KTP Express, Bisa Selesai Sehari

Sabtu, 26 Juli 2008|05:14:25WIB

BATAM (BP) – Lambannya proses pembuatan KTP sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) membuat Wakil Wali Kota Ria Saptarika mewacanakan penerapan KTP Express di Batam. Dengan KTP ini bisa selesai sehari tapi membayar mahal.
Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Balikpapan beberapa waktu lalu, kata Ria, di sana menerapkan sistem pembuatan KTP berjenjang. Ada yang bisa selesai sehari atau KTP Express dengan membayar Rp300 ribu, ada yang seminggu hingga ada yang gratis dengan masa pembuatan sekitar dua pekan.
“Ini mungkin bisa saja kita terapkan di Batam. Kebetulan, Perdaduk (Perda Nomor 2 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran dan Pengendalian Penduduk Dalam Daerah Kota Batam, red) akan direvisi,” tukasnya.
Ria mengatakan, saat ini Pemko Batam sudah terlanjur menggratiskan perpanjangan KTP. Sehingga, tak bisa langsung melakukan lompatan seperti penerapan KTP Express maupun pembuatan KTP yang harganya sesuai dengan lamanya KTP itu selesai.
“Kami akan mendengarkan suara-suara di masyarakat. Kalau banyak mendukung, bisa saja itu diterapkan di Batam,” katanya.
Saat ini, rata-rata pembuatan KTP SIAK baru maupun perpanjangan selesainya sekitar 40 hari. Meski gratis, banyak warga mengeluh karena prosesnya lama dan melelahkan. Ada warga yang harus sampai cuti dua hari dari tempat kerjanya hanya untuk mengurus perpanjangan KTP.
“KTP-nya gratis, tapi ongkos wira-wirinya sampai habis duit Rp90 ribu. Itu untuk pengurusan dari tingkat RT sampai ke kecamatan. Belum lagi di kantor camat tak bisa langsung selesai, karena ada persyaratan yang kurang,” tukas Syafii, warga Batuaji yang mengurus KTP di Sekupang karena sudah pindah ke Tiban. (med)

4 thoughts on “KTP Express, Bisa Selesai Sehari

  1. Kl harganya 300 ribu dan bs ekspres itu sdh biasa pak….Jadi intinya kl ada uang baru pegawai2 bapak mau kerja dgn cepat dan bila tak ad uangnya ya harus tunggu 3 bln baru selesai itu KTP……duh nasib bagi orang2 yang tak ada uang….

  2. 300rb udah dari dulu… yg penting cepat selesai…. biar melamar adek adek kita ini… kasihan terlalu lama nganggur karena tak ada ktp… duit dari kampung udah mulai tipis

  3. Dear All,
    Special to Pak Binsar & Mas Rully
    Kami menyadari pelayanan KTP saat ini masih jauh dari harapan kita semua tapi kami sedang menuju perbaikan harapan kami akhir tahun ini semoga rampung.
    Mengenai wacana KTP Express Rp.300rb itu masih wacana dan masih panjang tahapannya karena harus melalui Perda.
    Tapi kalau itu dilaksanakan maka Rp.300rb itu bukan untuk kantong pribadi atau oknum, tapi formal dan masuk kepada Kas Daerah dan artinya akan kembali kepada Masyarakat lagi.
    Demikian Terimakasih atas kritik yg konstruktif serta kepedulaiannya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Pak Ria,
    udah sering aku ngurus KTP, harganya 300rb.
    yg penting ktp siap trus bisa melamar… plis deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s