Jet Singapura Awasi Pesawat RI

Sabtu, 20-09-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, bersama sedikitnya 80 orang siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ulil Albab Tiban berwisata Ramadan ke Bandara Hang Nadim Batam. Kegiatan spontan sebagai bagian pesantren kilat ini disambut antusias para pelajar ketika melihat dari dekat sembilan unit skuadron pembom udara, hawk 100 (double seat) hawk 200 (single seat) dan pesawat tempur F5 Tiger.

80 siswa dari berbagai kelas inipun tidak henti-henti memandangi bagian pesawat yang berbentuk bom. Bahkan, kepada para perwira TNI AU yang mendampingi para pelajar ini, menanyakan secara detail besar bom dan bentuk-bentuk bomnya. “Besar sekali bomnya om, kalau meledak gimana yang,”ujar Ade, satu diantara puluhan pelajar SD Uli Albab, Jumat (19/9).

Wisata Ramadan yang lakukan oleh Ria bertepatan akan ditutupnya Hari Pertahanan Udara Nasional (Hanutnas Latgab 2008, angkatan XXXI/Tituka.Ria disambut langsung oleh Komandan Lanud Tanjungpinang TNI AU Letkol Muhammad Tawakal Sidiq dan Skuadron Udara Arfan.

Latihan digelar sejak Selasa dan berakhir Jumat (19/9). Kesembilan pesawat tempur yang menjadi andalan TNI Angkatan Udara (AU) selama ini parkir di landasan pacu VVIP Bandara Hang Nadim.

Kendati tak diajak terbang ke udara, Komandan LANUD Tanjungpinang mempersilakan Wakil Wali Kota untuk menaiki Skuadron F4 Tiger TL-0113 (double seat), dan berpose layaknya seorang skuadron tempur ‘beneran’.

Bagi Ria hal tersebut merupakan pengalaman pertamanya berada dalam pesawat tempur jenis apapun. Wawako menceritakan ” Saya ingin sekali mengajak TNI AU bekerjasama mengambil foto udara Kota Batam di bawah awan,” tutur Ria kepada Danlanud.

Skuadron Udara Arfan menyebutkan, sebelum singgah ke Kepri khususnya Batam, kesembilan pesawat tempur yang ada di Hang Nadim ini stand by di Pontianak.

Ria menceritakan kembali, tentang suasana latihan gabungan TNI AU, AL dan AD yang didapat dari Letkol M Tawakal. Dijelaskan kalau pesawat yang naikinya, pernah dihadang oleh pesawat jet tempur Singapura, sewaktu latihan beberapa hari lalu. Terlihat, pihak militer Singapura merasa ketakutan dengan latihan yang digelar TNI AU. “Selama terbang di wilayah perbatasan, kita tidak menemukan hal-hal berarti. Cuma kami hanya diawasi secara paralel oleh pesawat tempur Singapura. Latgab ini berjalan aman dan lancar,” ujar Ria mengutip pernyataan Dan Lanud.

Sejak Bandara Hang Nadim dan sejumlah pulau di Batam menjadi tempat latihan tempur TNI, ada dari pihak pemerintah Singapura bertanya, dan tentu menunjukan rasa kecurigaanya. Sehingga, sempat terlontar masalah perjanjian kerjasama di bidang pengawasan radar. “Boleh saja bertanya, tapi semua adalah wewenang militer kita juga. Memang disepakati, untuk penerbangan di atas 3.000 FT kita memakai radar Singapura, dan dibawah ini kita pakai radar sendiri. Beruntung, pihak Singapura mengerti dengan sistem pertahanan negara kita,”ujar Ria lagi. (ded)

3 thoughts on “Jet Singapura Awasi Pesawat RI

  1. Sebagai negara tetangga menurut hemat saya wajar saja jiran kita tersebut senantiasa pasang mata dan telinga. Yang paling penting kita sebagai negara yang berdaulat juga harus terus meningkatkan kemampuan institusi perang kita sehingga selalu ready apabila diperlukan dalam rangka penegakan kedaulatan.
    ———
    Hi Mas Adi Wijaya, Assalammu’alaikum wrwb.
    Mantab! kami Rakyat Indonesia selalu siap sedia bila negara memanggil untuk membela Tanah Air ini.
    Insya Allah Bangsa Indonesia siap tempur dan tahan bantingan!

    Thanks & Wasalam
    Ria

  2. Seandainya Indonesia tak korupsi dan SDM teknologi-nya mantap, niscaya Singapura akan takut dan bergabung dengan Kepri hehehe…
    ———
    Setuju Pak Kolonel!
    Asal Keprinya malah mau menggabungkan diri hehe🙂

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Hi I love your post and it is so fabulous and I am definetly going to save it. One thing to say the Superb analysis this article has is trully remarkable.No one goes that extra mile these days? Bravo. Just one more tip you shouldget a Translator for your Global Readers !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s