Maret, Tender Proyek Sudah Online

Jumat, 31 Oktober 2008
BATAM (BP) – Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Muramis mengatakan, Maret 2009, lelang dengan sistem online (e-procurement) sudah mulai diterapkan. Saat ini, anggaran untuk perangkat keras (hardware) dan lunak (software) sudah diusulkan.
Untuk pembelian peralatan dan penyewaan jaringan, sebut Muramis, diusulkan Rp800 juta. Sedangkan untuk software, didapat dari lembaga kebijakan pengadaan barang pemerintah (LKPP) Bappenas.

“Sistem ini akan berada di bawah bagian bina program dan untuk perangkat, akan berada dibawah tanggungjawab Kominfo,” kata Muramis.
Muramis menyebut, Batam bukan daerah pertama yang menerapkan sistem online dalam proses pelelangannya. Sudah ada 20 kota/kabupaten yang telah melaksanakan program lelang berbasis IT ini, misalnya Bandung dan Surabaya.
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, penerapan sistem ini, sekaligus menjadi upaya transparansi kegiatan lelang, terutama pada kegiatan pengadaan barang, bangunan, dan jasa Pemko Batam.

Dengan sistem ini, juga diharapkan tidak ada lagi ketakutan dalam menangani proses tender. Sejauh ini, baru Dinas PU saja yang menyatakan kesanggupannya. Namun diyakini, jika dinas PU yang padat proyek fisik saja menyanggupi, dinas lain tentunya jauh lebih sanggup.

Pasalnya, proyek fisik di dinas lain tak seberat yang ada di dinas PU. “Kita berharap sistem ini dapat memperkecil kesempatan oknum bermain dalam proses tender tidak sehat,” sebut Muramis. (ary)

6 thoughts on “Maret, Tender Proyek Sudah Online

  1. Ya, surabaya mungkin menjadi contoh bagus Pemko Batam, Implementasi eprocurement di tingkat pemerintahan daerah.

    Tapi namanya cari duit bisa aja kok main nakal di eproc ini.
    Namanya juga sama2 cari duit.
    Panitia lelang cari duit, contraktor pun cari duit.

    Jadi di samping sistemnya diubah, kadis2 nakal ditindak juga.
    ——
    Hi Mas Younan, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukannya… anda benar namun tentu kita dan kami khususnya tidak boleh apriori apalagi pesimis.
    Bahkan yg paling utama dari itu adalah komitment pimpinan teratas walaupun tentu termaksud semua turunannya komitmen semua pejabat yg terkait.

    Tapi kalau kita pesimis kita tidak pernah memulai, contoh masalah KTP ini, kalau kami mengalah dan menyerah… mungkin baru 1 bulan di terapkan sudah tutup, lihat hiytory ini dan disini

    Disinikah mestinya masyarakat perlu berpikir jernih dan bahkan mensupport (walau sy yakin Mas Younan termasuk yg mendukung) berapa banyak masalah yg sudah timbul, berapa banyak rintangan selama ini menghadang, kami maju terus, tapi kami tetap optimis dan bekerja keras dengan team work yg baik dan solid… tapi itu disisi development… memang masalah berikutnya adalah pada tataran pelaksana di lapangan.

    Berilah dukungan pada kami, kritiklah (kritik yg membangun) segala hal buruk yg ada sehingga ia menjadi motivasi kerja bagi kami.

    Insya Allah, dengan Istiqomah & konsisten suatu saat kita akan dapatkan apa yg kita idam-idamkan bersama.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Dan saya yakin 100%, pada langkah-langkah pemimpin jujur daerah ini, menyikapi masalah yang timbul (Listrik, FTZ, Jalan rusak, Penyelundupan, Kebersihan, pendidikan, infrastructur, dll)

    Keep fight Pak Ria.
    ————-
    Insya Allah, Allahu Akbar!!!
    Wassalam
    Ria

  3. Jangan pernah berkata “kita optimis kalau rencana ini pasti gagal”. Lakukan sesuatu mulai dari diri kita. Kalau pemerintahnya tidak jujur, apakah kontraktornya mau ikut berlaku sama?. Saya rasa tentu tidak, atau mungkin kebanyakan akan berlaku sama, ya….daripada gak dapat project mungkin alasannya. Tetapi berbahagialah bagi yang mengatakan tidak walaupun termasuk minoritas yang menderita. Kita setuju bahwa jika kita mengawali sesuatu dengan kejujuran maka pada akhirnya akan baik pula.
    Korupsi yang menggurita sekarang ini bermula dari korusi kecil2 yang bersinergi. Maka kalau ingin kebaikan itu menjadi besar, tunjukanlah kebaikan kecil kita agar menarik simpati orang lain untuk melakukan hal yang sama.
    Tq.
    calon kontraktor 2009

  4. saya pribadi sebagai warga batam menyambut baik dengan adanya e-procurement. hal ini paling tidak sebagai salah satu usaha atau niat baik pemerintah kota batam.untuk menanggulangi KKN.oya… untuk mengikuti lelang online diakses lewat mana pak……..
    wassalam……
    ———
    Hi pak Arif, Assalammu ‘alaikum wrwb.
    Terimakasih atas comment dan dukungannya.
    Berikiut ini adalah alamatnya: http://lpse.batamkota.go.id
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Pak Ria,
    Selama tidak ada data yang valid tentang identitas seorang warga Indonesia, akan sangat sulit untuk membuat negara ini menjadi bagus. Kenapa data kependudukan yang online tidak didrive untuk menjadi prioritas. Karena begitu banyak persoalan sehubungan dengan data diri, pendidikan, latar belakang politik, ekonomi, atau referensi apapun termasuk kekayaan akan tertata dengan baik, sedikit kemungkinan ketidakpastian data dapat ditiadakan.
    ———
    Siap Setuju sekali Pak Hamdi, terimakasih atas masukannya.
    Itulah sebabnya kami serius menerapkan Database SIAK karena dengan demikian semua penduduk akan terdata dengan baik.

    WAssalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s