November, KTP Barcode Diterapkan

Jumat, 24 Oktober 2008

BATAM (BP) – Mulai bulan depan, Pemko Batam akan mulai menerbitkan KTP dengan kode kombinasi garis-garis khusus (barcode). Selain barcode, KTP keluaran November dan seterusnya juga akan dilengkapi dengan kode kombinasi angka dan huruf (security code).
Dengan upaya ini, maka KTP yang dicetak di luar Batam dan KTP palsu, dapat dengan mudah diketahui. Pemko juga membekali staf kecamatan dan instansi terkait lainnya tentang cara membaca security code secara cepat.
“Security code ini akan bersifat dinamis sehingga sulit ditiru dan orang tidak akan menduga,” kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Bagi warga yang telah mengantongi KTP SIAK dan ingin agar KTP-nya dilengkapi kode-kode ini, dapat mendatangi kecamatan masing-masing untuk meminta agar KTP SIAK-nya di cetak ulang. “Kalau barcode, bisa dicetak ulang atau ditempelkan saja, karena barcode ini hanyalah simbolisasi dari NIK,” katanya.
Ria tak memungkiri kalau barcode ini bisa dibuat siapa saja dengan berpedoman pada NIK. Barcode ini, katanya, pada prinsipnya untuk memudahkan pembacaaan data, berbeda dengan security code yang memang bertujuan sebagai kode pengaman.
“Jika data kependudukan sudah online semua, termasuk ke instansi vertikal, pengurusan berbagai dokumen dapat dengan cepat dilakukan,” terang Ria.

Tidak Menumpuk
Ria mengatakan bahwa evaluasi sementara terhadap kinerja camat, khususnya dalam memberi pelayanan KTP, sudah cukup baik. Kalau pun ada berkas atau KTP yang menumpuk, semata-mata karena memang ada masalah di berkas tersebut. Bisa saja, kata Ria yang telah melakukan inspeksi mendadak ke Sekupang dan Dinas Kependudukan, syarat yang diminta tidak lengkap, jumlah anggota keluarga dalam KK dengan dalam database tidak sama dan masalah serupa lainnya.
“Saat ini, Sekupang saja sudah bisa mengerjakan pengurusan KTP yang masuk selama lima hari,” kata Ria.
Meski begitu, aduan yang masuk kepadanya masih belum berkurang. Namun ia yakin, aduan ini adalah aduan dari mereka yang berkasnya bermasalah. Staf kecamatan terlebih dulu mengerjakan berkas yang lengkap dan sama dengan data base.
Akibatnya, KTP yang diurus duluan tapi syaratnya tidak lengkap dan datanya berbeda, ditumpuk. Untuk itu, Ria menyarankan agar keamatan menyediakan buku besar yang memuat progres pembuatan KTP warga. “Jadi kalau ada yang bertanya KTP sudah selesai atau belum, bisa di cek sampai dimana perkembangannya,” saran Ria. (ary)

6 thoughts on “November, KTP Barcode Diterapkan

  1. siak saja saya belum punya, eh dah ada yg baru pakai barcode segala🙂
    btw nunggu ktp yg ada tempat naruh url blog ahhh
    ——–
    Buat donk, biar ngak gelap!
    Wassalam
    Ria

  2. programnya oke juga nih pak… cuma bakal makin mahal gak ya biayanya?🙂
    soalnye niy, perpanjang ktp biasa jadi siak aja saya udah habisnya hampir 150rb (urus sendiri non calo)…. hehehehe…ktp termuaaahal yg pernah saya bikin. di jogja aja keluarga saya bikin cm habis 5rb… kok di btm muahaaal ya…
    uniknya lagi di batam ini, tarif tiap kelurahan dan kecamatan beda2.. ada yg cukup 15rb, 25 rb, 30 rb, ada juga yg 50 rb, tapi ada juga yg gratis… weleh..weleh..(ini beneran lho pak) soalnya ktp saya masih dalam proses.
    O ya, selain ada tarif khusus yang diberi stempel lunas kalo bayar, masih ada juga biaya seiklasnya…hhmmmm…
    kalau boleh tau, sebenarnya berapa ya pak biaya untuk pengurusan perpanjangan ktp. Soalnya kan, semua berkas kita semua yang fotokopi dan siap2in…
    kalau bisa lebih murah kan masyarakat seperti saya ini juga yang senang…:)
    kata pemerintah, perpanjangan ktp gratis…(ini sesuai jawaban pemko selama saya menangani halaman hotline public service lho)…hehehehe…
    satu lagi pak… gimana kalo ada lomba kelurahan atau kecamatan teramah…(juri masyarakat lewat polling sms) hhhmmm…oke tuh. pasti nggak ada lagi pegawai yang cemberut melayani masyarakat, apalagi sambil main hp…
    soalnya, saya jadi phobia nih urus dokumen ke kantor lurah atau kecamatan…hiiii..serem….:)
    maaf ya pak… saya jadi curhat nih…
    ——–
    Hi Mama Neisha, Terimakasih atas kunjungan dan laporannya.
    Terimakasih juga karena ibu sangat apa adanya namun santun dalam menyampaikannya.

    Mengenai Program baru tsb,
    Justru hadirnya program itu untuk menjadi solusi dari permasalahan2 yg ada, contohnya seringnya terganggu oleh jaringan, lambatnya proses pembuatan tsb, sulitnya melakukan perubahan data dll.
    Sedangkan diterapkannya Barcode & Security code tersebut sebenarnya merupakan fitur tambahan yg menambah kehandalan Syste tersebut… kesimpulannya dengan program itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan beberapa kali lebih baik dari sebelumnya.

