Safari Ramadhan Wawako ke Pulau Kasu

Jumat, 05 September 2008
Dari Perpustakaan Hingga Buku Bekas
Pulau Kasu – Wakil Walikota Ir Ria Saptarika berkunjung ke Pulau Kasu, Kecamatan Belakangpadang Rabu, (3/9). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi Ramadhan kepada masyarakat pulau tersebut.

Acara diawali dengan buka puasa dan Shalat Tarawih bersama di Masjid Al-Jihad Pulau Kasu. Ria Saptarika menerima beberapa orang perwakilan guru SD dan Madrasah Ibtidaiyah di Kasu.
Didampingi Camat Belakangpadang Drs Norfauzi dan Lurah Kasu Muslim, para pendidik tersebut menyampaikan aspirasi, yang intinya meminta Pemko Batam agar membangun perpustakaan desa di Pulau Kasu. “Selama ini anak-anak kami belajar, membaca dan mengerjakan tugas dengan sumber buku bacaan seadanya,” ujar Farida Sadri, Guru SD Kasu.

Harapan yang sama juga diungkapkan Mursal, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Pulau Kasu. Bedanya, Mursal berharap kepada seluruh pihak di kota agar berkenan menyalurkan bantuan bahan bacaan, khususnya bernuansa agama, baik baru maupun buku bekas. “Di sini minat baca anak kami tinggi tapi sayang mereka tak punya banyak bahan bacaan khususnya bacaan seperti cerita nabi. Kalau bisa cari, tolong bantu dan kirimkan kami pak,” sebut Mursal.

Ria Saptarika terharu atas pengakuan para guru di Kasu. Menyikapinya, Wawako berjanji segera mengkoordinasikan laporan yang diterimanya dengan instansi terkait. “Untuk langka awal, mulai saja dulu dengan fasilitas seadanya. Kantor lurah dan masjid (Al-Jihad) ini bisa dipakai menjadi pustaka desa sementara. Kendala lainnya, laporkan saja biar saya yang mencari jalan keluarnya,” sebut Wawako.

Lurah Pulau Kasu Muslim menyebutkan penduduk Kasu lebih kurang 800 KK. Sebagian besar warga saban hari mengandalkan hidupnya dengan mencari ikan di tengah laut. Pulau Kasu di Batam terkenal sebagai pulau penghasil ikan dingkis.

Di Pulau Kasu, lanjut Muslim, semua jenjang pendidikan sudah ada. Sayangnya, sarana belajar seperti buku di perpustakaan sekolah, belum memadai dibandingkan sekolah yang ada di kota atau Belakangpadang sekalipun. “Jangankan tempat jual buku, koran bekas saja susah kami cari,” sebut Muslim mengandaikan.

Silaturahmi Wakil Walikota ke Pulau Kasu juga dihadiri Deputi Wasdal (Pengawasan dan Pengendalian OB) Ir HM Prijanto. Berbeda dengan Wawako yang sudah tak terhitung datang ke Kasu, Prijanto mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya ke Pulau Kasu. “Jaman pak Ismeth ketua OB, Saya hanya diajak mengikuti Safari Ramadhan ke Selat Nenek, Pulau Panjang dan beberapa pulau lainnya. Kesan saya, potensi desa ini luar biasa. Selain dekat dengan Singapura, masakan ikannya sedap betul. Lain waktu, Saya akan ajak Pak Mus (Ketua OB) kemari lagi,” sebut Prijanto.
Rombongan Safari Ramadhan Wawako ke Pulau Kasu juga diikuti Kepala Inspektorat Daerah Kota Batam Drs Hartoyo Sirkoen, Kepala Perpustakaan dan Arsip Aunar Karimsu, Kabag Organisasi Amsakar Achmad dan Kepala Bagian Humas OB Joko Dwi Wiwoho. (sm/ik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s