Ria Saptarika Jadi Ketua Alumni ISTN

Jumat, 01-08-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Ria Saptarika terpilih secara aklamasi sebagai ketua Ikatan Alumni Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Kepri untuk periode masa kepengurusan 2008-2013. Ria menggantikan posisi ketua yang sebelumnya dijabat Mulia Pamadi.

Acara pengukuhan sekaligus pelantikan Ria dilaksanakan Jumat (1/8) malam ini di Hotel Novotel Batam. Sesuai rencana pengukuhan Ria ini secara simbolis akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Ikatan Alumni ISTN Cahyo. Alumni ISTN sendiri di Kepri ada sekitar 90-an lebih, mereka banyak berkiprah, bukan hanya sebagai teknokrat developer, pemerintahan maupun bidang swasta lainnya.
Ria sendiri yang kini juga menjabat sebagai wakil wali kota Batam sebagai alumni ISTN lulusan 1987.

Rektor ISTN G Suprayitno mengatakan, secara keseluruhan ada sebanyak 30 ribuan lebih alumni yang tercatat saat ini. Selaku bagian dari sivitas akademika, Alumni kedepan masih akan terus mengembangkan pendidikan, penelitian, pengabdian. Diantaranya dengan membangun kemitraan dengan dunia usaha mendukung program pembangunan.

Bertepatan dengan mengenang semangat kebangkitan nasional, panitia juga sudah membuat serangkaian kegiatan di Jakarta sekaligus mengenang satu abad almarhum Prof Dr. Ir Roosseno yang dikenal sebagai Bapak Konstruksi Beton Indonesia. Beliau merupakan pendiri ISTN, UGM, Fakultas Teknik UI dan sejumlah konstruksi bangunan megah di Jakarta termasuk merenovasi candi Borobudur. Beliau juga ikut memajukan pendidikan di ITB.

Almarhum semasa hidupnya juga pernah dekat dengan Ir Soekarno, Presiden RI pertama. ” Cukup banyak perannya dalam pembangunan. Beliau berjiwa nasionalis dan law profile. Tak heran jika kekayanaannya pun tak banyak yang tertinggal,” ujarnya, Kamis (31/7).

Banyak dukungan untuk mengusulkan almarhum jadi pahlawan nasional, namun keluarga almarhum sendiri bersikukuh, tidak menginginkan almarhum dijadikan sebagai pahlawan nasional. ISTN Jakarta masih dikelola yayasan Cikini yang juga berulang tahun pada hari ini (1/8).

Tak heran jika acara benar-benar dikemas dengan apik. Di Jakarta masih ada lagi serangkaian kegiatan seperti peresmian patung Prof Dr. Ir Roosseno, talk show mengupas “Apa dan siapa Roosseno” yang menampilkan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan peluncuran biografi dan buku. Mulia Pamadi menambahkan di Batam sendiri, meski tidak ada acara khusus tapi masih tetap satu semangat dalam serangkaian kegiatan sivitas ISTN tersebut. Untuk acara pengukuhan Ria, akan diselingi juga dengan acara talk show interaktif. (sam)

9 thoughts on “Ria Saptarika Jadi Ketua Alumni ISTN

  1. Numpang nitip tulisan pak!
    Mari Bergotong Royong
    ****

    Panas matahari menyengat kepala. Di antara para sahabatnya, Muhammad, nabi dan raja itu bermandi keringat. Tangannya kekar memegang palu besar memecah batu-batu. Di tahun ke lima Hijriah itu, Muhammad ikut bergotong royong membuat parit sebagai persiapan menyambut perang khandak.

    Pinggangnya ia ikat kencang. Ketulan batu ia pasang di perutnya untuk menahan rasa lapar yang sangat. Muhammad tercinta itu sungguh tak berpangku tangan. Ia terjun sendiri, mengangkut tanah dan batu serta rela membiarkan tangan dan kakinya lecet-lecet.

    Peristiwa yang saya ingat dari cerita guru-guru saya itu, saya ingat kembali kemarin. Minggu (3/ ) pagi itu, Pemko Batam mencanangkan aksi gotong royong membersihkan Batam. Acaranya digelar serentak di 12 kecamatan dan pusat kegiatannya di lapangan Tanjungriau.

    Banyak prosesi harus dilalui sebelum warga bersiap bersih-bersih. Ada upacara yang dihadiri seluruh pejabat Pemko Batam, termasuk Wali Kota Ahmad Dahlan dan wakilnya Ria Saptarika. Dahlan memuji Kadis Kebersihan dan Pertamanan Azwan yang bersemangat. ”Andai orang Batam semangatnya seperti Pak Azwan, Batam pasti bersih,” katanya.

