Jalan Rusak, Ria Minta Bersabar

Senin, 01 September 2008|07:53:48WIB
BATAM (BP) – Jalanan yang rusak di Kota Batam terus bertambah. Namun pemerintah belum mengambil tindakan apa-apa. Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika pun hanya meminta masyarakat menunggu dan bersabar.

“Kita minta masyarakat bersabar dulu,” kata Wawako Ria Saptarika di Sukajadi, Kamis lalu.
Sementara ini, lanjut Wawako, Pemko Batam sedang berkoordinasi dengan OB untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan. Kerusakan jalan yang terjadi, menurut Ria, terkait dengan drainase yang bermasalah di titik tertentu. Sehingga secara alamiah, lanjutnya, jika dirembesi air terjadi pengikisan aspal. “Jadi bukan karena aspal tidak berkualitas,” ujar Ria.
Kerusakan jalan yang terbilang parah dan sudah lama terjadi, salah satunya jalan Taman Baloi. Jalanan tersebut banyak dipenuhi lubang berukuran kecil hingga yang besar seperti kubangan. Akibat kerusakan itu, pengendara mesti hati-hati. Meluncur perlahan dan menghindari lubang.
Beberapa waktu lalu, perbaikan sementara sudah dilakukan di jalan itu. Lubang-lubang ditutupi dengan tanah. Namun tidak bertahan lama. Saat hujan turun tanah yang bercampur air menjadi lumpur dan muncul kubangan. (uma)

4 thoughts on “Jalan Rusak, Ria Minta Bersabar

  1. Yth. Pak Ria,

    Permaslahan klasik ini jangan lama-lama ditunda, langsung harus ada penyelesaian dalam perbaikannya mengingat jalan merupakan fasilitas publik. Ingatlah ketika Sayyidina Umar R.A. mengatakan jangan sampai ada keledai pun yang terperosok selama Umar memerintah. Apalagi kerusakan jalan-jalan tersebut sudah cukup lama. Segera buktikan bahwa kader PKS memang rahmatan lil alamin.

    Wassalam,

    Solichun
    Brigadir Jenderal TNI
    ———
    Pak Brigadir Jenderal Solichun yang saya banggakan, Assalammu ‘alaikum wrwb.
    Terimkasih atas kunjungannya & tausiah nya yg sangat mengena.
    Saya sangat senang menerima tausiah ini, lembut tapi sangat tegas dan mengena!

    Insya Allah Pemko Batam mulai tahun ini sebenarnya sudah menganggarkan Pekerjaan Perbaikan jalan secara multy Years, artinya dalam rangka untuk mennanggulaingi permasalahan-permasalahan jalan tersebut dilakukakanlah pekerjaan sekaligus di satu anggaran (Multy Years), tapi mengcover hampir seluruh pekerjaan jalan di Batam didalam satu pogram, artinya ini dilakukan untuk menagani permasalahan tersebut secara segera dan menyeluruh.

    Jadi kami dengan berat hati juga meminta agar kita dapat sedikit menunggu karena Pemko memang mau tidak mau harus mengikuti prosedur yg ada secara benar… hal inilah yg mengesankan lambatnya proses itu… padahal di satu sisi kita serius dengan bahkan menggunakan sistem Multy Years dimaksud.

    Demikianlah semoga penjelasan ini bermanfaat & sekali lagi terimakasih atas kepedulian Bapak Solichun.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Hi Pak Ria,

    Saya sangat senang bapak telah reply saya lewat alamat blog saya. Saya sangat senang juga ada pejabat pemerintah yang langsung memberikan wadah bagi masyarakatnya untuk dapat berkomunika ataupun memberikan masukan2 melalui IT, ya kita juga maklumi kalau untuk dapat bertatap muka langsung mungking waktu dan tempatnya terbatas, jadi bisa lewat IT.

    Menanggapi jalanan rusak terutama di daerah Taman Baloi itu, ya sangat mengkhawatirkan sekali bagi pengguna jalan, bisa mengakibatkan kecelakaan ataupun menambah biaya perawatan kendaran jikan kita sering melewati jalan yang rusak, ya gak pak.

    Sepertinya perbaikan2 jalan di Batam ini setengah2, maksudnya kalau sudah parah tidah bisa diperbaiki hanya dengan menutupi lubang2 saja, tp mesti dibnkar dan dilakukan perkerasan jalan yang sesuai dengan kelasnya kemudian dilakukan pengaspalan baru atau dibeton.

