akrab ama komputer. Lebih akrab ama mesin tik hehe…
    ———
    Siaap!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. sejak jaman peter the great, leluhur reformis jaman dulu rusia yg memaksa pegawai negerinya pd cukur setiap hari sebagai tanda reformasi….dan sekarang presidentnya memaksa hal lain atas nama mdernisasi…hhuhuh bangsa yg aneh..tapi efektif juga ngak yah kalau dipaksain di indonesia…Kebayang banyak suara sumbang pns yg ngeluh….
    ——–
    Hi Aulia, Terimakasih atas kunjungan dan Comment nya.
    Ternyata anda gemar membaca sejarah dan pengamat juga… bagus sekali ulasannya… Ya semoga Indonesia dan Batam khususnya dapa mengikuti jejak tersebut..setidaknya pendatang baru di PNS nya.
    Demikian, Thanks & Wassalam
    Ria

  8. Maaf nih… jangankan sebuah negara yg ingin melakukan perubahan.. lha wong di perusahaan 2x saja baik kecil maupun besar ketika terjadi perubahan dengan menerapkan standard kompetensi untuk karyawan nya justru sering mengalami hal yg sama atau lebih buruk… karyawan nya menolak… ogah2an dan bahkan radikal tidak mendukung. Padahal, kalau kalo di tilik dari ide di belakang nya… para atasan nya ingin si karyawan punya skill yg lebih sehingga kinerja nya lebih bisa di tingkatkan… yah… tapi yang namanya manusia… lebih cenderung melihat pada sisi negatif yang ternyata hanya menghabiskan waktu dan tidak membuahkan hasil apa-apa….

    Yakin deh… Pak Ria dah buat catatan di Agenda-nya… he.e..e …. 🙂

    Salam
    ——
    Siap Pak Nugroho, terimakasih atas dukungan dan kepercayaannya.
    Insya Allah pada pendatang baru PNS di Pemko Batam kita akan terapkan ini.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  9. Pak, usulannya tu bagus juga, tapi sayang ya walaupun ada PNS yang bisa komputer dan tau komputer, tetapi tetap aja yang namanya ada jalan untuk mencari uang sampingan, dia tutup mata untuk komputer.

    Maksud saya gini lho pak, di kecamatan bengkong tu, saya menguruskan KTP abang saya, tetapi tidak bisa karena harus ada orang ybs untuk foto, saya bilang bahwa saya ada bawa foto ybs dalam VCD, kan tinggal copy paste saja, tetapi PNSnya malah ngotot tidak bisa, ujung-ujungnya saya disuruh bayar biaya Rp. 40.000 … Mengemis kok pake baju seragam dinas … kasian tuh pak, naikin lagi dong gaji PNS nya.

    Pak, kalau ada jalan untuk korupsi tu tetap saja yang namanya ilmu dilupakan…. namanya orang PNS yang suka cari cara buat nambah uang jajan… Kasian ya nasib bangsa ini … PNS nya belum ada satupun yang pelayanannya bagus, bermutu, supel, ramah, dan jelas biaya administrasi nya. Biaya uang keluar sekecil-kecilnya bisa dibuat, tetapi uang masuk, yang sebesar-besarnya tidak ada, ck ck ck…

    Seharusnya pelayanan dulu yang diutamakan Pak, barulah mengenai ilmu komputer itu, karena kenyataannya dilapangan seperti itu. Bapak lihat saja sendiri, crosscek tu di lapangannya bagaimana …

    Tapi usulnya yang tadi tu juga bagus, cuma lebih bagus lagi bila Bapak buat terbitkan kalimat seperti ini ” PNS HARUS BISA MEMBERI PELAYANAN YANG BAGUS BUAT MASYARAKAT ATAU DIPECAT ” Wah saya yakin nanti pasti disetujui oleh masyaratak Batam, bener nggak ???

    Wassalam
    ———
    Hi Leny, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kritikan yg tajam tapi masih santun, saya senang dengan kritik yang membangun.
    Bagi saya apa yg disampaikan tsb cukup mengena dan tidak salah… Tinggal kami saja yg harus selalu mengevaluasi diri dan jajaran kami.

    Laporan yg disampaikan itu sudah saya tindaklanjuti kepada Camat yg bersangkutan semoga ada real actionnya dilapangan.

    Insya Allah kami selalu berusaha untuk memperbaiki pelayanan yg ada… dan kami sudah bertekad untuk menuntaskan masalah per-KTP-an ini secara serius dan sampai tas tas tas!

    Kalaupun belum begitu terasa perubahannya tapi pasti dan saat ini kami telah memasuki tahapan baru dari perbaikan2 disegala segi tsb… Do’a kan kami tanpa harus berhenti mengkritik tapi sesekali kalaulah ada yg patut dipuji berikanlah pada para operator kami agar mereka tambah semangat dengan perubahan-perubahan yg ada.

    Demikian salam hangat dari saya
    Wassalam
    Ria

  10. Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Ria.

    Klo menurut saya, PNS tidak hanya melek komputer, tapi juga MELEK KERJA, jangan kluyuran saja & klo ada kerjaan yg sebenarnya kerjaan rutin minta tambahan insentif / diproyekkan (heeee……heee..!).

    Oh ya pak menurut saya kesalahan pertama dari rekrutment PNS-nya, menurut saya soal untuk test kurang mendukung pekerjaan .

    Test untuk bekerja kok soalnya seperti mau ujian sekolah saja. Kenapa tidak seperti mau masuk kerja di perusahaan swasta saja (test sesuai bidang pekerjaan yg dilamar atau dilihat dari pengalaman pekerjaan yg dimiliki bagi yg pernah bekerja, IQ, dan wawancara untuk mendukung kapabilitas calon pegawai tersebut). Dengan demikian kan lebih Hemat, Cepat, dan lebih berkualitas.

    Makasih atas kolom blog unek-unek dari Bapak ini.
    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
    ———
    Hi Aris, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukan dan pemikirannya, memang itulah kondisi kita, bahkan bukan tingkat kota Batam saja dari sono-sono nya, perlu terus di lakukan reformasi dan perbaikan-perbaikan yg terus-menerus, dan aturan itu bersifat nasional dan dari sononya!

    Alhamdulillah tahun ini dengan segala daya upaya dan walaupun sulit, saya memaksakan ada tambahan pengetahuan dasar komputer dan IT, sehingga diharapakan di era persaingan global ini para CPNS yg masuk memiliki sekurangnya kemampuan dasar komputer & IT yg baik.

    Itu pun senin ini masih harus meloby samapai ke pusat segala!

    Ha ha do’akan saja walaupun perlahan-lahan perubahan itu dapat dilakukan.

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s