Pemko Siapkan KTP Pakai Barcode

Rabu, 08 Oktober 2008

BATAM (BP) – Walaupun penerapan KTP berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Kota Batam, belum berjalan sempurna, Pemerintah Kota Batam kini berencana memberi tanda pengaman berupa kombinasi garis garis khusus (barcode) pada KTP dan kartu keluarga (KK).

Penggunaan barcode tersebut merupakan langkah konkrit setelah menerapkan program Menurut Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, pihaknya sudah berada pada tahapan pematangan penggunaan piranti-prianti sistem aplikasinya. Pihak yang dilibatkan tidak hanya Badan Kominfo, tetapi juga Disduk dan operator SIAK di tingkat kecamatan. Ria optimis, tahun 2009 semua kecamatan di mainland sudah bisa mengujicobakan sistem itu.

“Secara umum, sudah ready. Tinggal melakukan upaya perbaikan kualitas alat dan jaringan serta sosialisasi ke masyarakat saja,” ujar Ria kepada para camat, di Kantor Wali Kota Batam kemarin.
Ia mentarget, tahun 2009 nanti, program SIAK Plus ini sudah bisa jalan secara keseluruhan di sembilan wilayah kecamatan di mainland. Untuk tahap awal, sistem ini akan diujicobakan di dua kantor camat yaitu Kantor Camat Batuampar dan Nongsa. Sejauh ini, secara teknis dan non teknis baru di dua kecamatan ini bisa diterapkan sistem KTP dengan kode pengaman khusus tersebut.
Penggunaan barcode pada KTP dan KK SIAK yang dikeluarkan Pemko Batam, semula memang sudah dijanjikan Ria akan jalan akhir 2008. Namun karena keterbatasan anggaran, maka anggaran untuk pengadaan alat scan barcode ini ditunda hingga pembahasan APBD Murni 2009.
“Rencananya, tiap kecamatan punya dua alat scanner. Jika ini sudah berjalan, saya optimis takkan ada lagi KTP bodong di Batam,” ujar Ria.
Warga pun akan dimudahkan karena setiap berurusan dengan pemerintah, tak perlu repot lagi mengurus data pribadi karena database kependudukan Kota Batam. Data dalam sistem ini sudah bisa menjadi acuan. Jika ini sukses, tambah Ria, database kependudukan akan kita jadikan acuan memberikan kemudahan bagi warga mengurus berbagai izin dan transaksi bisnis dengan lembaga non pemerintah.
Untuk kesiapan awal, operator SIAK di Kecamatan Batuampar dan Nongsa diberi bekal khusus oleh Kominfo untuk menggunakan sistem aplikasi software SIAK plus barcode ini. Pembekalan tersebut dipandu dengan detil. Bahkan Ria sempat mendemonstrasikan cara penggunaan alat tersebut.
Untuk mencari data di mesin pencari database SIAK Batam, katanya, cukup ketik nama lengkap, atau nama depan, nama belakang, tengah dan tanggal lahir saja. Setelah itu tunggu saja komputer bekerja. “Insya Allah dalam hitungan detik, semua informasi yang ada pada database segera keluar. Kecuali bagi yang belum terdata,” katanya.
Saat ini, sudah lebih 450 ribu nama yang ada dalam database Kota Batam. Dan sistem database SIAK tersebut sudah bersih dari nama warga yang dobel. (ary)

10 thoughts on “Pemko Siapkan KTP Pakai Barcode

  1. assalamaualaikum

    Kebetulan sy menjadi Ketua RT…

    Proses pembuatan KTP saat ini masih juga lambat, beberapa warga saya di janjikan selesai antara 1-2 bulan untuk KK nya…

    Kemudian masih juga ada praktek per-caloan di kantor Kelurahan Mangsang Kec. Sei Beduk….
    jadi modus operandi nya… alasan minta uang sekedar nya…

    Sy tidak bisa memberi bukti apa-apa karena semua itu laporan dari warga yg sering minta surat pengantar untuk membuat KTP…

    Trus … masih juga bisa nembak… KTP dengan biaya kisaran dari 100-150RB… kalo dilihat… KTP nya.. photo tersebut hanya di scan dari Photo yg di serahkan oleh pemohon… padahal yg kita tahu… photo nya adalah langsung dilakukan di kecamatan…. πŸ˜•

    Trus… sewaktu dana insentif untuk ketua RT sebesar 750rb turun di bagikan… kantor kelurahan juga minta sumbangan untuk acara 17 Agustus sebesar 50rb… hmmm… kalo jaman dulu… main potong.. kalo jaman sekarang.. dengan alasan sumbangan suka rela…
    Sy memberi info ini bukan karena kekurangan uang… sebab alhamdullillah Allah SWT memberi rejeki berlebihan..pada keluarga saya…
    cuman… capek deh… pemerintahan dari dulu sampe skr tidak pernah ada perubahan berarti… bahkan sebuah system pun masih bisa di permainkan….