    Sedangkan biaya,
    Sejauh ini pungutan yg resmi dari pemko Batam adalah.
    1. Perpanjangan KTP adalah Gratis!!
    2. Pembuatan KTP Baru ada retribusi sebesar Rp.10.000, (Sepuluh Ribu Rupiah)
    3. Pembuatan KK Rp.5.000, (Lima Ribu Rupiah)

    Diluar itu maka itu tidak prosedural dan boleh di tolak.

    Ide Ibu tentang kompetisi Kelurahan, Bagus sekali saya sangat seuju, bahkan kalau mau membantu kami dalam bentuk konsep dan mekanismenya maka saya tunggu untuk membahasnya secara bersama-sama, agar dapat direalisasikan.

    Btw: Semoga dalam bulan November ini Pelayanan KTP ini akan bisa lebih baik lagi.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. ass…
    wah makasih banget Pak Ria atas responnya…
    Nggak nyangka cepet banget ‘laporan’ saya diberikan tanggapan. Padahal, bapak kan pasti sibuk banget dengan aktivitas sebagai wawako.
    dan kalo boleh saya menyimpulkan dari jawaban bapak, berarti saya telah menjadi korban pungli ya? (soalnya perpanjangan KTP kan semestinya gratis) :((
    tapi, ya memang salah saya juga kali ya… udah tau sejak dulu aturannya gratis kok masih mau bayar juga. hehehehe… (habis males kalo harus ‘ribut’ ama pegawai loket yang rata2 ibuk2.. malu dan pastinya takut makin ribet urusannya. padahal ujungnya ngeluh juga nih..)
    ya, mudah-mudahan pemko lebih tegas lagi dalam menyikapi masalah ini. karena bagi kami masyarakat pungli ini masalah yang sangat serius.
    misalnya memasang pemberitahuan biaya yang semestinya. Atau gimana kalo para pejabat menyamar jadi masyarakat biasa biar tahu kayak gimana susahnya urus dokumen di kelurahan dan kecamatan. (hhmmm…kalo ini sih kayak di film ya? :))
    untuk sementara cukup dulu masukan dari saya, mudah-mudahan bapak berkenan. Karena ini demi kebaikan kita bersama baik masyarakat maupun pemerintah…
    ———
    Hi Mama Neisha, Assalammu ‘alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukannya Insya Allah masukan ini akan menjadi perhatian bagi kami… Insya Allah berbarengan dengan perubahan2 yg ada kami juga akan melalukan perubahan lainya termasuk tentunya menerapkan penjelasan yg transparan tsb.

    Jangan bosan untuk memberikan masukan dan kritikan yg konstruktif bagi kami.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Assalamualaikum,
    Pengalaman saya, dengan syarat yg sangat-sangat lengkap saja perlu waktu 2 bulan baru jadi, itupun harus sampai marah2 di kecamatan segala, cuma anehnya…begitu saya marah kok dlm waktu 5 menit KTP sudah jadi.

    Mudah2an Bapak bisa merubah dan memperbaiki sikap mental mereka biar tambah professional dan tidak GAPTEK lagi. Saya melihat pemikiran Bapak sudah diatas Pentium Core 2 Duo, tetapi banyak staff dibawah Bapak rata2 (maaf) masih Pentium 2.

    Saya sangat yakin dan percaya, the next Batam pasti tambah OK dibawah kepemimpinan Bapak, karena sangat dekat dan care dengan warga Batam.

    Ada saran lagi Pak, kapan dibuatkan Taman Internet lagi ? setidaknya disekitar Sekupang atau Batuaji. Biar warga Bapak tidak Gaptek….

    BTW, terima kasih atas response Bapak dan kedekatan Bapak dengan kami warga Batam. Saya selalu dibelakang untuk menyuport Bapak.

    Wassalam

    BTW. untuk cari hiburan bisa liat di http://mylivechannel.blogspot.com

    :thumbsup:
    ———
    Hi Mas Arief Munandar, Assalammu’alaikum wrwb.
    Teriemakasih atas apresiasi dan laporannya.
    Insya Allah kami akan terus berusaha untuk memperbaiki kondisi yg ada secara bertahap, cepat dan pasti.
    Setidaknya akhir tahun 2008 ini akan banyak perubahan-perubahan yg berarti.

    Senang sekali mendapat dukungan dari masyarakat yg peduli yg selalu live🙂 sebab every thing is live http://mylivechannel.blogspot.com

    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak mungkin sebaiknya pejabat dilingkungan Kecamatan/kelurahan diberi buku panduan mekanisme & syarat pembuatan KTP secara rinci/detail dan diminta untuk mensosialisasikan ke bawahannya serta ditempel mekanisme & syarat pembuatan KTP tsb agar diketahui secara umum dan mungkin di blog Bapak ini juga ada (ech udah ada belum ya Pak !!!! / saya yg kurang teliti membaca artikel Bapak!!!!!)
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb
    ——-
    Hi Aris, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukannya Insya Allah sebenarnya sudah ada baik di Kecamatan maupun juga di Blog saya ini (anda bisa mencarinya melalui Tagging atau category KTP SIAK).

    Kalaupun begitu Insya Allah kami akan berusaha/sedang memperbaikinya.

    Salam hangat dari saya.
    Wassalam
    Ria

  6. Yth…
    Bapak Walikota Batam

    Jujur sy katakan, bahwasanya pd saat ini sy menjual barcode scanner dan barcode printer dan mungkin bapak bs membantu sy dlm kepemilikan u/ project pembuatan KTP di Batam.
    ———
    Hi Pak Fifiet,
    Silahkan kirimkan ke Kantor saya brosur dan spec product yg bapak miliki.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s