Sosialisasi Batam Digital Island Sebagai Gerakan Serentak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

BATAM CENTRE- Batam Digital Island akan diluncurkan pada saat Batam menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran Indonesia ICT (Information Communication and Technology) Expo 2008 dan Seminar Nasional TIK (Tekhnologi Informasi Komunikasi) Nusantara. Kegiatan tersebut disatukan dengan acara pembukaan pameran dan seminar telematika pada tanggal 7 Agustus di Hotel Planet Holiday, Jodoh.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Batam, Drs H. Ahmad Dahlan pada saat membuka acara sosialisasi Batam Digital Island di kantor Walikota Batam tadi pagi (4/08/08), yang dihadiri oleh Wakil Walikota Batam, Ir. H. Ria Saptarika, GM Telkom, Mulyanta, Jajaran Pimpinan dan Direksi Bank di Batam seperti Bank Mandiri dan Bukopin, Rumah Sakit seperti RSBK & RSUD Batam, Yayasan pendidikan serta seluruh instansi Vertikal dan SKPD di Kota Batam.

Pada acara pemaparan yang disampaikan oleh Bapak Ria Saptarika sebagai penggagas Batam Digital Island tersebut, beliau berkeinginan untuk menumbuhkembangkan pemakaian teknologi digital di Kota Batam dengan aplikasi berbagai produk teknologi informasi yang bertujuan untuk efisiensi layanan publik dan peningkatan kinerja di instansi Pemerintah maupun Swasta.

Untuk tahap awal, kita sosialisasi dulu dan meminta masukan dari seluruh stakeholders di Kota Batam sejak dini sehingga target yang kita canangkan tidak selangit dan mustahil untuk dilaksanakan. Akan tetapi dengan dukungan semua pihak Batam Digital Island menjadi pemacu semangat dalam menerapkan berbagai teknologi digital yang memang sudah menjadi bagian dari masyarakat Batam sebelumnya, lanjut Ria.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menambahkan, acara peluncuran direncanakan pada saat acara pembukaan pameran dan seminar yang dikoordinir langsung oleh Menteri Kominfo dan Menteri Dalam Negeri. Pada penyelenggaraannya, pameran dan seminar ini akan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari instansi pemerintah, mulai dari departemen, kementerian, lembaga non departemen, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Perusahaan BUMN, Perguruan Tinggi/Akademisi, serta perusahaan swasta yang berkecimpung di bidang TIK, dan masyarakat umum.

Bagi kita (Pemko Batam) event ini sangat penting. Apalagi sejalan dengan penerapan SEZ, kita bertekad ingin menjadikan kecanggihan TIK untuk membangun daya saing ekonomi Batam, sebagaimana tuntutan dan kebutuhan rekan kalangan dunia usaha luar dan dalam daerah,” sebut Yusfa Hendri.

Sistem Pelayanan Online yang terbuka untuk Publik

Pada penyelenggaraan ICT EXPO 2008, Pemerintah Kota Batam akan menayangkan kepada publik berbagai aplikasi sistem informasi berbasis IT yang telah diterapkan pada beberapa SKPD yang berkaitan langsung dengan kepentingan publik.
Adapun bentuk dan jenis pelayanan yang ditampilkan meliputi; Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu yang dikelola pada Pusat Pelayanan Investasi gedung One Stop Service (OSS) Kota Batam, Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis SIAK, Sistem Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Online seperti penerapan sistem DARA, Sistem Administrasi Keuangan Daerah (SAKD), PERSO di Bagian Keuangan Setda Kota Batam, Sistem Informasi Lingkungan yang diterapkan di Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam, dan Sistem Informasi Perencanaan Daerah yang diterapkan di Badan Perencanaan Pembangunan Kota Batam. Disamping itu, pemerintah kota juga akan memperkenalkan Sistem Aplikasi dalam pengurusan Surat Keterangan Asal bagi kalangan eksportir.

Sementara pada kegiatan lain yang cenderung bersifat publisitas, Pemerintah Kota Batam, di ICT Expo 2008 juga akan memperkenalkan sistem aplikasi online pada Penerimaan Siswa Baru, dan kegiatan harian pemerintah daerah yang secara keseluruhan dikemas dengan sistem web melalui situs pemerintah daerah yang ada pada setiap badan, dinas, bagian dan kantor.

“Semua menu yang akan kita promosikan pada pameran tersebut, sudah disusun dan siap untuk ditampilkan termasuk keinginan warga untuk mengetahui NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam database Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kota Batam. Bahkan untuk memudahkan pengunjung, semua materi yang akan ditayangkan, telah kita kemas semenarik mungkin melalui penggunaan tekhnologi audio visual pada TV layar datar 42 inch dan komputer LCD Screen yang sudah dipersiapkan,” demikian Yusfa Hendri(*)

Sumber: http://humasbatam.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s