Belajar ke Surabaya dan Jakarta

Senin, 20 Oktober 2008

Persiapan Pemko untuk Lelang Secara Online

BATAM (BP) – Rencana Pemko Batam menerapkan lelang secara online semakin mantap. Pekan lalu, selama tiga hari rombongan Pemko yang dipimpin Wakil Wali Kota Ria Saptarika berkunjung ke Surabaya dan Jakarta sebagai persiapan melaksanakan lelang online tersebut.
“Sebagai langkah awal, kami akan membentuk unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Rencana ini hasil kunjungan kami ke Surabaya dan Jakarta,” kata Ria Saptarika.
Penerapan lelang online di Pemko agar setiap tender pengadaan barang dan jasa di Pemko transparan. Sistem ini akan mulai diterapkan pada pelaksanaan APBD Batam 2009, sekitar Maret tahun depan.
Selama tiga hari kunker, rombongan Ria berkunjung ke Pemko Surabaya, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta dan dan Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Jakarta.
“Hasil kunjungan kami itu akan saya laporkan dulu ke Pak Wali sebagai bahan beliau sebelum melahirkan beberapa instrumen hukum terkait pelaksanaan lelang online ini,” ujarnya. Ria menyebut instrumen itu seperti Peraturan Walikota Batam tentang Pedoman E-Procurement, Surat Edaran tentang Keharusan Memakai E-Procurement di Lingkungan Pemko Batam, dan Surat Keputusan Penunjukan Personil LPSE Pemko Batam.
Sebelum dilaksanakan tahun depan, kata Ria, ia akan menyiapkan delapan langkah. Yaitu mengajukan proposal program ke LKPP/Bappenas, survey dan identifikasi kesiapan SDM, pembentukan tim operasional (LPSE), pengadaan dan instalasi hardware, training tim LPSE, sosialisasi dan training PPK, panitia dan vendor/rekanan, dan terakhir lelang perdana.
“LKPP siap memberikan bantuan dan pembinaan kepada kita untuk menerapkan pelelangan secara elektronik melalui LPSE Pemko Batam. Mulai dari tahap persiapan awal sampai dengan persiapan pelelangan perdana secara elektronik,” sebut Ria Saptarika.
Seperti diberitakan, keinginan Pemko Batam menerapkan tender online itu juga dipicu sebagai upaya menghilangkan ketakutan pejabat untuk melakukan proyek di lingkungan Pemko Batam. Rencananya, sistem ini akan dimulai di Dinas Pekerjaan Umum. (med)

One thought on “Belajar ke Surabaya dan Jakarta

  1. bagus idenya. Paling ngga bisa lebih agak terbuka.
    ———
    Hi Mas Tiggis, thanks atas supportnya.
    Insya Allah ini akan menjadi concern berikutnya bagi kami setelah penanganan masalah KTP SIAK.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s