    Setelah itu juga mesti ada pihak konsultan yang melakukan pemeriksaan dan pengawasan hasil pekerjaan kontraktor.

    Terus terang Pak saya sering merasah malu sebagai warga Batam yang notabene dikenal sebagai kota yang mau menuju skala kota metropolis kalau bawa customer saya / tamu2 saya dari luar melewati jalanan yang rusak.

    Mudah2 an pihak pemko dapat melakukan perbaikan jalan di titik2 yang rawan secepatnya.

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Wassalam

    Pa’ Burhan (warga Batu Aji / karyawan swasta)
    ——–
    Pak Burhan, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimaksih atas masukan dan kepeduliannya…
    Kami juga ikut merasakan apa yg dirasakan oleh masyarakat, silahkan lihat jawaban sy pada comment Bapak Brigadir Jendral Solichun, pada posting ini juga.

    Sempga berkenan dan Terimakish sekali lagi atas kepedulian dan perhatiannya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. g sampai SIBUTA BUTAR, jalan rontok and nyaris POLTAK, jumlah jalan rusak sudah PANGARIBUAN, anak anak nangis MARPAUNG-PAUNG, otak sudah SITUMPUL. tapi kita masih diminta sabar SITORUS, jangan putus HARAHAP kata pa Wakil Walikota, mintalah PARLINDUNGAN supaya BONAR-BONAR di aspal. BUTETTTT dah….

    BUJUG BUNENG
    ———–
    Ternyata anda memiliki sens of humor yg baik.
    Salam kompak selalu.
    Ria

  4. Ass.

    Pak Ria…
    Duh… sampai bingung mau mulai dari mana.
    Karna saya bisa tebak jawabannya.

    Jalan arah Piayu, depan Perumahan Nusa Indah.
    Berlubang sampai depan SMP. Pintu 1 Bida Ayu.
    Udah sering diinformasikan ke aparat.

    (Maaf Pak. Jangan katakan lagi. Ini urusan Otorita.
    Atau belum di anggarkan dalam APBD).

    Capek kita mendengarkan alasan ini.
    Tapi ketika saya bayar pajak.
    Saya tak pernah katakan, itu urusan suami.
    Atau tunggu sampai saya punya uang tabungan.
    Capek… dan hati ini lelah…. pusing….
    dengan apa yang terjadi….
    ————
    Hi Linda, Terimakasih atas comment dan curhatnya.
    Any way, kalau jawaban itu sekedar lift service sy kira patut kita cuekin, atau sy bisa cari jawaban yg tidak sama dengan perkiraan anda di atas.

    Tapi apa yg hendak sy jelaskan adalah tentang mekanisme keuangan di Pemerintah:

    Perencanaan semua kegiatan pembangunan setiap tahun di Pemko Batam wajib hukumnya di muat di APBD, demikian pula artinya apabila apa yg sdh dianggarkan di APBD tapi tidak dilaksanakan maka ini juga sebuah indikasi lemahnya kinerja… Itulah yg biasa di sebut dengan Anggaran berbasis kinerja.

    Anggaran pemerintah tidak bisa dilakukan sesuka hati apabila tidak dianggarkan sebelumnya di APBD, maka kita tidak bisa melakukan apa-apa, ini memang terlihat aneh…. contohnya masak jalan berlobang dibiarkan saja berlobang, emangnya apa saja kerjaan pemerintah itu!… Nah itu dia kalau memang kejadian itu tidak ter-anggarkan melalui APBD maka jangan coba-coba kita membiayai seuatu pekerjaan…. tunggulah panggilan, Kepolisian, Kejaksaan atau malah KPK, karena itu namanya melanggar prosedur… apalagi dengan begitu gencarnya penegakan hukum akhir2 ini, ini makin membuat pihak kami tak berani melakukan kegiatan2 yg diluar prosedur semestinya.

    Sebenarnya untuk jalan berlobang semestinya dapat di pergunakan agaran pemeliharaan jalan, dan masalahnya kadang ketersediaan anggaran itu juga terbatas.

    Itulah sebabnya maka banyak jalan2 berlobang itu terpaksa tidak dikerjakan atau kerjakan dan berurusan dengan penegak hukum… itulah aturan kita yg memang sudah dari sononya dan berlaku di seluruh NKRI.

    So…. bersabarlah, setidaknya masih ada mekanisme perubahan APBD pada bulan juli semoga hal2 kecil itu dapat terakomodir.

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s