KTP SIAK Masih Lambat

Kamis, 21-08-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Tim Perdaduk Batam gencar melakukan razia. Namun pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Batam masih lambat.

Pembuatan KTP masih memerlukan waktu satu hingga dua bulan. Kondisi ini jelas sangat merugikan masyarakat terutama yang memerlukan pelayanan cepat.

Penelusuran Tribun, kondisi ini nyaris ditemukan di beberapa kecamatan di Batam. Rata-rata warga mengeluhkan lamanya proses pembuatan KTP.

Ironisnya lagi, warga mengaku tidak mendapatkan batasan waktu yang jelas dalam pembuatan KTP. Praktis mereka harus bolak balik datang ke kantor camat.

Di kecamatan Batuaji misalnya. Lama pengurusan KTP membutuhkan waktu satu sampai dua bulan. Warga yang merasa sudah mengurus KTP lewat satu bulan membuat warga berulangkali mendatangi kantor tersebut. An misalnya, mengurus KTP baru bulan Juni lalu, sampai sekarang belum juga selesai.

“Saya sudah tiga kali datang ke kantor Camat ini untuk meminta KTP yang sudah saya urus bulan Juni lalu. Tetapi sampai sekarang belum juga siap. Kalau saya tanya, jawabnya belum siap karena banyak berkas antre dan minta dimaklumi kemampuan akses jaringan terbatas,” ujar An kepada Tribun, Rabu (20/8).

Tidak jauh beda dengan kondisi di kecamatan Sagulung. Tepat di depan deretan kursi tunggu warga, ada pamplet berbahan plastik tercetak tulisan standar pelayanan minimum (SPM). Isi pamplet itu memberitahukan kepada warga syarat-syarat yang harus dilengkapi warga untuk mengurus KTP baru, KTP perpanjangan, kartu kuning, izin domisili usaha, dan keperluan lain.

Menariknya tercantum lama yang dibutuhkan untuk menyelesaikan urusan itu. Untuk mengurus KTP baru ditulis butuh waktu lima hari. Demikian juga lama pengurusan KTP perpanjangan.

Ketika dihubungi, Camat Zulkifli mengatakan dibutuhkan waktu satu sampai 2 bulan. Jangka waktu itu tidak bisa menyelesaikan KTP tersebut karena jaringan belum baik. Tetapi sampai kapan jaringan itu baik tidak bisa disebutkan.

“Dulu jaringan listrik terganggu membuat berkas warga yang mengurus KTP sampai sekarang masih menumpuk hingga seribuan berkas. Jadi standar pelayanan minimum itu tidak bisa dilaksanakan. Tetapi kalau jaringannya baik, barangkali bisa,” ujar Zulkifli.

Di Kecamatan Sekupang, pengurusan KTP juga memerlukan waktu dua bulan. Beberapa warga mengaku harus bolak-balik saat mengurus KTP.

“Kami sudah lebih kurang dua bulan mengurus KTP tapi belum juga siap. Sering kami mondar-mandir ke sini, jawabannya tetap sama, belum siap. Padahal semuanya persyaratannya sudah kami penuhi, karena butuh sekali,” ujar seorang warga.

Sekretaris Camat Sekupang Abdul Malik mengatakan pihaknya masih kesulitan menyelesaikan proses pembuatan KTP SIAK karena masih menumpuknya berkas-berkas pembuatan KTP tersebut. “Masih ada berkas yang menumpuk tapi tidak banyak lagi,” ujar Abdul Malik.

Tidak hanya itu, online-nya komputer di kantor Camat Sekupang yang digunakan untuk memproses pengurusan KTP SIAK di wilayah Sekupang ke Pemko Batam juga akan membantu penyelesaian KTP SIAK warga tersebut.

Dari pantauan Tribun di kantor Camat Sekupang, Rabu (20/8) sekitar pukul 11.00 WIB, tidak terlihat antrean panjang di bagian pengurusan KTP SIAK. Hanya terlihat beberapa orang saja yang datang mengurus pembuatan KTP.(yah/rnd)

Note:OOT

13 thoughts on “KTP SIAK Masih Lambat

  1. Pak Wali Kota Tolong di cek anggotanya.khususnya Kecamatan Batam Kota.Saya warga marchelia yang baru mempunyai KTP Siak.Saya mengurus KTP siak awal juni 2008 dan selesai akhir september 2009.Dan untuk KK pihak kecamatan bilang selesai 1 bln kemudian.Tapi nyatanya sampai sekarang KK saya belum juga keluar.Kalau saya tanyakan mereka selalu bilang sabar dan menunggu.Apakah memang untuk pengurusan KTP dan KK butuh waktu 1 tahun baru selesai?Karene kalau saya hitung sudah 6 bulan semenjak pengurusan KTP belum jg selasai KK nya.Mohon bantuannya.saya tidak bisa mengurus NPWP karena KK saya tidak ada.Terima kasih
    ———–
    Hi Mas Rendra
    Mohon ma’af atas kondisi itu, semoga ini tidak terjadi lagi, sebab penanganan masalah ini memang baru tuntas pada November 2008.

