Ikan Kerapu Galang Siap Diekspor

Rabu, 22-10-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Setelah sembilan bulan benih ikan kerapu ditebarkan, akhirnya nelayan Pulau Mubut, Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, melakukan panen perdana. Ikan yang beratnya rata-rata 200 sampai 350 gram per ekor tersebut siap diekspor. Ikan tersebut akan diekspor dengan harga 20 Dolar Singapura per kilo.

Panen ikan kerapu milik kelompok nelayan Usaha Jaya tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota, Ir Ria Saptarika bersama sejumlah pejabat antara lain anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Irwansyah SE, Kadis KP2K Batam, Dra Suhartini, Kepala Bagian Humas Yusfa Hendri, Kepala Balai Budidaya Loka Batam, Syamsul Akbar, Kepala Balai Pengelolaan Agribisnis Otorita Batam, Tato Wahyu, dan lainnya.

Lokasi panen berada di dalam kawasan rehabilitasi dan pengelolaan Terumbu Karang Coremap II, Pulau Galang-Batam. Ketua Kelompok Nelayan Budidaya Usaha Jaya, Dul Rasyid, menyebutkan bermodalkan kekompakan dan kemauan untuk belajar mengubah nasib, dan mendapat support dari Dinas KP2K Kota Batam, Coremap II dan pihak Founding yakni Asean Development bank (ADB).

Kepala Dinas KP2K, Suhartini menyebutkan, lokasi budidaya ikan kerapu macan Pulau Mubud berada dalam kawasan perlindungan terumbu karang di Kota Batam, maka secara terintegrasi, kegiatan usaha budidaya yang dilakukan oleh Kelompok Budidaya Usaha Jaya, Pulau Mubud, juga disinkronkan dengan kegiatan pemberdayaan lainnya seperti pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas) pengawasan terumbu karang dan kegiatan industri rumah tangga seperti memproduksi kerupuk ikan, usaha kerajinan tangan, dan produksi ikan teri serta ikan asin.

Ir Ria Saptarika meminta Kadis KP2K Suhartini untuk mempertahankan program Coremap ini. Semua kegiatan asistensi yang dilakukan Coremap, langsung menyentuh kepentingan nelayan, tidak bertele-tele, langsung on action dilapangan.(hat)

Advertisements

2 thoughts on “Ikan Kerapu Galang Siap Diekspor

  1. wah berita gembira nih pak Ria. Apalagi di tengah kemungkinan PHK besar2xan industri elektronik yg lagi lesu krn krisis ekonomi dunia
    ———
    Hi Mas Tiggis, anda benar, sebenarnya potensi Batam untuk budidaya ikan kerapu ini sangat besar apalagi Provinsi Kepri ini memiliki 96% wilayahnya adalah laut.

    Mari kita sama-sama manfaat peluang itu… Insya Allah dalam waktu dekat ini kami juga akan melalukan pelatihan-pelatihan.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. YTH …
    Bapak Ria Saptarika
    bagaimana dengan perizinan untuk usaha ini pak wako. saya sangat tertarik dan sedang mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis ini pak Ria.

    Trims
    ———-
    Pak Herman,
    Datang saja ke Dinas KP2, kalau ada masalah boleh menghubungi sy via email
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s