Maret 2009 Lelang Perdana Online

Selasa, 21-10-2008 | 00:00:00

BATAM,TRIBUN – Pemko Batam bersiap-siap menerapkan sistem online untuk pelelangan semua jenis pekerjaan dan pengadaan barang/jasa. Sistem ini akan dimulai bulan Maret 2009 mendatang. Persiapan ke arah itu kini tengah digesa termasuk mempersiapakan perangkat dan sumber daya manusia.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri, menyebut sistem online merupakan upaya pemerintah mempercepat sistem kerja yang transparan pada setiap pengadaan barang/jasa. Dengan sistem ini proyek akan semakin transparan dan tidak ada yang ditutupi. Dinas pun akan bekerja lebih maksimal tanpa ada tekanan.

Untuk mempersiapkan sistem online itu, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, tanggal 13- 15 Oktober lalu melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta, dan Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Penerapan kebijakan ini mengacu kepada aturan yang ada. Seperti, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2007, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003.

“Dengan dasar hukum yang sudah ada kita juga akan segera merealisasikan pembentukan unit layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dan Pelaksanaan E-Procurement. Langkah-langkah pembentukan Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan E-Procurement Pemko Batam sudah dipersiapkan,” jelas Yusfa, Senin (20/10).

Ria Saptarika mengungkapkan bahwa keinginan Pemko Batam menerapkan sistem lelang online sudah final. Hanya saja perlu didukung dengan instrumen hukum seperti Peraturan Wali Kota Batam tentang Pedoman E-Procurement, Surat Edaran Tentang Keharusan memakai E-Procurement di Lingkungan Pemko Batam, dan Surat Keputusan Penunjukan Personil LPSE Pemko Batam.

“Langkah-langka pembentukan Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan E-Procurement Pemko Batam ini sudah saya siapkan. Termasuk time schedule pembentukannya. Saya menargetkan awal Maret 2009 sudah dimulai lelang perdana di internet,” ujarnya.

Ria menyebut sebelum Maret, secara marathon dibawah koordinasinya akan menyiapkan delapan hal yaitu, mengajukan proposal program ke LKPP/Bappenas, Survey dan Identifikasi Kesiapan SDM, Pembentukan Tim Operasional (LPSE), Pengadaan dan Instalasi Hardware, Training Tim LPSE, Sosialisasi dan Training PPK, Panitia dan Vendor/Rekanan, dan terakhir lelang perdana.

LKPP satu-satunya lembaga Pemerintah yang mempunyai tugas mengembangkan dan merumuskan kebijakan pengadaan barang/jasa Pemerintah termasuk pengadaan badan usaha dalam rangka kerjasama Pemerintah dengan badan usaha berdasarkan Perpres Nomor 106 Tahun 2007.

“Mereka (LKPP) siap memberikan bantuan dan pembinaan kepada kita untuk menerapkan pelelangan secara elektronik melalui LPSE. Bantuan yang diberikan dimulai dari tahap persiapan sampai dengan pelelangan perdana secara elektronik,” katanya. (hat)

3 thoughts on “Maret 2009 Lelang Perdana Online

  1. mohon informasi secara online mengenai lelang khususnya pengadaan kendaraan roda empat / mini bus, ambulance, small bus, atau big bus.
    karena saya kebetulan bergerak di bidang karoseri mobil
    bisa langsung menghubungi di nomor
    031-71699667
    081-79365606
    ———-
    Hi Pak Rakhmat, terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya.
    Tunggu saja awal 2009 nanti🙂

    Wassalam
    Ria

  2. mohon informasi secara online mengenai lelang khususnya seni patung,relief,monumen diorama dan lukisan
    karena saya kebetulan bergerak di bidang Seni

    bisa langsung menghubungi di nomor

    081804008755
    0274- 372569
    ———
    Ini Numpang Iklan atau numpang Iklan???
    Ok dech untuk kali ini dan waktu terbatas di restui!

    Wassalam
    Ria

  3. mohon info: kami siap kerjasama dalam pengembangan sdm aparatur pemerintah (Character Building, ES-T/emotional self therapy 202,dll)
    call center 081320730654 TRUSTCO institute.
    ———-
    Hi Trustco,
    Terimakasih atas tawarannya, Insya Allah bila waktnya akan kami kontact.
    Salam hormat
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s