Buat KTP Paling Lama Dua Pekan

Senin, 03 November 2008

Janji Pemko dengan SIAK Sistem Baru
BATAM (BP) – Senin (3/11) hari ini, Pemko Batam akan memperkenalkan software baru dalam pembuatan KTP berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di sejumlah kantor camat. Janjinya, bikin KTP paling lama dua minggu sesuai dengan standar pelayanan minimun (SPM) pembuatan KTP di Batam.
Mari kita tunggu realisasinya di lapangan. Karena selama ini, pelayanan pembuatan KTP SIAK adalah yang paling dikeluhkan masyarakat. Prosesnya bertele-tele, lamban dan memakan waktu berbulan-bulan.
Pernah belasan ribu permohonan pembuatan KTP menumpuk di kantor-kantor camat. Hingga akhirnya Pemko mengambil kebijakan mengambil berkas itu untuk diinput di Kantor Wali Kota Batam.
“Itu dulu. Sekarang jika software baru ini berjalan dengan baik, pembuatan KTP asal syaratnya lengkap bisa selesai tak sampai satu minggu,” kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika kepada Batam Pos, Sabtu (1/11) tengah malam.
Ria sangat optimis dengan software barunya itu. Sebelum melakukan soft launching hari ini di kantor-kantor camat, ia terlebih dahulu memperkenalkan software baru yang merupakan modifikasi sistem SIAK nasional ke media-media, termasuk ke Graha Pena, markas Batam Pos.
Ria mengaku akan memantau langsung proses penerapan software baru itu ke kantor-kantor camat. Para operatornya juga dilatih intensif. Tujuannya agar sistem ini benar-benar jadi solusi, memangkas rentang waktu pembuatan KTP SIAK yang sering dikeluhkan itu.
Standar pelayanannya, kata Ria, akan ditingkatkan. Ia tak ingin lagi melihat masyarakat dipimpong petugas kecamatan dengan alasan berkasnya tak lengkap. Cara berkomunikasi petugas ke masyarakat juga termasuk yang menjadi perhatian Ria.
Ia ingin di setiap kantor camat ada semacam pengumuman soal alur pembuatan KTP beserta syarat-syarat yang harus dipenuhi pemohon KTP. Sehingga, jika masyarakat sudah memenuhi seluruh prosedur itu, tak ada alasan pembuatan KTP mereka lamban.
“Kalau memang berkasnya tak lengkap, tolak dari awal. Jangan baru diungkapkan di tengah proses, agar masyarakat merasa tak dirugikan ataupun dipimpong,” tukasnya.
Pembuatan KTP berbeda dengan pembuatan Kartu Keluarga (KK). Jika pembuatan KTP dijamin tak berlarut-larut, pembuatan KK yang membutuhkan tanda tangan basah seorang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kata Ria, bisa lebih lama dibandingkan dengan pembuatan KK. “Karena semua (KK) kan harus ditandatangani satu orang kepala dinas. Tapi, tetap tak akan makan waktu berbulan-bulan,” tuturnya. (med)

2 thoughts on “Buat KTP Paling Lama Dua Pekan

  1. Mantabs Pak Ria !! Good improvement..
    Jadi inget waktu ngurus KTP 5 bulan yg lalu……
    ———
    Hmm🙂, maafkan kami!
    Insya Allah akan kami perbaiki.

    Wassalam
    Ria

  2. Maju terus pak, setiap saat harus selalu ada perbaikan… manfaatkan tehnologi…
    kalo bisa setiap petugas yang melaksanakan juga bisa mengetik 10 jari… bukan 11 jari… karena kuku nya panjang-panjang…🙂
    ya… kalo bisa juga seperti pegawai Kantor Pos yang terlihat cekatan dan trampil….

    Maaf kalau kurang berkenan…

    Salam
    ———–
    Assalammu’alaikum Pak Nugroho,
    Terimakasih atas dukungan dan nasihatnya Pak
    Insya Allah kami makin bersemangat untuk selalu meningkatkan kinerja… btw: kalau 11 jari itu nyindir saya itu!🙂

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s