Takut Jadi Pimpro, Berhenti Saja!

Sabtu, 19 Juli 2008|05:50:10WIB

SEKRETARIS Kota Batam Agussahiman membantah tak jalannya sejumlah proyek pembangunan di Kota Batam karena banyak pejabat di Pemko Batam yang takut jadi pimpinan proyek atau pejabat pembuat komitmen.
“Memang ada proyek yang ditunda. Tapi bukan karena (pejabatnya) takut,” kata Agussahiman di kantor Wali Kota Batam, kemarin.
Menurut Agussahiman, jika ada pejabat di Pemko Batam takut ditunjuk menjadi pimpinan proyek akibat khawatir ditangkap aparat hukum, lebih baik mundur saja. “Kalau takut, berhenti saja jadi pejabat,” kata Agus, sambil masuk ke dalam mobilnya.
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Ria Saptarika menyatakan kekesalannya terhadap Kadis Pendidikan yang terlambat melaksanakan sejumlah proyek di dinasnya. “Janjinya tak bakal ada masalah pembangunan USB atau RKB tahun ini. Buktinya, sampai saat ini masih ada proyek yang belum dilelang,” tuturnya.
Penyerapan anggaran untuk proyek pembangunan fisik di APBD Batam memang sangat minim. Di Dinas Pekerjaan Umum, misalnya, anggaran belanja pengadaan konstruksi jalan Rp33,245 miliar realisasinya masih nol. Untuk pembangunan jaringan air, pengadaan jaringan air bersih dan drainase sebesar Rp4,5 miliar realisasinya juga masih nol. Bahkan pengadaan konstruksi jembatan dan pelantar, yang anggarannya Rp564 juta juga belum dikerjakan.
Ketua Komisi III DPRD Batam Robert Edi Siahaan mengatakan, komisinya berencana akan memanggil dinas-dinas terkait untuk mempertanyakan rendahnya serapan anggaran proyek fisik itu.
“Pekan depan kita jadwalkan,” katanya.
Banyak anggota Komisi III DPRD Batam yang bersuara keras atas ditundanya proyek-proyek permintaan masyarakat akibat pejabat takut ditangkap aparat hukum. Reinhard Hutabarat misalnya, meminta Wali Kota Ahmad Dahlan mengganti pejabat yang takut bekerja tersebut.
“Kalau takut tak usah lagi jadi pejabat. Wali Kota harus tegas. Kalau tak mengerjakan proyek yang sudah dianggarkan di Perda dengan alasan mengada-ada, itu melanggar hukum,” tuturnya.
Kemarin, sejumlah pejabat eselon III dan IV di Pemko Batam dilantik oleh Asisten Administrasi Umum Maaz Ismail. Kabarnya, mereka ini dilantik untuk menggantikan pimpro dan pelaksana proyek-proyek yang takut bekerja.
Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri menampik kabar itu. “Gak gitu. Tadi pergantian sisipan, karena kemarin ada pertimbangan-pertimbangan yang belum selesai, sehingga baru dilantik hari ini,” katanya.
Namun sekilas, pelantikan kali ini terkesan diam-diam. Pelantikan juga dilakukan di aula di lantai IV atau V Kantor Wali Kota seperti biasanya. Pelantikan 6 pejabat eselon III dan 14 orang pejabat eselon IV kemarin, dilakukan di ruang Asisten Administrasi Umum Maaz Ismail.
Keterangan Kepala Bidang Pengadaan dan Kepangkatan BKD Kota Batam Emi Polis Sukwati, Sekretaris Daerah Agussahiman menginstruksikan pelantikan ini sehari sebelumnya. Akibatnya, BKD kewalahan mencari ruang. Aula lantai V, kemarin dipakai oleh TP PKK Kota Batam. Begitu pula aula lantai IV yang dipakai untuk rapat keikutsertaan Pemko dalam ITC expo 2008. “Kalau ruang satu lagi di lantai V, itu untuk tamu VIP,” jelasnya.
Hal ini, sebelumnya juga sudah diketahui Agussahiman. Agus pun lantas menyarankan agar memakai ruangnya saja. “Tapi Pak Agus pergi ke Tanjungpinang. Kita kan tak enak pakai ruangannya. Makanya pakai ruang Pak Maaz,” ujar Emi.
Emi juga menepis dugaan ada sesuatu yang disembunyikan dari pelantikan ini, misalnya masih belum cukupnya syarat eselon yang dilantik. “Oh bukan, karena tak ada ruangan saja,” katanya.
Pejabat eselon III yang dilantik kemarin, akan menerima tunjangan jabatan yang berbeda. Ada yang Rp980 per bulan ada pula yang Rp1,26 juta. Kalau yang Rp1,26 juta, jelas Emi, adalah mereka yang sebelum SOTK baru, menjabat eselon IIIa. Setelah SOTK baru, mereka turun menjadi eselon IIIb. Namun berdasarkan PP 41/2007, hak kepegawaian mereka sama dengan IIIa. Sedangkan eselon IV, akan mendapat tunjangan jabatan sebesar Rp540 ribu per bulan. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s