Software KTP SIAK Bakal Diganti

Rabu, 10-09-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Untuk meningkatkan layanan pembuatan KTP SIAK, Pemko Batam berencana mengganti software yang saat ini dipakai. Selama ini, software tersebut sering rusak terutama saat lampu mati dan cuaca buruk.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Ria Saptarika kepada Tribun saat melakukan pencocokan dan meneliti (coklit) data pemilih peserta pemilu di kantor Kelurahan Tanjungpinggir, Selasa (9/9) sore.

“Belajar dari kendala-kendala yang dihadapi petugas di Kecamatan selama ini, kita (Pemko Batam, red) berencana hingga akhir tahun ini akan mengganti software komputer lama dengan yang baru,” ujar Ria Saptarika.

Dikatakan, kendala yang dimaksud tersebut antara lain mudah error (rusak, red) nya software komputer tersebut apabila listrik mendadak mati dan saat petir menyambar.

Tidak hanya itu, wireless yang selama ini digunakan juga direncanakan akan diganti Pemko Batam dengan jaringan yang memakai Speedy.

“Pada dasarnya software baru itu nanti hanya sebatas menyempurnakan software yang ada sekarang ini, ancang-ancangnya software tersebut nantinya bakal diprakarsai oleh Disduk bekerjasama dengan Depkominfo,” kata Ria menjelaskan.

Selain itu, saat pencarian data dengan membuka kembali file kependudukan berdasarkan KTP lama, software tersebut memakan waktu lama. Hal ini semakin menguatkan niat Pemko Batam untuk menggantinya.

“Petugas lebih suka mengentri data baru dari pada harus membuka data lama yang memakan waktu cukup lama, kita harap software baru nanti semakin memudahkan petugas saat membuka file-filenya kembali,” kata Ria lagi. Saat disinggung soal lamanya pembuatan KTP SIAK, Wawako kembali meminta masyarakat untuk bersabar.

“Dari laporan beberapa Kecamatan berkas KTP sudah berangsur surut bahkan di beberapa daerah seperti di Bengkong, Nongsa dan Hinterland, sudah clean (bersih, red) dari tumpukan data, kalau pembuatan KTP berbulan-bulan belum selesai, harap memaklumi. Saya mengharapkan petugas juga tidak lengah dan menyelesaikan tugasnya tersebut secepatnya,” pungkas Ria Saptarika.(yah)

12 thoughts on “Software KTP SIAK Bakal Diganti

  1. Wah ini langkah maju…
    Saya baru akan memperbaharui tahun depan jadi langsung SIAK, sekarang belum.
    Semoga bermanfaat bagi masyarakat
    ————
    Hi Abu Rifqi, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas apresiasinya… Insya Allah kita terus berbenah dan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan kinerja kami.

    Semoga nanti saat anda memperpanjang KTP baru, anda sudah menikmati fasilitas baru tersebut, Silahkan kontak saya bila anda menemui masalah.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Lha… Akhir tahun ya pak?
    Sedang ngebut dong yg bikin….😀
    ——–
    Iya tuh terpaksa di genjot terus tuh… semoga yg bikin baca ini biar tambah semangat ;D

    Thanks Mas Sihab.
    Wassalam
    Ria

  3. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam buat Pak Ria.
    Pertama kami salut atas kepedulian Bapak terhadap pelayanan publik terutama pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat.

    Namun kepedulian dan kebijakan kita tetap harus, mengacu kepada peraturan peundang-undangan yang berlaku di negara kita tercinta ini.

    Dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pada pasal 82 ayat (1) , (2) dan (3) dengan jelas telah diterangka bahwa pengelolaan administrasi kependudukan harus menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK ) yang dibuat oleh Pemerintah (DEPDAGRI), jika kita membuat aplikasi baru jelas bertentang, kecuali hanya berupa tools pelangkap untuk pengolahan data yang ada pada SIAK, itu harus sepengetahuan dan izin dari Pemerintah.

    Semoga masukan ini bermanfaat, tetap semangat membangun Administrasi Kependudukan di Batam.

    (DBA dari Aceh Barat, Prov. NAD)
    ——-
    Hi Pak Burhandi, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimkasih atas masukannya…
    Insya Allah kami masih menggunakan 100% SIAK Depdagri cuma menambah dan memperbaiki hal-hal yg perlu di perbaiki saja kok.

