Anggota Paskibra Dikukuhkan

Sabtu, 16 Agustus 2008|05:59:30WIB

BATAM (BP) – Sebanyak 30 putra-putri terbaik Kota Batam dikukuhkan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) 2008 oleh Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika di gedung Pemko lantai IV, Kamis (14/8) malam. Selain pejabat dari Muspida Kota Batam, upacara pengukuhan juga dihadiri oleh para orangtua anggota Paskibra.
Upacara pengukuhan dilanjutkan dengan pembacaan tujuh butir ikrar putra Indonesia oleh Wawako, Ria Saptarika, selaku pembina upacara. Usai pembacaan ikrar, satu persatu anggota Paskibraka mencium bendera merah putih dengan diiringi lantunan puisi bertajuk ‘Mencintaimu Indonesia’ oleh Samson Rambah Pasir yang membuat suasana bertambah khidmat.
Sementara itu, pengukuhan anggota Paskibra sendiri ditandai dengan penyematan tanda anggota oleh Ria Saptarika.

Kemudian dilanjutkan dengan pengikatan kendit pada dua wakil anggota Paskibra. Pengikatan kendit tersebut merupakan simbol kesiapan dan kesanggupan anggota Paskibra dalam menjalankan tugas-tugasnya. Prosesi pengukuhan diakhiri dengan penandatanganan naskah Ikrar Putra Indonesia oleh Ria Saptarika dan beberapa perwakilan anggota Paskibra.
Pesan Sepatu
Kemarin, peserta upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih gladi bersih.
Dalam latihan upacara terakhir sebelum hari H itu, semua kesiapan dibuat seperti dalam upacara yang bakal digelar Ahad (17/8) pukul 10.00 WIB besok.
Di lapangan upacara, pasukan TNI dan marching band berbaris rapi. Begitu pula pasukan pengibar bendera (paskibra) yang sudah berbusana lengkap khas paskibra. Formasi barisan saat masuk lapangan pun dilakukan secara penuh. Dalam gladi kemarin, teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Soerya Respationo.
Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, selaku inspektur upacara detik-detik prokalamasi, juga menggladibersihkan sepatu barunya. Sepatu itu, adalah sepatu putih yang khusus dipesankan oleh Bagian Umum. “Dipesan di Bandung,” ujar Kabag Umum Firmansyah yang turut hadir dalam gladi bersih kemarin.
Dalam upacara 17 Agustus nanti, panitia menyiapkan 75 orang paskibra, pasukan 45 dan dan pasukan 30. Selanjutnya, pasukan 30 yang diisi pelajar SLTA ini, dibagi menjadi pasukan delapan dan 17. Sedangkan pasukan 45 terdiri dari personel Poltabes Barelang, Yonif 134 Tuah Sakti Brimob Polda Kepri, dan Guskamla.
Kabag Humas Pemko Yusfa Hendri menambahkan, tepat pukul 10.00 WIB, akan dibunyikan sirine selama satu menit. Pada momen itu, masyarakat diminta menghentikan laju kendaraannya dan serempak membunyikan klakson kendaraannya. (cr1/ary)

Advertisements

One thought on “Anggota Paskibra Dikukuhkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s