Bikin KTP, Foto Langsung di Tempat

Bikin KTP, Foto Langsung di Tempat

Kecamatan-kecamatan di Batam kini menghidupkan kembali aturan foto di tempat dalam pembuatan KTP SIAK. Pemohon KTP, wajib foto di kantor kecamatan tempat ia membuat KTP. Ini untuk memperketat pembuatan KTP sekaligus mencegah orang asing ber-KTP Batam.
Menurut Wakil Wali Kota (Wawako), Ria Saptarika, aturan ini diterapkan kembali setelah beberapa waktu lalu sempat diperlonggar untuk memudahkan pemohon KTP. “Kalau difoto langsung, biasanya kan ada komunikasi antara pegawai kecamatan dan yang difoto. Di situ bisa ketahuan, ia orang asing atau orang Indonesia,” kata Ria di ruang kerjanya, kemarin.
Jika selama ini WNA yang memiliki KTP Batam ditemukan menggunakan KTP kuning, menurut Ria, tak menutup kemungkinan itu juga terjadi pada pembuatan KTP SIAK. Pasalnya, mereka biasa mendapatkan KTP dari calo yang menjadi perantara. “Makanya setiap ada kasus seperti itu, saya selalu minta pihak kepolisian membongkar jaringannya. Biar ada efek jera,” tukasnya.
Ria mengaku berhadapan dengan dilema. Di satu sisi, Pemko Batam memperketat pembuatan KTP agar orang asing tak bisa memiliki KTP Batam. Di sisi lain, ada keluhan dari masyarakat karena menganggap pembuatan KTP prosedurnya rumit dan melelahkan. “Ini memang dilema. Masyarakat banyak mengeluh, padahal yang kita lakukan sesuai dengan undang-undang,” ujarnya.
Itu sebabnya, lanjutnya, ia menggesa agar Batam memiliki data base kependudukan. Kemudian sistem online tak lagi hanya mengandalkan wireless tapi juga menggunakan jaringan telepon, agar tak mati jika cuaca buruk.
“Mudah-mudahan dua problem software dan hardware ini bisa diatasi akhir tahun ini. Jika sudah teratasi, tak ada alasan pembuatan KTP lama dan berbelit-belit. Jika masih ada pegawai yang membangkang, bisa dikenai sanksi,” katanya.
Ria meminta pegawai Pemko Batam memberangus keberadaan calo KTP. “Kecuali kalau ada Pak RT yang membuatkan KTP warganya yang sibuk, itu masih bisa ditolerir,” tuturnya. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s