70 Persen PNS Pemko Tak Punya E-mail

Selasa, 05 Agustus 2008|05:56:22WIB
BATAM (BP) – Pemerintah Kota Batam menargetkan tahun 2009 mendatang setidaknya seluruh eselon III dan IV sudah memiliki layanan surat elektronik (e-mail). Sebab saat ini, sebanyak 70 persen PNS Pemko Batam tidak memiliki layanan e-mail. PNS diimbau lebih melek teknologi.
Artinya, dari sekitar 4.000 pegawai di lingkungan Pemko Batam, baru 1.200 saja yang memiliki layanan surat elektronik atau 3.800 tidak memiliki layanan ini.
Hal ini dikatakan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika di lantai IV Kantor Wali Kota Batam, kemarin. Ini tentu sangat kontras dengan rencana peluncuran program Batam Digital Island 7 Agustus nanti, seiring dengan pembukaan ICT Expo di Planet Holiday Hotel.
Dalam rapat persiapan peluncuran Batam Digital Island itu, Ria juga mengimbau agar PNS lebih melek teknologi. Ria memberi target serupa untuk mahasiswa dan siswa. Akhir tahun 2009, semua perguruan tinggi, sudah harus punya website, begitu pula sekolah menengah. “Kalau sampai 2009 50 persen dulu,” katanya.
Ria menambahkan, penggantian nama program dari cyber island menjadi digital island berkaitan dengan cakupan arti bahasa saja. Semula, memang Pemko ingin membentuk cyber island. Namun karena kata “cyber” hanya merujuk kepada internet, maka diluaskan menjadi digital, serba terkomputerisasi.
Untuk mendukung ini, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan yang membuka rapat kemarin berpesan agar Dinas Pendidikan Kota Batam membuat rencana program terkait IT. Dalam pemaparan dari Badan Kominfo yang disampaikan stafnya Yudi Handoko disebutkan sejumlah alasan kenapa Batam sangat perlu menerapkan program ini, misalnya letak Batam yang sangat strategis dalam jalur perdagangan dan pariwisata, mendukung FTZ, dan meningkatkan pelayanan publik. “Batam juga punya infrastruktur IT yang baik,” katanya memisalkan jumlah titik hotspot si Batam yang terbanyak se-Sumatera.

Program ini juga diselaraskan dengan visi dan misi Kota Batam, yakni menjadi bandar dunia madani, menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, serta mengembangkan Batam sebagai pusat perdagangan, wisata, dan alih kapal. (ary)

5 thoughts on “70 Persen PNS Pemko Tak Punya E-mail

  1. Suatu langkah yang bagus untuk batam kedepannya. Memang sangat di butuhkan E-mail bagi pegawai pemko yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat propinsi, sehinggak segala masalah , kritikan, pengaduan , saran dll bisa di alamatkan dengan tepat dan cepat. Namun hal ini nggak mudah karena mungkin banyak membutuhkan Server-server untuk mengelola email tsb. Tapi nggak mutlak harus menggunakan E-mail yang menggunakan server-server sendiri, karena provider seperti Yahoo, google dll , memberikan fasilitas email gratis. Tergantung pihak pemko, bisa saja menggunakan Email gratisan dari Yahoo dll, terus di publish ke masyarakat umum,
    ———–
    Terimakasih atas dukungannya Pak Joni,
    Semoga kami dapat terapkan secara bertahap.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. hari gini gak punya email ??????????
    capek deh……

    lanjut terus Pak Ria. dan mesti suskes target nya. jangan sampai hanya berhenti ditarget saja. harus bener2 terealisasikan,

    Soal teknis nya serahkan saja pada ahli nya. hehehehehe

    Kemarin di ICT EXPO, kami dari team gelora sempat dapet jatah presentasikan “SME server” cara mudah menbagun web dan mail server.

    Makasih Pak Ria, Dukungan nya untuk komunitas IT di Batam.

    Share your Knowledgement
    http://kafemis.blogspot.com
    ——–
    Hi Mas Asnan, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas dukungannya… mari kita jadikan Batam Digital Island (http://batamdigitalisland.com) dengan terus membudayakan masyarakat Batam dengan ICT…
    Btw: Blog anda sangat padat pengetahuan…maju terus GELORA Batam
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. orang sudah sampai kebulan, kita masih aja memikirkan macam mana cara melihat bulan. memang kata pepatah biarlah terlambat dari pada tidak sama sekali. kendala ini terjadi pada daerah terpencil seperti tempat kami mengajar gimana mau mengembangkan TIK sementara tempat kami jaringan hp aja masih hilang2. sebenarnya dengan melalui hp kami bisa mengembangkan TIK disekolah2, jadi kepada bpk tolonglah perhatikan juga tempat terpencil masalah jaringan hp. terima kasih.
    ———-
    Hmm… Sabar dan berdo’a lah…πŸ™‚ Semoga aja tempat bang Firmansyah mengajar segera, dijangkau oleh sinyal HP… tapi apa benar sulit dapat sinyalnya?

    Ajak anak2 didik anda ke Free Taman Internet yg sudah kita meiliki, seperti di Engku Putri dan di Tiban Center.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. kalau seandainya batam mau menjadi kota digital, tidaklah begitu penting memprioritaskan kepada pns saja. jauh lebih penting penekanan yang perlu kita siapkan adalah pada generasi muda kita yang berada di sekolah2. alasan adalah begitu canggih bagaimana pun suatu teknologi jika tidak didukung dengan ilmunya maka akan hancur. jadi harapan kami adalah adakan penataran guru2 yang memegang pelajaran TIK dan tekan kan untuk menerapkan kepada anak didiknya disekolah-sekolah.
    ——-
    Hi Bang Firmansyah, Asslammu’alaikum wrwb.
    Isnya Allah penerapan Batam Digital Island yg kami canangkan tersebut memeliki beberapa aspek, termasuk tentunya dunia pendidkan… Silahkan lihat disini

    Bahkan diwaktu mendatang kita juga akan adakan roadshow IT ke Sekolah sekolah yg ada.
    So… Dunia Pendidikan Insya Allah akan maju seiring denga pengembangan Batam Digital Island ini.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Wah, kerjaan Pak ria nich buka2 rahasia orang nichπŸ˜€, Istilahnya obrak2 orang. Salut pak.
    ———πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s