    Usai upacara, Wali Kota menyempatkan waktu wawancara dengan wartawan. Ia bilang, akan membudayakan gotong royong agar Batam bersih. Tak lupa, ia sebentar jalan kaki melihat warganya yang bergotong royong.

    Inilah yang membuat saya bergetar. Saya tak banyak wawancara dengan Wali Kota itu. Saya terkenang perang khandak itu. Andai Dahlan mau memegang cangkul itu, andai ia mau menceburkan dirinya ke selokan yang kotor, andai ia mau memegang sapu lidi itu.

    Dahlan memilih hanya melihat-lihat. Dan pejabat yang lain pun melakukan hal yang sama. Usai upacara, mereka pulang. Ada juga yang memilih menikmati masakan sea food di Tanjungriau yang terkenal lezatnya.

    Ironi, ya. Tapi, biarlah seperti itu. Pejabat kita bisa sakit kalau memegang cangkul. Bisa-bisa Batam tak terurus. Kalau pejabatnya sakit, nanti pembuatan KTP bisa-bisa selesai satu tahun. Kalau pejabatnya sakit, mereka bisa-bisa tak bisa jalan-jalan. Sea food yang lezat itu, bisa jadi tak enak dinikmati kalau mereka sakit.****

  2. OOT Pak Ria,
    Saya mo nanya nich, Kemaren ke Badan pertanahan kota batam, katanya HPL 12 pulau buluh dengan wilayah mulai dari Muka kuning indah II sampai ke putri tujuh, sertifikat HGB nya tidak bisa di alih tangankan atau diperjual belikan karena status tanah tsb sebagai hutan lindung. Mohon penjelasannya pak Ria, karena saya beli rumah ke developer sejak tahun 1998, kenapa kasus tsb baru mencuat sekarang, kalau memang untuk hutan lindung , kenapa Developer bisa bangun Perumahan di daerah tsb dulunya.

    Terima kasih atas penjelasan pak Ria..

    Wassalam
    Joni Gusril
    ————
    Hi Pak Joni,
    Give more time to answer it.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. hallo ALUMNI,..

    saya mahasiswa istn, saya mau cari tempat magang
    saya d3 elektro telekomunikasi, mohon bantuannya
    ——–
    Hi Kunjung, mungkin saya berikan email salah seorang rekan kita yang berada di dunia Industri di Batam, Bapak Ricky Indrakari emai:rindrakari@unisemgroup.com

    Demikian semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Selamat atas terpilihnya ibu sebagai wakil walikota batam 2009-2011

    salam kenal dari saya, Fachrurozi

    Bu kalo boleh saya memperkenalkan identitas saya, kebetulann saya bekerja di Media Cetak di Jakarta ( RAKYAT MERDEKA GROUP ), jika ibu ada keprluan media berkenaan dengan peliputan, maka saya bersedia untuk membantu.
    ———–
    Saya mengangap ini hanya Spam, karena comment ini seperti robot, yg tidak mengenali siapa yg ditujunya..🙂
    Semoga salah he he

    Thanks & Salam kenal
    Ria

  5. Hi Pak, saya alumni ISTN angkatan 89, sekarang bekerja pada perusahaan Arabian Construction Company di UAE (abu dhabi).Selamat ya atas pengangkatannya sebagai ketua Alumni ISTN kepri.

    Semoga ISTN terus maju dan berbenah
    Ardi kurniawan
    abu dhabi
    ——–
    Hi Mas Ardi,
    Saya juga bangga nih, ternyata ada juga kuncung yg sudah berkiprah di luar negri, luar biasa!
    Teriamaksih atas supportnya.
    Salam Kuncung kuncir.

    Wassalam
    Ria

  6. Ass,Wr.Wb
    Bpk Ria , saya suprise sekarang, baru tahu kalau anda jadi ketua INI ISTN. Mudah mudahan amanahnya bisa dijalankan dan bermanfaat buat alumni ISTN. Kapan ke jakarta untuk berdialog dengan alumni dijakarta.
    Salam dari Aries Handayani
    Wss

  7. hi bang ria,
    saya baru lulus dari istn saya ingin mencari kerja di batam, apakah bapak bisa membantu, jurusan saya teknik telekomunikasi diploma 3

    terima kasih atas perhatianya

Leave a Reply

