Ria Saptarika Sosialisasi Software KTP SIAK

Jumat, 31 Oktober 2008

* Urusan Administrasi Selesai Beberapa Menit

BENGKONG – Program KTP berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Kota Batam terus dibenahi. Untuk membenahi kelemahan yang terjadi pada pelayanan selama ini, Pemko Batam akan mengoperasikan software (perangkat lunak) terbaru sejak Senin, (3/11).

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika saat berkunjung ke kantor pusat Harian Nasional Sijori Mandiri di Bengkong Garama, Kamis (30/10). Selain silaturahmi di akhir bulan Syawal 1429 H, kunjungan Ria juga untuk melakukan sosialisasi pengoperasian Software terbaru dalam pembuatan KTP SIAK.

Menurut Ria, Pemko Batam sedang berusaha menciptakan data base yang apik menyangkut kependudukan. Dikatakan, dengan KTP SIAK, data kependudukan akan semakin tertib dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin cepat. “Software terbaru ini memudahkan operator dalam memasukan data KTP masyarakat secara online. Sebelum peluncuran Software terbaru ini, para operator di kecamatan akan dilatih sehingga tidak ada lagi alasan keterlambatan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Ria.

Dikatakan, sistem kerja software baru ini tidak lagi terpengaruh oleh jaringan listrik, hujan atau gangguan lain. Artinya software baru ini siap untuk meng-in put data KTP kapan saja dari kecamatan. Kecanggihan software baru tersebut, tenaga operator bisa mengubah langsung data, jika terjadi kesalahan saat memasukkan data ke komputer.

Software juga dilengkapi fitur-fitur yang lebih baik dari sebelumnya sehingga software lama hanya dijadikan meng-back up program KTP SIAK. “Kecanggihan dalam teknologi memang sangat diperlukan karena dengan suksesnya KTP SIAK, masyarakat hanya memiliki satu nomor NIK sehingga sangat berdampak pada layanan lain yang diperlukan oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia mencontohkan dengan KTP SIAK, seluruh layanan surat administrasi bisa dikerjakan dalam waktu beberapa menit. Seperti pengurusan SKCK, dengan nomor NIK yang ada, masyarakat sudah terdata secara lengkap sehingga saat mengurus dokumen, tinggal diprin saja.

Kendati demikian, fasilitas baru tersebut belumlah sempurna. Seperti menyangkut akurasi data, dengan software tersebut, belum bisa menjamin terjadinya tumpang tindih data baik secara nasional bahkan di tingkat Provinsi Kepri sendiri. Untuk Kota Batam saja, jika terjadi KTP ganda, baru terdeteksi saat perpanjangan kali kedua.

Kelemahan lainnya, akses yang belum mampu menjangkau kecamatan di hinterland yakin Bulang dan Galang. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Pemko memfasiltasi kedua kecamatan itu di kantor Walikota Jalang Engku Putri. “Data-data dari dua kecamatan itu akan dimasukkan dari kantor walikota. Caranya, staf kecamatan yang menangani entri data, harus datang ke Engku Putri,” katanya.

Pemimpin Redaksi Sijori Mandiri Zul Effendi mengatakan dengan meningkatkan tali silaturahmi antara Pemko Batam dan media, banyak yang bisa diambil manfaatnya. Untuk itu kata Zul, Pemko Batam dan media harus terus meningkatkan kerjasama, jelang 2009. “Tepat 9 April 2009 mendatang, Harian Sijori Mandiri sudah memasuki usia kedelapan. Kami harapkan, Pemko Batam lebih memperhatikan Sijori Mandiri sebagai aset Kota Batam. Kerja sama yang sudah terjalin agar lebih ditingkatkan mengingat peran pers cukup besar dalam pembangunan Batam,” katanya.

Zul Efendi juga menyingung soal peran pers daerah dalam pembangunan. Dikatakan, Pemko Batam harus bisa mengimbangi atau memperdayakan pers daerah sebagai sarana penyampaian informasi kepada publik secara lebih banyak dan berimbang. Upaya tersebut mengingat, pers daerah terlahir di daerah dan bersama-sama membangun melalui penyampaian masalah pembangunan dan sebagainya.

