Wawako Pikir Ada Backing

Selasa, 05 Agustus 2008|05:58:43WIB

Penyebab Banjir Nagoya Square
BATAM (BP) – Warga dan pengusaha di kawasan ruko Roma Sumatera dan Nagoya Square Jodoh, yang tiga tahun kebanjiran lumpur mengadukan nasibnya ke Wakil Wali Kota Ria Saptarika. Mereka berharap Pemko bersikap tegas akan keberadaan bangunan di atas drainase yang juga ikut menjadi penyebab banjir lumpur disana.
Menurut Ria, keluhan mereka sejak dua pekan lalu, sudah ia tindak lanjuti. Ia juga sepakat tak boleh ada bangunan di atas drainase. Apalagi, di kawasan Nagoya Square dan Roma Sumatera itu terus terjadi banjir lumpur yang menyebabkan aktivitas bisnis di ruko itu macet.
“Tak boleh ada bangunan di atas drainase. Makanya, saya sudah menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Satpol PP untuk meninjau lokasi,” katanya, kemarin.
Namun, Ria mengaku heran. Sudah dua pekan instruksi itu ia keluarkan, tapi laporan dari Dinas PU belum masuk. “Progresnya belum ada. Saya heran juga, kok disposisi saya belum ada perkembangan,” tuturnya.
Senin (4/8) pagi, katanya, saat ia mendengarkan radio, keluhan soal banjir lumpur itu terdengar lagi dari masyarakat. “Sudah tiga tahun terjadi, selama ini kok dibiarkan terus. Saya jadi berpikir kok seperti ada backing-nya,” tukasnya.
Banjir lumpur di Nagoya Square memang tak pernah bisa diselesaikan. Berkali-kali hearing di DPRD, serta janji dari para pengembang yang memiliki lahan di sana tak membuat banjir itu bisa diatasi. Setiap kali hujan, banjir lumpur pasti terjadi.

Lumpur tersebut berasal dari lahan timbunan milik PT Mega Wahana Perkasa (MWP) dan Saudagar Bugis Makassar (SMB). Jika hujan turun, lumpur itu terseret air lewat parit. Kemudian, lumpur itu menguap ke jalan akibat drainase tak mampu menampung. Di ujung drainase, ukurannya menyempit karena di atasnya ada bengkel. (med)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s