Pemondokan CJH Indonesia Makin Jauh

MAKASSAR, Upeks-Proyek perluasan halaman Masjidil Haram yang dilakukan Pemerintah Saudi Arabia seluas 300 ribu meter persegi membuat lokasi maktab/pemondokan jamaah Indonesia semakin jauh dari Masjidil Haram.

Sejumlah gedung dan hotel mulai digusur termasuk wilayah Pasar Seng dari sebelah utara sampai sebelah barat daya yaitu wilayah Gazzah, Raqubah (Pasar Seng), Gararah, Falaq Syamia dan Jabal Hindi.
Akibatnya, Indonesia telah melakukan antisipasi terhadap pondokan yang jauh dengan menyediakan hingga 600 bus untuk mengangkut jamaah dari maktab ke Masjidil Haram dan sebaliknya dari Masjdil Haram ke Maktab.
Untuk mempermudah koordinasi pengangkutan jamaah pemerintah telah menyiapkan 11 terminal saat jamaah berangkat dari pemondokan yang disebut terminal satu (1) hingga terminal sebelas (11). Sedangkan terminal kedatangan yang menjadi tempat keberangkatan jamaah di Masjidil Haram pemerintah menyiapkan tiga terminal masing-masing dinamai terminal A (Jiad Abraj Zamzam) yang melewati terowongan Jiad dari RS An Nur. Terminal B ( Gazzah) melewati terowongan Sulaimanah dan terminal C (Bab Malik) melewati terowongan Kudai.

Jangan Paksakan diri Shalat di Masjidil Haram,
Kepala Bidang Haji Kantor Wilayah Departemen Agama Sulsel, H Abduh Halid yang ditemui usai rapat pemantapan Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Sabtu (25/10) mengharapkan kepada mereka yang menunaikan ibadah haji untuk tidak memaksakan diri melaksanakan shalat lima waktu di Masjidil Haram. Pasalnya, kondisi saat ini sangat jauh berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pemondokan jamaah haji cukup jauh dari Masjidil Haram. Meski pemerintah telah menyiapkan bus angkutan selama berada di Mekkah.
“Jadi jangan terlalu memaksakan diri untuk bola-balik ke masjid. Kalau misalnya berangkat untuk shalat lohor, mungkin bisa sampai ashar dan bisa pulang atau sampai isya setelah itu pulang. Kalau tidak bisa turun shalat subuh tidak usah nanti kecapean. Atau besok berangkat menjelang magrib, hingga isya dan tinggal hingga subuh, bisa tidak turun saat lohor. Nanti jamaah bisa mengatur diri setiap saat meski ada kendaraan yang disiapkan, tapi jangan memaksakan diri,” paparnya.
Terkait dengan terminal yang disiapkan, pemerintah jamaah haji diminta agar tidak seenaknya naik bus karena telah ditentukan terminal berdasarkan lokasi maktabnya.
“Jamaah yang naik dari terminal di maktabnya harus turun di terminal yang sediakan tidak jauh dari Masjidil Haram. Saat pulang kembali ke terminal di mana dia turun. Tidak boleh naik di terminal lain. Jamaah harus memperhatikan bus yang ditumpangi saat berangkat dari maktab karena itu yang kembali dikendarai saat pulang,” jelasnya.
“Kalau dia turun di terminal A, jangan dia pulang naik di terminal Bat atau C, karena lain wilayahnya,” tambah Ketua Badan Pengelola Asrama Haji Sudiang ini.
—————
Berdasarkan data yang diperoleh Upeks, Maktab terdekat dari Masjidil Haram yakni Aziziah Syissah, 5 km sampai 3,5km.
Aziziah Syissah berjarak 2,5 km- 3,5km.
Aziziah Syimaliah (3 km-8 km).
Azizih Janubiah (3-7 km).
Aziziah Mahattbank (7-7,8 km)
Hijrah (4-6,5 km)
Sauqiah (3-7,5 km)
Ka’kiah (3-7 km)
Bakhutmah 2-3,5 km)
Khalidiah 2-3,5 km
Rusyaifah 3,5-5 km
Zahir 2,5-5 km
Nusha 2-7 km
Sittin, 3,5-5km
—————
Perluasan Masjidil Haram Makkah sendiri terbesar sepanjang sejarah di Kota Makkah dan Madinah. Proyek menelan biaya 6 miliar Riyal Saudi.
(Jabbar)

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=21082

One thought on “Pemondokan CJH Indonesia Makin Jauh

  1. Assalamualaikum,ww.
    Perluasan masjidil haram merupakan upaya kerajaan Arab Saudi didalam perbaikan infrastruktur untuk menampung jamaah haji yang semangkin tahun semakin banyak , tentu hal ini merupakan upaya pemerintah saudi didalam memperbaiki manajemen serta pelayanan, karena selama ini banyak jemaah ketika hendak sholat kemasjidil haram ternyata hanya bisa sholat di tengah jalan yang kurang layak untuk melakukan sholat, sedangkan mereka merupakan tamu-tamu allah yang hendak melaksanakan ibadah.
    Dengan adanya perubahan dan perkembangan masjidil haram ini hendaknya pemerintah RI juga perlu memikirkan upaya perbaikan terhadap sistim manajemen haji kita terutama tentang transportasi dan pemondokan jamaah, karena jika dilihat dari pembiayaan yang dikeluarkan oleh para jamaah kita untuk melaksanakan haji sangatlah mahal dibandingkan dengan negara-negara lain, apalagi dana yang mereka storkan dengan jadwal berangkat yang memakan waktu yang lama jika dana haji tersebut dikomersilkan oleh pemerintah RI berapa keuntungan yang diperoleh oleh pemerintah terhadap laba benevit dari dana haji tersebut, sungguh suatu hal yang kurang rasional jika jamaah datang ke-Mekah mengalami kesulitan dalam pelaksanaan ibadah, mereka hanya mengharapkan pahala dan magpirah allah dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah, mereka tidak meminta keuntungan materi yang telah mereka keluarkan, mereka ikhlas, tetapi janganlah keikhlas itu dimanfaatkan untuk kepentingan.
    Kenapa kita selalu kalah dengan negara-negara lain, padahal jika kita lihat dari sejarah, negara RI merupaka negara muslim terbesar Dunia yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan, sudah selayaknya jika kita mendapatkan prioritas sedikit lebih dari negara-negara lain walu dalam konsepnya islam itu adalah sama derajatnya disisi Tuhan.
    Negoisator pemerintah RI yang diamanahkan oleh para jamaah merupakan keharusan yang dilaksanakan secara ikhlas,jujur dan terbuka sangat diharapkan sekali oleh jamaah haji, karena belum ada ksejarahnya jamaah haji yang merugikan pemerintah secara materil, ataupun merugikan keuangan negara, berapapun yang ditentukan oleh pemerintah baiaya haji tetap dikeluarkan oleh jamaah, bahkan cendrung berlebih, untuk itu berikanlah sedikit perhatian terhadap jamaah haji kita, agar apa yang diharapkannya mendapat berkah dari Allah swt.
    Allahuakbar,….. kami turut men-do’akan semoga para pemimpin bangsa ini diberikan kekuatan iman dan kesehatan didalam melaksanakan amanah yang dititipkan oleh para jamaah haji kita. Amin….
    Wassalam, Trimakasih.
    ———
    Amiin…
    Assalammu’alaikum Pak Lamsur,
    Tulisan anda bagus sekali, akurat dan tajam, tulisan seperti ini baik dibaca semua orang karena sarat dengan informasi dan data.

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s