Ria Saptarika yang didampingi Kabag Humas Yusfa Hendri serta beberapa staf lainnya disambut oleh Pemimpin Redaksi Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan Sofialdi, Redaktur Pelaksana II Yon Erizon, Redaktur Metro Batam Apul Sitanggang serta sejumlah wartawan. (sm/rl/li)

Advertisements

8 thoughts on “Ria Saptarika Sosialisasi Software KTP SIAK

  1. salam kuncung…..

    bang saya mau tanyakan , knapa pembuatan perpanjang KTP begitu lamanya…..

    Tolong di perbaiki kecamatan sekupang…….
    Dan informasi KTP yg sudah jadi tolong di tulis besar2 di mading kecamatan, jd warga bisa mengetahui bahwa KTP nya sudah jadi apa belum

    regards

    agi gunawan ISTN 96
    ———
    Hi Kuncung, Terimakasih atas dukungannya… ternyata anda monitor juga πŸ™‚
    Jangan lupa do’a kan maha dewa πŸ˜‰
    Usulannya bagus, Insya Allah kita coba implementasikan.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Slmt Atas Peluncuran System Barunya, Semoga Di Barengi dengan semakin sigapnya bapak-bapak petugas di tingkat kelurahan sampai dengan kecamatan dst, dan system yang baru saja lounching ini, terus di pantau accebilitynya, saya yakin laah dengan pak Ria yang terlihat sangat concern dengan penerapan Information Technology yang tepat, cermat dan ramah BIAYA πŸ˜‰ bisa menjadi sebuah win win solution bwt administrasi KTP SIAK , yg katanya LOLA (Loading Lambat)

    MAJU TERUS
    Musuh dan penjajah yang kita perangi tentu masih sama, kebodohan dan kemunduran republik ini πŸ™‚
    ———
    Hi Kang Dede, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimaksih atas support dan Do’a nya
    Insya Allah kami akan terus berbenah dan berbenah sampai akhirnya kita dapat mewujudkan KTP yg cepat dan mudah dan menggunakan Teknologi & system yg ramah kantong πŸ™‚

    Maju terus open source!

    Thanks & Wasssalam
    Ria

  3. Memang jarang awal yang langsung Ok pak, pasti ada kendala tapi kapan lagi kalau ndak di mulai…pokonya saya mendukung upaya ini biar ngurus-ngurus jadi cepet dan ndak berbelit-belit…

    Mantabs dan maju terus pak….
    ——–
    Hi Mas Susilo,
    Terimakasih atas supportnya… Senang sekali mendengarnya πŸ™‚
    Insya Allah kami terus bekerja keras untuk meng implementasikan KTP cepat.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. nah ini baru mantabs…semoga makin hari makin cepat untuk urusan administratif dengan dukungan teknologi IT dan perbaikan moral semua warga……lok jalur resmi udah cepat kan nggak perlu tenaga calo lagi…..yeah maju terus BATAM
    ———
    Hi Mas Yesaya,
    Terimakasih atas support nya… Masukan ini juga akan menjadi perhatian kami
    Insya Allah kedepan urusan KTP ini akan lebih cepat lagi.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Pak Ria
    Software KTP Siap bukan sistem yang complicated seperti software bank ato desain engineering yang membutuhkan resource besar dan punya resiko sistem lambat.

    KTP siak adalah sistem entri dan database saja. Dan traffic data transaksinya pun saya jamin sehari cuma 50 pemohon se kecamatan, klo ditotal se batam max 500 orang.

    Wah, klo dengan alasan software lambat, bisa dipertanyakan tuch Proyek SIAKnya. Gak ada Quality Assurance-nya.

    Faktor sebuah sistem komputer bukan softwarenya saja pak, kita tahu ada 3 komponen utama. Hard, Soft and brainware.
    Saya kira di batam Brainwarenya juga punya masalah.
    Artinya kebijakan, etos kerja dan prosedur kerja harus diperhatikan juga.