    Trus… pagi ini… ketua RT sebelah saya juga menikahkan anak nya di Kantor KUA dekat Lapangan sepak bola Pancur…
    lah ternyata pegawai nya belum pada di Kantor… dan Penghulu nya juga tidak ada… walah… tobat deh pak… sampe jam 11.25 pagi ini… sy terima SMS dari tetangga yg turut menjaid saksi pernikahan tsb…

    masih banyak lagi… yg tidak benar… tapi sy juga sudah capek.. terima keluhan warga yg di sampekan ke RT….

    Trus… Sampah juga tidak di ambil sejak sebelum puasa..
    Kemaren sy telpon langsung petugas nya dan esok nya baru di angkat..
    sempat saya tanyain sopir mobil sampah… kenapa kok gak diambil sampah nya? mereka jawab.. kami capek dan nggak kuat pak… bulan kemaren aja gaji nya belum di bayar… … gubrak… apakah semua orang di negeri udah gak ada lagi yg ber-moral… kok seluruh tatanan pemerintahan… berantakan …..

    Masih banyak lagi pak…yg mau di omongin… tapi.. takut lah… malah entar jadi cenderung ke mudharat…nya…

    Mohon Maaf… kalo menyinggung pak Ria…

    Salam

  2. Setelah menunggu lebih dari 3 bulan semenjak berkas KTP dinyatakan lengkap, dilanjutkan foto, baru KTP saya, istri dan adik siap. Sayang kertas yg dipakai utk KTP tsb adalah kertas murahan, tipis, tidak mengkilat dan fotonyanya pun kabur. Utk KK kata petugas di kantor camat Sekupang, harus menunggu lagi sekitar 2 bulan, kalau memang kerjanya pegawai Disduk bisa cepat. Tapi biasanya sifat pegawai Negeri kita, kalau ndak duit pelicinnya, jadi lambat urusannya. Kapan negeri ini akan berish dari KKN??
    ——–
    Hehe… πŸ™‚
    Hi Pak Edi, Assalammu’alaikum…. Sabar Pak, πŸ™‚
    Insya Allah akami terus berusaha memperbaiki baik hardware, Software maupun SDM nya.
    Allahmdulillah sudah banyak kemajuan, setidaknya 4 kecamatan di Batam ini sudah clear dari tumpukan… walaupun Sekupang merupakan yg paling tertinggal dari kinerja KTP yg ada.

    Tapi karena mereka sekarang dalam pengawasan ketat kami semoga dapat sgr di push terus.
    Just Info, dalam waktu dekat ini kami akan meluncurkan program (software) yg lebih baik dari sebelumnya… Bantu do’a nya Pak!

    Wassalam
    Ria

  3. Pak Ria,
    Ini sebuah terobosan yang bagus apa bila benar-benar terealisir, hal ini untuk mempermudah dalam pengurusan segala sesuatunya karena data-data kita nanti di simpan dalam suatu data base. Namun seiring dengan penerapan nya nanti perlu di perhatikan beberapa hal, baik sarana maupun prasarananya dalam mengoperasikan nya, seperti SDM yang mengoperasikannya, perawatan dan perbaikan alat nya, karena secanggih apa pun tanpa didukung sumber daya yang menguasainya dan tanpa di lakukan perawatan atau preventive maintenance nya hal ini akan sia-sia. Semoga terobosan yang Bpk Ria Ambil mendapat dukungan dari semua pihak,

    Salam
    Joni
    ———
    Hi Pak Joni, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas nasihat dan dukungan yg tak hentinya… Insya Allah ini menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu memperbaiki diri dan berbenah.

    Semoga Awal November ini sudah dapat kami luncurkan… maju dua bulan sebagaimana target sebelumnya. Alhamdulillah berkat do;a dan dorongan bapak=bapak warga Kota Batam sekalian.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. kalo kami ( Pemkab) Muara Enim (sumsel) studibanding ke Batam boleh ga’
    ——–
    Hi Pak Budiwarman, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kunjugannya.
    Silahkan Pak!
    Tapi saya usulkan sebaiknya dibulan November, sebab saat ini kami sedang melakukan pembenahan sistem itu.

