Ngabuburit Sambil Browsing Internet

Selasa, 16 September 2008
BATAM (BP) – Menunggu waktu berbuka puasa atau biasa dikenal dengan istilah ngabuburit, berbagai cara dilakukan. Seperti yang dilakukan beberapa remaja yang sengaja datang ke Masjid Raya Batam. Mereka datang tidak hanya untuk menjalankan salat fardu, tapi sengaja datang untuk menunggu waktu berbuka dengan berinternet secara gratis menggunakan layanan hotspot yang ada dikawasan Masjid Raya Batam.
Fitria (15) dan Santi (16) dua siswa SMAN 1 ini, selama bulan Ramadan sengaja datang lebih awal dari jadwal salat Ashar ke Masjid Raya Batam Center. Padahal kedua remaja ini tinggal di Bengkong. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk browsing internet. Sebelumnya, kedua remaja ini sering memanfaatkan Taman Engku Putri untuk on line. Tapi sejak mengetahui di Masjid Raya ada fasilitas hotspot, kedua remaja ini lebih memilih Mssjid Raya.
Meskipun di taman Engku putri cukup nyaman dengan meja dan tempat duduk yang disediakan, sayangnya dilokasi tersebut tidak ada fasilitas tempat buang air kecil. “Kalaupun ada jauh, ke kantor Pemko dulu, kalau on line-nya siang hari, panas,” tambah Santi.
Hal ini tentu saja berbeda dengan suasana mesjid raya yang adem dan fasilitas tempat buang air yang memadai. Karena alasan itu juga kedua remaja ini hingga kini selalu on line di Mesjid Raya. Bahkan diakuinya selama puasa, jadwal mereka datang ke Mesjid Raya semakin sering. “Biasanya sih sebelum waktu salat Asar, sambil nunggu waktu salat surving dulu, jadi waktu nggak begitu terasa udah sore aja,” ungkap Santi.
Tidak hanya Fitri dan santi saja yang memanfaatkan fasilitas hotspot yang ada di Mesjid Raya ini. Suyud (39) bersama anaknya yang masih balita juga tambak asyik men-download permaianan dari internet. Diakui Suyud yang juga warga Bengkong ini, ia sudah mengetahui Mesjid Raya ada Hotspot sejak dari awal.

Karena itu ia sering membawa anaknya untuk sholat di Mesjid Raya yang kemudian dilanjutkan dengan surving internet. ‘’Tempatnya lebih adem, kalau habis sholat atau nunggu waktu sholat enak buat santai sambail on line dan ngajarkan anak dengan internet,” paparnya.
Bahkan seorang jamaah Mesjid Raya lainnya Halim (40) yang berprofesi sebagai marketing, mengaku sering memanfaatkan hotspot usai sholat di Mesjid Raya untuk keperluan pekerjaannya. ‘’Jadi nggak repot lagi, nyari internet atau tempat yang ada hotspotnya,” ungkapnya.
Diakui Edy Susanto, pentugas Sekretariat Mesjid Raya Batam, sejak empat bulan yang lalu, Mesjid Raya sudah dilengkapi fasilitas hotspot yang diberi Telkom secara cuma-cuma. Hanya saja, keberadaannya tidak dipublikasikan seperti halnya taman Engku Putri. ‘’Waktu mulai beroperasinya sama dengan Engku Putri, bahkan di Mesjid lebih dulu dua hari,” ungkapnya.
Meskipun selama ini keberadaan hotspot Mesjid Raya tidak diplublikasikan, tapi para jamaah mesjid sudah banyak yang mengetahui. ‘’Karena ini bukan sifatnya bisnis, promosinya dari mulut-ke mulut para jamaah saja yang memang memerlukan,” tambahnya. (dew)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s