Pemko Batam dan PT Telkom Tandatangani MoU Pengembangan ICT Kota Batam

BATAM – Pemko Batam dan PT Telkom Riau Kepulauan sepakat untuk mempercepat terealisasinya rencana penerapan atas penyelenggaraan program Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada upaya perbaikan kualitas pelayanan publik melalui sistem digital di Kota Batam.

Komitmen atas hal itu dituangkan dalam MoU yang ditandatangani Kamis (7/8) oleh Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika dengan General Manager PT Telkom Riau Kepulauan, Ir Mulyanta di Hotel Planet Holiday, Jodoh.

Hadir menyaksikan penandatangan MoU oleh kedua belah pihak yaitu staf khusus Menteri Kominfo, Suhono Supakat, Sekda Provinsi Kepulauan, Eddy Wijaya,dan Ketua DPRD Provinsi Kepri.

Setelah menandatangani naskah kerjasama tersebut, staf khusus Menteri Kominfo, Suhono Supakat dan Sekda Provinsi Kepri selanjutnya menyaksikan penyerahan hotspot taman internet Tiban Centre dari eksekutif manager PT Telkom, M Awalludin kepada Wakil Walikota, Ir Ria saptarika.

Wakil Walikota Ir Ria Saptarika juga menerima bantuan shelter Internet untuk hotspot Tiban Centre dari Dirut PT PLN Batam, Ir Zainuddin.

Usai menandatangani MoU dengan PT Telkom, Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika kepada wartawan mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kota Batam sebagai kota pusat kegiatan industri, perdagangan, pariwisata, kelautan dan alih kapal yang memiliki keunggulan komparatif yaitu di bidang Tekhnologi Informasi.

Sebagai pihak yang mengkoordinir, Pemko Batam lanjut Ria Saptarika telah menyusun Key Performance Indicator (KPI) “Batam Digital Island” dengan memprioritaskan beberapa bidang pengembangan yaitu e-gov, e bussiness, e-learning ,e-health, e-Sitizen, e-community, dan e-infrastructure, e-telecommunication dan penerapan e-digital pada bidang keamanan dan ketertiban.

“Untuk tahap awal, saya akan kenalkan dulu manfaat “virus” positif yang terencana dalam program pengembangan TIK Kota Batam ini kepada semua aparatur pemerintahan, swasta/perbankan dan kepada masyarakat Batam secara keseluruhan. Mudah-mudahan kami mendapat dukungan penuh,” sebut Ria

Direktur PT Telkom Riau Kepulauan, Ir Mulyanta menyebutkan, untuk menindaklanjuti kerjasama pengembangan Batam Digital Island, pihaknya akan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan progam TIK Batam Digital Island melalui penerapan 3 poin kunci yaitu fleksibilitas akses, efektifitas pemanfaatan akses dan efficiency dalam penggunaan akses atas penggunaan infrastruktur tekhnologi informasi dan komunikasi yang disiapkan.

Dan dengan ditandatanganinya MoU ini, sebagai motor penggerak, Telkom sebagaimana disampaikan Mulyanta, optimis dapat mempercepat dilakukannya evolusi dari lingkungan komunitas pekerja industri ke arah masyarakat yang berpengetahuan digital (information knowledge).

“ICT adalah kebutuhan kita. PT Telkom dengan infrastruktur digital yang memadai, siap menjadikan content-content digital sebagai sarana komunikasi dalam keseharian masyarakat Batam sebagaimana tenggang waktu yang diberikan yaitu sampai dengan tahun 2015 mendatang,” demikian Mulyanta. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s