Jangan Takut Kerjakan Proyek

Jumat, 01-08-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Kekhawatiran pejabat mengerjakan beberapa proyek publik sudah sampai ke telinga Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika. Oleh karena itu dia berencana mengundang pihak kejaksaan untuk membahas berbagai hal termasuk menyamakan persepsi hukum terhadap pengerjaan proyek-proyek dilingkungan Pemko Batam.

“Saya berencana mengundang kejaksaan untuk menyamakan persepsi agar para pejabat tidak takut mengerjakan proyek. Jangan sampai dari 100 pekerjaan ada satu yang kurang bagus lalu pejabat tersebut digiring ke penjara. Kami ingin menyamakan persepsi jangan hanya berdasarkan Keppres 80 itu yang menjadi acuan tapi perlu dukungan dari penegak hukum sehingga pejabat pembuat komitmen bisa bekerja dengan tenang,” paparnya.

Apabila belum ada kesepakatan antara pemko dengan kejaksaan, tentu para pejabat akan enggan bekerja. Oleh karena itu akan dilakukan pertemuan sesegera mungkin dengan kejaksaan dan membuat kesepakatan. “Saya yakin apabila ada kesepakatan itu, tentu para pejabat akan lebih nyaman bekerja karena ada jaminan dari kejaksaan tidak akan menindaknya apabila bekerja sesuai dengan prosedur,” ungkapnya.

Ria menyebut, kekhawatiran para pejabat untuk mengerjakan proyek akibatnya semester I tahun 2008 serapan APBD untuk publik hanya terserap 7 persen. Ia menyebut ketika mengikuti acara di istana negara terkait penandatanganan MoU antara Jaksa Agung, Kapolri dan departemen, Presiden Susilo Bambang Yudoyono berpesan supaya penegak hukum jangan menakut-nakuti pimpinan proyek. Ini hal penting ketika seorang pejabat merasa tidak nyaman bekerja tentu akan takut bekerja.

Sehari sebelumnya Wakil Ketua DPRD Batam , Chablullah Wibisono menyebut wajar pimpro takut karena pengawas ada dimana-mana, sehingga secara phisikologis mereka ketakutan.

“Saya lihat ada dua permasalahan kenapa belanja publik hanya 7 persen yang terserap. Alasan pertama pimpro ketakutan kedua harga yang tidak sebanding dengan perhitungan semula desember 2008 lalu, karena Mei lalu BBM mengalami kenaikan,” jelasnya.(hat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s