    Sedangkan masalah KK ini memang agak sulit mempush nya karena memang merupakan keterbatasan aturan dan kemampuan manusiawi… karena KK tidak boleh ditanda tgni secara elektronik(harus ttd basah) sementara setiap harinya Kadisduk harus menandatangani sektar 1000 pemohon se kota batam per hari dan beliau juga harus menandatangani akte-akte lain seperti: Lahir, kematian, Nikah, pindah dll.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. ralat pengurusan KTP awal bln juni 2008 selesai akhir september 2008.
    ———
    Mohon ma’af atas kondisi itu, semoga ini tidak terjadi lagi, sebab penanganan masalah ini memang baru tuntas pada November 2008.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Saya dah lima thn dibtm dan saya dah punya ktp,thn kmrn aku pindah kecamatan jd semua persyaratan sudah saya lengkapi semua memang dlm 3 minggu ktp saya sudah selesai tp kk sy belum selesai dengan alasan saya harus bawa surat pindah dari kampung.
    Pertanyaan saya.:
    1 klu dah tingal 5 thn di batam dan sdh pny ktp klu saya ngurus kk apa perlu surat pindah dr kampung
    —————-
    Hi Pak Bram terimakasih atas comment nya.
    Untuk kondisi seperti anda ini, akan mendapat sedikit kelonggaran bila tdk mendapatkan surat pindah dan anda hanya perlu menununjukkan surat lain yg menyatakan anda sdh lama tinggal di Batam, contohnya surat pengalaman/keterangan bekerja.

    Demikian harap maklum
    Wassalam
    Ria

  4. Terimah kasih Pak Atas responnya.Kalau memang itu kendalanya saya bisa maklum.
    ———-
    Hi Pak Rendra,
    Terima kasih atas pemahaman dan support nya.
    Wassalam
    Ria

  5. Thanks ya ria atas jawabannya.tp sebelum saya dah cuba kata petugas camat(kec.sagulung) saya harus tetap dapat surat pindah dari kampung tanpa itu Dinas Kepenpendudukan tak mau nandatangana Kk tsbt pdhl sudah 3 bln lamanya tp statusnya msh pending.
    Dear Ria,selain dari itu bagaimana ya Kk tsb bisa selesai,?
    ———-
    Untuk kasus tertentu Insya Allah bisa di bantu silahkan sampaikan apa adanya termasuk komnukiasi ini.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Hello Pak Ria,
    saya baru sj ke ktr camat sagulung menanyakan Kk saya tp karena saya tak punya surat pindah dan photo copy Ktp lama jd status Kk saya masih pending tolong Pak bagaimana jalan keluarnya,supaya KK saya ditandatangani dinas kependudukan?trima kasih Pak sebelumnya
    ———–
    Hi Bram, Terimakasih atas comment nya.
    Apakah anada punya KTP Batam?
    Sebab kalau idak ada dokumen sama-sekali kan aneh?
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. Pak Ria,
    KTP batam sudah ada dan saya kmrn pindah kecamatan dari sei beduk ke sagulung dan KTP kecamatan sebeduk sudah selesai. masalahnya Pak sekarang Kk saya di pending dengan alasan syaratnya tidak lengkap.Jadi saya harus membawa photo kopi KTP yg pertama sebelumnya saya sudah memperpanjang KTP di kec.Sei Beduk dengan KTP SIAK tp Kknya tidak ada.
    Jadi sampai sekarang saya tidak mendapat photo copy KTP tsbt dan surat pindah dari kampung.
    Tolong Pak bagaimana jalan keluarnya sudah 2 bln Kk statusnya pending terus dan sudah bolik balik tp tidak ada hasil.mohon pak jalan keluarnya.
    ———–
    Hi Mas Bram,
    Tolong kirimkan biodata anda dengan lengkap via email agar saya dapat membatu, termasuk NIK anda bila ada.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  8. Hello Pak Ria,
    ini Biodata saya:
    NIK KTP:
    2171070109xxxxxx
    xxxxx
    xxxxxxx
    xxxxxxxx
    xxxxxxxx
    xxxxxxxx
    xxxxxxx
    Pak Ria,terima kasih sebelum dan mohon maaf atas kelancangan saya ini
    ———
    Hi Pak Brahma,
    Terimaksih atas kiriman datanya yg cukup lengkap, walaupun maksud saya agar dikirim via email sehingga tiadk terbuka di tempat umum seperti ini karena khawatir ada yg menyalah gunakannya… makanya data diatas setelah saya copy saya hapus.

    Insya Allah nanti akan ditindak lanjuti via email semoga email anda benar.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  9. Hi Pak Brahma,

    Ternyata email anda salah, beikut ini adalah pesan error dari reply email anda.

    Hi. This is the qmail-send program at yahoo.com.
    I’m afraid I wasn’t able to deliver your message to the following addresses.
    This is a permanent error; I’ve given up. Sorry it didn’t work out.

    :
    66.196.97.250 failed after I sent the message.
    Remote host said: 554 delivery error: dd This user doesn’t have a yahoo.com account (brahma.simarmata@yahoo.com) [-5] – mta149.mail.re3.yahoo.com

    Tolong berikan email anda yg benar.
    Wassalam
    Ria

  10. Pak Ria,
    sudah saya terima Pak,besok saya akan ke kecamatan membawa copy pdf KK saya dan melihat sama dimana proses KK saya.
    Terima kasih banyak Pak Ria atas bantuannya.
    ———-
    Ok silahkan good luck!
    Wassalam
    Ria

  11. Hello Pak Ria,
    apa yang sudah disarankan Pak Ria,tp sampai sekarang status KK saya masih pending bagaimana lagi Pak caranya sudah 4.5 bln tapi tak proses dari pihak kecamatan tolong Pak jalan keluarnya lagi,
    Thanks,
    bram
    ———
    Hi Pak Bram,
    Bersabar sedikit lagi ya, masalah anda sudah saya minta khusus staf saya membantunya.
    Semoga senin ini bisa diselesaiklan.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

