Jangan Lewat Calo

Kamis, 14-08-2008 | 00:00:00

WAKIL Wali Kota Batam Ria Saptarika meminta warga supaya jangan mengurus KTP lewat calo. Apabila warga mengurus KTP lewat calo akan rugi sendiri karena bisa-bisa identitasnya tidak terdaftar dalam database.

“Saya minta supaya lebih berhati-hati. Sebenarnya adanya KTP SIAK agar tidak terjadi lagi pemalsuan. Saya mendorong para camat untuk bekerja maksimal dan jangan melayani para calo,” ujar Ria ketika dihubungi, Rabu (13/8).

Ria juga mengatakan KTP yang diduga asli tapi palsu itu bisa jadi ada permainan. “Saya sudah sampaikan kepada para camat supaya jangan bermain dalam pengurusan KTP. Terus terang saya akui untuk menindak dengan tegas belum bisa saat ini, tapi bertahap agar para camat bisa melakukan perbaikan kinerja menuju ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Ria juga mengaku tidak kaget dengan temuan KTP palsu saat razia. Sebab selama ini pihaknya sering menemukan kebijakan yang dibuat belum sepenuhnya dijalankan. “Kalau RT yang mengurus KTP warganya masih bisa saya maklumi tapi kalau pengurusan lewat calo, saya akan berperang untuk itu,” tegasnya.

Terkait dengan penemuan KTP diduga asli tapi palsu itu, Anggota Komisi I DPRD Batam Abdullrahman Welly mengatakan tujuan pembuatan KTP sistem SIAK tujuannya agar tidak terjadi pemalsuan. “Konsep baru KTP SIAK ini untuk menghindari pemalsuan karena sudah berbasis komputer. Berbeda dengan sistem manual dulu gamnpang dipalsukan dan dirobah datanya. Kalau masih ada KTP diduga aspal itu menandakan ada oknum yang bermain,” papar Welly.

Welly menyebut perlu diusut siapa yang bermain itu, apakah pihak kecamatan atau oknum di Dinas Kependudukan. Kalau ini dibiarkan akan banyak nanti KTP aspal. “Kita minta keseriusan pemko Batam untuk memberantas oknum dan sindikat yang bermain,” tegasnya. (hat)

2 thoughts on “Jangan Lewat Calo

  1. Pak ria, sy slh 1 korban KTP tembak (KTP asli tanpa KK) karena wkt itu ditawarin buat KTP batam. Skrg sy mau urus KTP sendiri sesuai alamat domisili tapi terbentur mslh KK, dari camat (tempat sy mw urus) katanya minta surat keterangan tidak pernah diterbitkan KK tapi camat yg sebelumnya bilang tidak bisa dan surat pindah di camat sebelumnya sudah bisa dijadikan sebagai syaratnya. Nah, sy bingung nih skrg solusinya bisa seperti apa, apakah saya harus buat KK di camat lama dan urus surat pindah lagi atau memang hanya cukup dengan surat pindah dari camat sebelumnya sama, pdhl KTP lama sy kan sudah dicabut.

  2. Mohon solusinya pak, saya juga mengalaminya untuk pengurusan KTP istri, surat-surat yang di minta sudah di penuhi namun tiba-tiba di bilang tidak belaku, gimana ini pak ?, ok kami salah sewaktu pengurusan KTP terdahulu, tetapi kami juga perlu solusi yang pasti dalam pengurusan selanjutnya, bukan dengan menyuruh masyarakat membawa orang yang mengurus KTP yang bermasalah. Mohon penjelasannya pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s