    Thanks & Wassalamn
    Ria

  4. @BURHANDI

    Masa sih begitu? Saya baca lagi di UU No 23 Th 2006 ga’ ada yg menyebut
    “harus menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK ) yang dibuat oleh Pemerintah (DEPDAGRI)”

    Mungkinkah di kepmen atau PP?
    ——–
    Iya Mas, Terimakasih atas tambahan infonya.
    Yg jelas 100% SIAK di Akomodir😉

    Thanks & WAssalam
    Ria

  5. dear,
    asalamualaikum,
    saya pembuat “katepe” resmi yang harus menunggu kurang lebih 3 bulan ini di Kecamatan sekupang (rata-rata 3 bulan bahkan ada yang lebih lama). Langsung cek saja ke lapangan. Jangan cuma obral janji saja pak !!.
    Akibatnya menjadi penghambat untuk semua proses yang membutuhkan id pengenal tersebut (untuk bepergian periksa katepe-Pelabuhan, bandara,dll). Untuk pemilu kita butuh katepe, untuk jalan-jalan butuh!, untuk nikah butuh !, untuk buat usaha butuh ! untuk kerja butuh !
    Bukankah kami di batam ini mengeluarkan uang untuk kehidupan. Yang di antaranya sebagai pajak bagi batam melalui banyak transaksi (transportasi, komunikasi,listrik, air, makan, dll)
    Bukankah identitas tersebut adalah hak warga negara ini ?.
    ——
    Hi Andre yg baik hati🙂
    Anda ternyata salah tangkap, kami tidak sedang kampaye atau obral janji.
    kami sedang bekerja dan bertungkus lumus menangani masalah KTP SIAK ini.

    Tunggu saja Insya Allah masalah ini akan clear dalam waktu dekat ini.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. katanya softwarenya tidak di berikan oleh pemerintah pada setiap kecamatan ya ?
    ——–
    Ya Software nya cukup satu di server terpusat di Sekretariat Daerah, kecamatan cukup mengaksesnya secara remote.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. aq Minta dong Program barunya bagi2 lah.
    ——-
    Hi Ilham,
    Program itu hanya untuk keperluan Pemerintah Daerah.
    Kalau anda berasal dari Pemda silahkan langsung berhubungan dengan Dirjen Adminduk di Departemen Dalam Negri.
    Wassalam
    Ria

  8. Dari penjelasan diatas, bahwa software yang lama memiliki kekurangan sering error waktu listrik mati, cuaca buruk dan wireless yang bukan speedy.

    Alasan itu adalah tidak tepat, sebab software tidak berkaitan sama sekali dengan hal2 diatas. Hal2 diatas semuanya merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi dimana software diinstal.

    Urusan cuaca buruk sehingga koneksi tidak bagus itu tidak berkaitan dengan software, tetapi hardware dan jenis koneksi (leased line/ VSAT) nya yang harus diganti.
    Gunakan jenis koneksi yang tidak terpengaruh oleh hal2 diatas.

    Urusan Mati Lampu bisa diatasi dengan UPS (uniteruptable Power System) teknologi ini sudah lama dipakai dan sudah banyak dipakai.

    Speedy tidak ada hubungan dengan wireless. Speedy adalah koneksi kabel langsung sedangkan wireless adalah koneksi nirkabel (tanpa kabel).

    Untuk software saya kira bisa di buat yang sederhana saja. Yang Paling Penting adalah keamanan dari sistem software itu sendiri. Sistem keamanan ini terpisah dengan pembuatan software. Yang diamankan adalah Jaringan komputer dimana software tersebut bermuara.

  9. assalam wr wb. saya warga jogja. Di jogja, hanya perlu waktu 2 HARI buat ktp, bukan berbulan2 tuk jadi ktp, itupun biayanya gratis asal g terlambat. kalo terlambat 16.000,- . lebih cepat dan lebih baik daripada yang digunakan di Jakarta. Silakan membuktikan sendiri ke jogja.🙂 Mungkn pemkot batam bisa studi banding dan belajar ke pemkot Yogyakarta agar layanan bisa lebih baik dan cepat. smoga bermanfaat saran dan kritiknya.

    Hidup Indonesia…

  10. saya membutuhkan program tersebut untuk menunjang kinerja di desa saya
    bagi dong programnya…..

  11. salam knal,,,,
    saya setuju dg pendapat Muhammad aswad, itulah bangsa kita selalu mencari kambing hitam.
    masak software disalahkan coz yg paling perlu kan hardware itu sendiri di upgrate apa tidak ?
    layanan masyarakat sangat penting, di tempat saya ngurus KTP 10 menit udah jadi masa yg lain tidak bisa
    ———
    Hi Pak Nashrudin,
    Terimakasiha atas kunjungan dan komentar di Blog sy.
    Sy setuju dan sependapat dgn anda, itu dulu… sekarang sudah cepat🙂

    Salam kompak selalu
    Ria

  12. apakah operator siak di daerah akan diangkat manjadi PNS?yang selama ini kami dapatkan cuma SK dari Bupati dan tidak ada tindak lanjutnya, bahkan terkesan di cuekin. . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s