Seluruh Kampus APTIKOM Bisa Akses E-Learning

Kamis, 28-08-2008 | 00:14:32

BATAM, TRIBUN – Mulai September 2008 nanti, seluruh kampus yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bisa menikmati resource sharing learning system. Untuk tahap pertama, minimal ada 12 SKS atau 9 mata kuliah yang bisa langsung e-learning melalui fasilitas internet. Semua fasilitas E-learning disediakan oleh PT Telkom termasuk modul housenya. Sehingga kampus-kampus tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengadaan alatnya.

Demikian dikatakan Ketua Umum APTIKOM Eko Indrajit seusai menandatangani MoU dengan PT Telkom di Hotel Goodway, Selasa (26/8). MOU ditandatangani oleh Eko Indrajit dengan GM Entreprise PT Telkom Paulus Fudy Eddi Janto disaksikan oleh wawako Ria Saptarika, DPD-RI Aida Ismeth, Asisten Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan Noraida Mochsen, Tony Wangdra, Adji Joyo dan GM Kandatel Rikep Mulyanta. Acara itu merupakan rangkaian dari Rakornas Asosiasi perguruan tinggi informatika dan komputer mulai 26-29 Agustus yang dibuka oleh Nuraida Mochsen.

Menurut Eko Indrajit, APTIKOM yang berdiri tahun 1993 dulu beranggotakan 8 kampus tapi saat ini sudah mencapai 720 universitas. Dari sejumlah kampus itu terdapat 1500 program studi dengan total mahasiswanya dari D1 hingga S3 mencapai 600.000 orang. “Rata-rata kelulusan ada 50 ribu alumni per tahun. Padahal Singapura bisa meluluskan 600 ribu per tahun,” kata Indrajit.

Dijelaskannya, Mendiknas telah meminta APTIKOM menjadi pilot project untuk menyelenggarakan E-learning diantara kampus provider dengan para user atau kampus yang telah terakreditasi prodinya oleh BAN. Ada empat bidang studi unggulan yang diharapkan oleh Mendiknas bisa mempercepat kemajuan teknologi Indonesia. Yaitu Informatika, Pariwisata, Maritim dan Kesehatan. “Dan September nanti mulai bisa tukar menukar SKS antarperguruan tinggi,” katanya.

Hadir dekan Fakultas Informatika dari Universitas Teknologi Malaysia Profesor Abdul Hanan yang juga telah menjalin kerja sama dengan APTIKOM untuk hal yang sama. Beberapa mata kuliah pilihan yang akan sharing antarperguruan tinggi antara lain IT Audit, IT Security, I-goverment, I-Commerce dan lain-lain. (wid)

One thought on “Seluruh Kampus APTIKOM Bisa Akses E-Learning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s