Batam Jadi Kota Digital

Selasa, 05-08-2008 | 00:00:00

Batam Jadi Kota Digital

Batam Jadi Kota Digital BATAM, TRIBUN – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) M Nuh rencanya akan meluncurkan Batam Digital Island saat pameran Indonesia ICT (Information Communication and Technology) Expo 2008 dan Seminar Nasional TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) Nusantara di Planet Holiday, Kamis (7/8).

Rencana tersebut disampaikan oleh Wali Kota Batam Ahmad Dahlan saat membuka acara sosialisasi Batam Digital Island di kantor Wali Kota Batam, Senin (4/8).

Hadir dalam sosialisasi itu Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, GM Telkom Mulyanta, Jajaran Pimpinan dan Direksi Bank di Batam seperti Bank Mandiri dan Bukopin, Rumah Sakit RSBK, RSUD, Yayasan Pendidikan dan Instansi Vertikal dan para Kadis.

“Batam Digital Island ini sangat tepat untuk mendukung kinerja yang lebih efisien,” ujar Dahlan.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika Batam Digital Island akan mengembangkan pemakaian teknologi digital di Kota Batam. Dengan aplikasi berbagai produk teknologi informasi sehingga bisa meningkatkan efisiensi layanan publik di instansi pemerintah maupun swasta.

“Untuk tahap awal, kami sosialisasi dulu dan meminta masukan dari seluruh stakeholders. Sehingga target yang kami canangkan mendapat dukungan dari semua pihak,” papar Ria.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam Yusfa Hendri menambahkan, acara peluncuran Batam Digital Island direncanakan bersamaan dengan pembukaan pameran dan seminar yang dikoordinir langsung oleh Menteri Kominfo dan Menteri Dalam Negeri. Pameran dan seminar ini akan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari instansi pemerintah, mulai dari departemen, kementerian, lembaga non departemen, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, BUMN, Perguruan Tinggi/Akademisi, serta perusahaan swasta yang berkecimpung di bidang TIK, dan masyarakat umum.

“Bagi kita event ini sangat penting. Apalagi sejalan dengan penerapan SEZ, kami bertekad ingin menjadikan kecanggihan TIK untuk membangun daya saing ekonomi Batam,” tambahnya.(hat)
Sistem Pelayanan Online

PADA penyelenggaraan ICT EXPO 2008, Pemko Batam akan membuat tayangan berbagai aplikasi sistem informasi berbasis IT yang telah diterapkan di beberapa SKPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik.

Adapun bentuk dan jenis pelayanan yang ditampilkan meliputi Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu yang dikelola pada Pusat Pelayanan Investasi gedung One Stop Service (OSS) Kota Batam, Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis SIAK, Sistem Administrasi Keuangan Daerah (SAKD), Sistem Informasi Lingkungan di Bapedalda, termasuk sistem online penerimaan siswa baru (PSB) dan kegiatan harian pemerintah yang dikemas melalui situs pemko yang ada pada setiap badan, dinas, bagian, dan kantor.

Semua menu yang akan dipromosikan pada pameran tersebut, sudah disusun dan siap untuk ditampilkan, seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) bagi warga yang ingin mengetahuinya dalam database Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kota Batam.

Bahkan untuk memudahkan pengunjung, semua materi yang akan ditayangkan, telah kemas melalui penggunaan teknologi audio visual pada TV layar datar 42 inci dan komputer LCD Screen.(hat)

7 thoughts on “Batam Jadi Kota Digital

  1. Dengan adanYa event ICT memang sudah saatnya kota batam menggelar acara ini. saya pribadi senang mendengar acara ini. tetapi saya menilai pemerintah kota batam masih belum mengakomodir bagi warga batam yang gemar didunia film atau sineas – sineas muda batam merasa pemerintah belum ada greget atau itikat untuk membantu para sineas muda batam untuk berkarya . ini bisa dilihat dengan belum adanya tempat publik atau lokasi yang dibangun pemerintah kota batam untuk menggelar karya – karyanya. ini sangat disayangkan karena batam merupakan daerah yang sangat berpotensi untuk bisa menciptakan karya seni audio visual (FILM) yang dapat mengangkat kota batam dikancah dunia broadcasting.
    ———
    Hi Mas Arianto, Terimaksih atas kunjungan & Comment nya.
    Anda sy berikan kesempatan untuk mengajak komunitas yg sudah anda miliki untuk diskusi dengan kami di Pemko Batam.
    Silahkan datang namun perlu kita buat appointment dulu agar tidak bentrok dgn kegiatan lainnya.
    Saya tunggu kabarnya… bersama ini sy sdh kirim email untuk memberikan kontak personnya.
    Demikian & Wassalam
    Ria

  2. assalamualaikum pak..
    untuk yg kedua kalinya saya “paksa” bapak ke blog saya pak🙂 hehehe(maaf pak…)
    soalnya saya punya sdikit usul gmn caranya mempertahankan agar slogan Batam Digital Island ga habis ditelan waktu🙂

    (kali ini saya ga lupa lagi ngasi link nya pak)
    http://www.irsyadkahrasanya.co.cc/

    wassalam
    ——–
    Hi Irsyad, Assalmmu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas dukunganya terhadap Batam Digital Island, Insya Allah ini tidak sekedar Slogan.
    BTW: CProfile Blog anda cukup berkesan..
    Semoga anda sukses dalam meniti hidup dan karier.
    Thanks & Wassalam
    RIa

  3. assalamualaikum pak Ria..
    terima kasih pak udah mw liat2 profile saya 🙂
    waduh,kayanya bapak ga inget saya nih :p
    nih dsbelah saya ada mas sihab pak..lg coding..
    n saya bantu pak sihab semampu saya🙂

    kami bakal dukung Batam Digital Island..
    smagat terus ya pak!
    ——-
    Ha ha Ya Sekarang ingat abis fotonya dari samping sih… saya kenal jangut yg tipis itu🙂
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Kenapa tidak digital juga perpustakaan padahal buat softwarenya tidaklah sulit.

    Saat ini saya menyusun tesis perlu sekali banyak referensi, tapi tidak sulit mencari buku, tinggal buka internet dan buka perpustakaan kampus tempat saya kuliah masuk, judul atau pengarang buku….kemudian keluar datanya, yaitu letak buku, kondisi dipinjam atau tidak dan lainnya, kemudian saya ambil bukunya dan pinjam kemudian dipelajari. Ada juga buku digital bisa di download atau dibaca langsung. Bagaimana dengan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s