    Demikian, Thanks & Wassalam
    Ria

  5. KTP SIAK yg sekarang aja belum beres kok mau ditambah-tambah lagi. Coba anda perhatikan bgmn jika pembuatan KTP sampai 4 bulan belum selesai, apakah org yg sedang menganggur dan mau kerja juga harus nunggu KTP siap..Preparenya mukin yg kurang sebelum system ini diimplementasikan…
    ——-
    Hi Pak Harjo, Terimakasih atas kunjungan dan kritakan yg membangun ini.
    Justru penerapan barcode ini adalah bagian dan fasilitas (features) dari solusi yg kami tengah siapkan dalam menangani permasalah-permasalah pembuatan KTP yg ada selama ini.

    Seperti komitment kami akan segera melaunching ini pada akhir tahun, ini bahkan telah dipercepat dua bulan dari target semula… anda bisa meliaht history dari permasalah2 KTP selama ini yg kami tangani:

    http://www.riasaptarika.com/index.php/category/siak-kependudukan/
    http://www.riasaptarika.com/index.php/tag/siak/

  6. Assalamualikum Wr. Wbrkth,

    Ijin Mau nanya aja pak, Apa benar KTP itu selesainya dari 40 sampai 60 Hari. Kebetulan saya berada di wilayah sekupang.
    udah 53 hari nih, koq belum selesai juga.

    Mohon petunjuk pak!

    Wassalam,

    Fastabiqul Khairat
    ———
    Hi Abu Zidan, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kesabaran anda, padahal anda pantas kecewa dan marah-marah karena itu…

    Apapun alasannya permasalahan diatas memang sulit diterima & sejauh ini Kec.Sekupang menjadai kecamatan yg tertinggal dalam penyesaian masalah KTP ini.

    Suatu hari tgl 22 okt 2008 saya sidak, didepan mata saya langsung saya menyaksikan saat seorang warga kecamatan sekupang menanyakan kepada petugas kecamatan, sambil menunjukkan bukti/resi/formulir pembuatan/perpanjangan KTP kepada petugas counter…
    Berikut percakapan mereka:
    Petugas:…Maaf Pak KTP belum selesai
    Warga: kapan selesainya
    Petugas: Maaf Pak tidak bisa dipastikan…

    Seketika itu sy dapat mersakan betapa kecewanya warga tsb, bukan saja karena tidak mendapatkan KTP nya, tapi juga sebuah ketidak pastian yg memutuskan harapan.

    Akhirnya saat itu saya memerintahkan Camat untuk membuat Log Book yg dapat dijadikan rujukan petugas untuk mengetahui status KTP yg diurus warga tersebut.

    Misal:
    – KTP belum di entri
    – KTP Sudah dientri
    – KTP Sudah dicetak menunggu paraf Camat
    – KTP dipending karena persyaratan tak lengkap.
    – KTP di pending karena ada ketidak cocokan dokumen dengan data di server.

    Demikian seterusnya sehinggaa masyarakat dapat mengira kapan KTP mereka selesai.

    Permasalahan lain kadang karena tidak ada no.tel/HP yg di sertakan pemilik KTP tsb sehingga bila pengurus mau mengkonfirmasikan hal tertentu tak bisa dan akhirnya tertumpuk sehingga menjadi masalah yg terus menerus menumpuk dan terpending selamanya karena tumpukan KTP yg baru masuk perlu ditangani juga.

    Saat ini permasalah hal seperti diatas sedang dan terus kami push untuk diselesaikan, sejauh ini sudah tampak kemajuannya.

    Sebagai kabar gembira adalah, bahwa pada akhir tahun ini atau secepatnya bulan depan, kita sudah menyiapkan software dan hardware baru sehingga masalah2 diatas dapat ditangani dengan mudah.

    Demikian semoga maklum adanya
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. saya mendukung pak dengan adanya ktp ber barcode itu…software nya dari mti ya pak ?? tapi pembuatan ktp baru apakan akan selama yang seperti sedang saya urus ini pak..
    mengenai info bapak yang kemarin kirim ke email saya setelah saya check ke kantor kelurahan datanya semua valid seperti yang saya berikan..
    apakah yang salah data entry nya ya pak
    wassalam
    ———
    Insya Allah dengan software yg baru akan lebih cepat lagi, barcode merupakan salah satu feature dari software baru tsb… yg penting adalah kecepatan dan kehandalannya yg lebih baik.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s