Pasar Induk Mulai Lapuk

Minggu, 2008 Oktober 19
Pasar Induk Mulai Lapuk

Pasar Induk Jodoh sejak dibangun hingga saat ini belum bisa diandalkan. Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Dinas Pasar Kota Batam kembali melakukan kajian terhadap keberadaan potensi pasar pemerintah yang dikelola oleh PT Golden Tirta Asia (GTA). Namun, hasil kajian, terhadap GTA yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu belum diumumkan pemerintah.
Pantauan Batam News, Minggu (12/10), kondisi Pasar Induk Jodoh itu sudah sangat memprihatinkan. Atap bangunan pasar itu sudah banyak yang lepas. Begitu juga bangunanya, yang terlihat sudah banyak yang retak.
Hanya, beberapa pedagang saja yang masih bertahan berjualan di pasar yang dibagun dengan APBD itu. Rata-rata para pedagang, menjadikan pasar induk sebagai gudang atau tempat peyimpanan barang dagangnya dan bukan untuk tempat berjualan.

Hermanto (35), salah satu pedagang, yang sudah lama bertahan di Pasar Induk, menjelaskan dulunya, potensi pasar ini sangat besar, karena sudah dibangun dermaga beton di belakang Pasar Induk. Namun, apa yang diharapkan pedagang, bertolak belakang dengan kenyataan, karena lokasinya sangat dangkal, hingga tidak ada kapal yang membongkar muatan di dermaga itu.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika sangat optimis dengan Pasar Induk Jodoh. Ria saat baru terpiluh jadi wakil wali kota dulu menilai keberadaan dermaga beton yang berada persis di belakang Pasar Induk, akan menjadi faktor utama kemudahan bongkar muat barang-barang komoditi yang dibutuhkan para pedagang di Pasar Induk Jodoh.

Namun, kenyataannya keberadaan dermaga beton dan pasar induk, hanya tinggal kenangan bagi ketidak seriusan pemerintah mengembangkan Pasar Induk, sudah menelan anggaran yang sangat besar.(Batam New)

One thought on “Pasar Induk Mulai Lapuk

  1. Bertahun tahun saya melihat pasar induk sangat mubazir..padahal pembangunannya memakan biaya yang tidak sedikit..bermilyar milyar..
    Padahal dulu ketika masih dalam proses pembangunan, setiap lewat saya fikir bangunan itu adalah Hotel atau resort..e alah.. ternyata bikin pasar induk..
    Dari pada terbengkalai, bagusnya dijadikan sekolah saja pak.. di Batam kan masih kekurangan sekolah, bagusnya dimanfaatkan saja bangunan itu.
    Sayang dianggurin..
    Salam
    ———
    Wah ini ide brilliant nih!🙂
    Boleh juga di wacanakan.

    Terimaksih atas masukannya nampaknya pemikiran alternatif seperti ini boleh juga diterapkan.

    Thanks Atas masukannya Mba’ Dewi.
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s