Camat Dievaluasi

Camat Dievaluasi
Selasa, 26 Agustus 2008|05:14:42WIB

KTP SIAK Harus Beres

Tidak ada lagi alasan bagi camat terkait masalah KTP SIAK. Dua bulan ke depan, semua masalah KTP SIAK harus sudah dapat teratasi.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Ria Saptarika sepakat menyebut tenggat waktu dua bulan ini sebagai lampu kuning bagi para camat.
Keduanya, seperti disampaikan Ria di ruang kerjanya kemarin, tidak menerima lagi alasan apa pun, terutama yang banyak dilontarkan camat, seperti masalah salah ketik sehingga berkas menumpuk. “Kalau human error itu biasa, tapi tidak bisa jadi alasan,” kata Ria.
Kemarin, pasangan ini menggelar evaluasi KTP SIAK di lantai V Kantor Wali Kota Batam. Dalam kesempatan itu, Ria mengaku tak menanyakan berapa berkas KTP yang masih menumpuk. “Saya tidak tanyakan itu sebab saya tidak mau lagi mendengar alasan,” ucapnya.
Masalah klasik selama ini, selain karena kesalahan memasukkan data, juga karena komputer dan SDM kurang. Tapi kata Ria, hal seperti ini tidak bisa lagi dijadikan alasan. Camat bisa menambah jam kerja, orang, bahkan perangkat komputer. “Apa seperti itu saja seorang camat tidak bisa mengatasi?” sindir Ria.
Dua bulan berikutnya, yaitu akhir Desember 2008, merupakan tahapan deadline yang disebut lampu merah. Di akhir tahun ini, setiap camat yang masih bermasalah dalam pelayanan KTP, siap-siap dievaluasi kinerjanya yang bisa saja mengancam posisinya sebagai camat.
Ria berharap, dengan ditetapkannya deadline ini, maslah KTP sudah selesai dua bulan pertama. Dalam tahap itu, setiap camat diminta melaporkan masalah dan perkembangan maslaah KTP di kecamatan masing-masing dengan aktif berkomunikasi.
Untuk mendukung komunikasi ini, juga terkait dengan diluncurkannya Batam Digital Island (BDI) camat-camat sudah dibuatkan fasilitas surat elektronik (e-mail) di situs Pemko-Batam.go.id yang dapat memfasilitasi informasi. Setiap pengiriman e-mail yang bakal aktif pekan depan ini, camat harus membuat tembusan (copy carbon/cc) ke asisten pemerintahan, setiap camat lain, kadisduk, kabag tapem, dan kabadan kominfo.
“Kita juga minta satu bulan kedepan, semua camat harus sudah membuat website,” tambah Ria.
Rai juga mengabarkan, software baru untuk KTP SIAK, sudah 55 persen selesai. Software yang akan lebih baik dan lebih memudahkan ini, menunya dibuat semirip mungkin dengan software dari pusat. Sehingga operator yang memasukkan data tidak akan menyadari kalau software yang ia pakai, baru.
Dari segi kepraktisan, software ini juga lebih baik karena tidak lagi menggunakan wireless yang link dengan Pemko Batam saja, tapi juga bisa diakses dengan GPRS, speedy, telkomnet, dan sejenisnya. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s