    Bicara pengembangan dari KTP SIAK banyak banget pak dengan beberapa teknologi yang berkembang sekarang..
    ———-
    Hi Pak mas Younan,
    Yang anda sampaikan benar, walaupun ada beberapa data2 yg perlu diluruskan, beberapa kecamatan di batam ini ada yg loading pembuatan KTP itu >100 pemohon sehari… kita harus ingat bahwa KTP Batam memiliki nilai lebih, dimana dapat bebas Viskal, kita juga tahu ribuan dalan sepekan TKI menjadikan batam sebagai embarkasi, ini pun dalam rangka memanfaatkan bebas viskal tsb.

    Kembali Malah Software,
    Sepertinya bila kita tidak mengetahui msalah sesungguhnya apa yg kami sampaikan adalah kebohongan publik, padahal keseriusan dan penjelasan kami kepada masyarakat sepanjang tahun selama ini benar adanya.

    Sya yakin anda pun tahun pengertian lambat suatu proses software itu bukan saja karena lambatnya software ini memerintahkan Aritmathic Logical unit bekerja tapi juga karena faktor antara lain:
    – Karena kurang optimalnya manajement proses software tsb.
    – Sangat tergantungnya software tsb dgn flatform tertentu.
    – Terbatasnya License yg di berikan untuk perluasa2 yg ada.
    – Terbatasnya lingkup penerapan Software pada tofografi jaringan tetentu.
    – Adanya level user yg sangat ketat yg dibuat si pembuat software sehingga perlu ketergantungan fisik dengan si pembuat software yg terus menerus.

    Dan demikian seterusnya yg mustahil saya dapat samapaikan disini semua.
    Pls beri kepercayaan dan semangat pada kami dan do’a kan agar kami istiqomah dalam bekerja.

    But, jangan salah sangka karena saya menjelaskan disini buka untuk Mas Younan seorang tapi kepada masyarakat lainnya yg butuh informasi… sy yakin Mas Younan pendukung berat proyek ini πŸ™‚

    Kalau anda ingin melihat-lihat hystory permasalah KTP yg ada selama ini yg semmapat saya rekam silahkan click disini dan disini

    Thasnka & Wassalam
    Ria

  6. Sukron Pak Ria,
    Dengan kata lain ——–di sensor admin———. Spesifikasi software yang njlimet menjadi kendala operasional pengguna di tingkat kecamatan, sehingga butuh waktu lebih untuk entri data.

    Pak Ria, Salut atas terobosannya.
    Pilkada periode depan, Pak ria jadi Walikotanya aja dech πŸ˜€
    ———-
    Ha ha ha.
    Hi Mas Younan,
    Mohon maaf tulisan di atas saya sensor sedikit πŸ˜‰

    Thansk & Wassalam
    Ria

  7. saluuuttt buat pak ria dengan terobosan terobosan baru…di bidang pemerintahan batam…. tapi maaf pak bagaimana dengan nasib ktp siaknya yang sudah jadi dan yang lagi dalam proses???
    ———-
    Hi Mas Uki, Assalamu’alaikum wrwb.
    Terimakasih karena tidak bosan-bosannya memberikan dorongan (serius kami appreciate), Insya Allah Mas Uki, KTP yg sdh jadi dan yg dalam proses, tidak ada masalah karena secara mesin utama dari software baru ini 100% sama, cuma adanya perbaikan-perbaikan dan penambahan fitur-fitur saja.
    diantaranya yaitu:Barcode dan Security Code, ini sebuah penambahan saja dalam rangka kehandalan dan keamanan dari per KTP-an di Batam saja.

    Sebenarnya Barcode yg ditampilkan di KTP adalah menterjemahkan nomor NIK yg 16 digit tsb dengan menggunakan barcode type EAN128B, silahkan Download disini sebnenarnya masyarakat dapat menempelkannya dan di laminating sendiri di KTP SIAK terdahulu yg sudah terlanjur dimiliki… atau bahkan kami memperkenankan masyarakat memprint ulang KTP nya di kecamatan2, sejauh loading kecamatan tidak tinggi.
    Sedangkan yg tidak mungkin dilakukan adalah security code, toh itu sebenarnya untuk keperluan keamanan pemeriksaan KTP saja.

    Demikian Mas Uki semoga terjawab.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s