Lelang Tender Sistem Online

Minggu, 28-09-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Pada tahun 2009, Pemko Batam akan menerapkan sistem online untuk pelelangan proyek-proyek. Dengan sistem online itu akan lebih mempermudah kinerja dinas dan mengurangi resiko para pejabat salah melangkah.

“Kita sudah bahas tadi, prinsipnya para SKPD siap mengimplementasikan ini. Khusus Dinas Pekerjaan Umum, kadisnya menyambut baik. Mereka siap untuk memulai tender dengan sistem online tahun depan,” kata Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, usai memimpin rapat dengan Kepala SKPD di Lantai V kantor Pemko Batam, Jumat (26/9).

Ria menyebut dengan sistem e-procurement atau tender sistem online, sangat membantu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan penyedia barang/jasa. Pejabat tidak dihantui rasa takut lagi karena sistem online bisa diketahui siapa saja. Dengan sistem ini proyek akan semakin transparan dan tidak ada yang ditutupi. Dinaspun akan bekerja lebih maksimal tanpa ada tekanan.

Sistem ini akan dimulai oleh Dinas PU dilanjutkan ke dinas-dinas lain sehingga penenderan proyek akan semakin terbuka. Kontraktor pun bisa memasukkan tawarannya sesuai dengan kemampuannya.

Rapat yang dilakukan di Lantai V kantor Pemko itu juga melakukan evaluasi kepada kadis-kadis. Pasalnya, Rabu (24/9), banyak Kepala SKPD tidak mengikuti paripurna pengesahan APBD Perubahan. Pada saat itu sidang terpaksa diskors selama 10 menit untuk menunggu para kadis datang.

Wakil Wali Kota mengatakan evaluasi ini salah satunya membahas ketidakhadiran sebagian kadis saat paripurna. “Kita akan tegas bagi kadis yang tidak datang tanpa memberi alasan yang jelas akan dikenakan sanksi berupa surat teguran. Ke depan, kita akan membuat master data tentatif kegiatan yang bisa diketahui semua Kadis, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kabag dan para camat. Dengan adanya master data tentatif itu tidak ada lagi alasan mereka tidak tahu kegiatan di Pemko,” kata Ria.

Dalam waktu yang bersamaan Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Batam melakukan sidak ke semua instansi untuk melihat kehadiran pegawai pemko. Agus Hartoyo, Kabid Pengendalian dan Penghargaan menyebut dari hasil sidak tidak ada yang absen, semua hadir kecuali yang sudah izin.

“Kita melihat relatif baik kehadiran pegawai di hari terakhir menjelang hari lebaran,” katanya seraya menyebut pada tanggal 6 Oktober pas hari pertama masuk kerja pihaknya kembali melakukan sidak.(hat)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s