Pemko Segera Terapkan Tender Online

Pemko Segera Terapkan Tender Online
Senin, 20 Oktober 2008
Unit LPSE Telah Dibentuk
Batam Centre – Terhitung Maret 2009, Pemko Batam akan menerapkan sistem online dalam pelelangan (tender) semua jenis pekerjaan pengadaan barang dan jasa. Sebagai langkah awal, telah dibentuk unit layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kota Batam serta E-Procurement.

Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri mengatakan, penerapan sistem pelelangan lewat internet dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan sistem kerja yang transparan pada setiap pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemko Batam. “Dengan penerapan sistem ini, setiap pengadaan barang dan jasa pemerintah, hasil lelang pekerjaannya tidak akan diragukan lagi,” katanya.

Menurut Yusfa, keputusan penerapan kebijakan tersebut tetap mengacu kepada aturan yang ada. Misalnya, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2007, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003.
Disebutkan, keinginan untuk membuat unit LPSE ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan tim Pemko Batam yang dipimpin lansung oleh Wakil Walikota Batam Ria Saptarika ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dan Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Jakarta pada tanggal 13-15 Oktober 2008 lalu. “Kini Pemko Batam segera merealisasikan pembentukan unit layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kota Batam dan Pelaksanaan E-Procurement,” jelasnya.

Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika yang dikonfirmasi, Sabtu (18/10) mengungkapkan rencana penerapan sistem lelang online sudah final. Ia juga akan melaporkan hasil kunjungannya ke Surabaya dan Jakarta kepada Walikota Ahmad Dahlan. Dikatakan, laporan tersebut akan dijadikan bahan untuk melahirkan beberapa instrumen hukum utama seperti Peraturan Walikota Batam tentang Pedoman E-Procurement, Surat Edaran Tentang Keharusan Memakai E-Procurement di Lingkungan Pemko Batam, dan Surat Keputusan Penunjukan Personil LPSE Pemko Batam.

“Langkah-langkah pembentukan Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan E-Procurement Pemko Batam ini sudah saya siapkan. Termasuk time schedule pembentukannya. Saya menargetkan, awal maret 2009 sudah berlangsung lelang perdana di internet,” ujarnya.

Sebelum Maret, secara marathon akan dipersiapkan 8 hal meliputi pengajuan proposal program ke LKPP/Bappenas, Survey dan Identifikasi Kesiapan SDM, Pembentukan Tim Operasional (LPSE), Pengadaan dan Instalasi Hardware, Training Tim LPSE, Sosialisasi dan Training PPK, Panitia dan Vendor/Rekanan, dan terakhir lelang perdana. Dijelaskan, LKPP merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang mempunyai tugas mengembangkan serta merumuskan kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah, termasuk pengadaan badan usaha dalam rangka kerjasama Pemerintah dengan badan usaha berdasarkan Perpres Nomor 106 Tahun 2007. “Mereka (LKPP) siap memberikan bantuan dan pembinaan kepada kita untuk menerapkan pelelangan secara elektronik melalui LPSE Pemkot Batam. Bantuan yang diberikan dimulai dari tahap persiapan awal sampai dengan persiapan pelelangan perdana secara elektronik,” sebut Ria.

Menurut Ria, pada rapat koordinasi (Rakor) di Pemko Batam pada pertengahan September 2008, telah disepakati bahwa dengan penerapan sistem e-procurement atau tender sistem online, sangat membantu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan penyedia barang/jasa. Pejabat tidak lagi dihantui rasa takut karena sistem online bisa diketahui siapa saja. Dengan sistem ini proyek akan semakin transparan dan tidak ada yang ditutupi.

Dinas pun akan bekerja lebih maksimal tanpa ada tekanan.

Rencananya, sistem ini akan dimulai di Dinas PU. Namun saat berkunjung ke Surabaya dan Jakarta, Ria malah mewajibkan Kepala Dinas PU Hari Roekanto, Kadis Tata Kota Ir Gintoyono, Kepala Badan Kominfo Muramis, Kabag Hukum Demi Hasfinul dan Kabag Program Setda Kota Batam Ismeth Djohar mengikuti kunjungan tersebut. “Kalau infrastruktur dan SDM kita benar-benar siap, maka tidak tertutup kemungkinan, Maret 2009, semua barang/jasa kita lelang secara terbuka,” demikian Ria Saptarika. (sm/an)

3 thoughts on “Pemko Segera Terapkan Tender Online

  1. bisa minta contoh SK pembentukan unit layanan pengadaan barang/jas Kota batam? saya juga disuruh bos ni pelajari kemungkinan pembentukan unit layanan di kabupaten kami.
    ——–
    Insya Allah,
    Silahkan lanyangkan email kepada kami.
    Wassalam
    Ria

  2. Ass.
    Dimana saya bisa access online tender itu Pak Wawako? Ada alamat URL nya? Terimakasih.

    Salam,
    Abu
    ———
    Hi Pak Abu Bakar, Assalammu’alaikum wrwb.
    Sementara lihat disini http://batam-eproc.or.id/, walaupun belum di launchingkan.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. mohon bisa dikirim contoh SK pembentukan unit layanan pengadaan, karena saya sedang belajar untuk membuat draft SK dimaksud.
    terma asih.
    ———-
    Hi Pak Agung,
    Silahkan email berikut ini:

    Alamat Kantor : UNIT LPSE KOTA BATAM KANTOR WALIKOTA BATAM LANTAI 1 Jalan Engku Putri , No 1 Batam Center Telp/ Fax : 0778 – 461027 / 0778 – 461027 Email : admin.lpse@batam-eproc.or.id Terima Kasih LPSE KOTA BATAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s