Kelebihan Software Baru

Senin, 03 November 2008

Software baru pembuatan KTP SIAK yang bakal digunakan Pemko Batam bukanlah benar-benar baru. Software ini tetaplah mengacu pada software SIAK nasional. Istilahnya, menurut Ria Saptarika, software modifikasi agar lebih fleksibel.
Pada sistem lama, kata Ria, sistem online hanya menggunakan jaringan wireless. Sehingga ketika alat yang terpasang di kantor-kantor camat disambar petir misalnya, sistem online-nya mati. Belum lagi kalau listrik padam atau kondisi topografi Batam yang berbukit-bukit.
“Dengan software baru ini, masalah jaringan bisa diakali. Tak hanya menggunakan jaringan wireless, tapi juga menggunakan jalur publik seperti Telkom,” kata Ria.
Software baru juga lebih fleksibel karena bisa dengan cepat merevisi kesalahan pemasukan data. Dulu, jika operator salah memasukkan nomor NIK seseorang, maka tak akan bisa diubah lagi.
Pemko Batam harus mendatangkan operator dari pusat, hanya untuk mengubah kesalahan data. Karena data yang sudah tersimpan di sistem, tak bisa diubah lagi. “Sekarang dengan software baru ini, kesalahan-kesalahan seperti kesalahan input data bisa diperbaiki. Sehingga bisa mempercepat proses pembuatan KTP,” katanya.
Ria mengaku terus melakukan perbaikan agar pelayanan pembuatan KTP SIAK di Batam bisa memuaskan. Ia juga berencana membuat hotline untuk menampung segala keluhan masyarakat seputar SIAK. (med)

2 thoughts on “Kelebihan Software Baru

  1. asal memudahkan ya gakmasalah ………..

    tul pak ?
    ———
    Insya Allah lebih mudah, bahkan ide utama dari penerapan iniadalah agar pembuatan KTP menjadi lebih dan makin mudah dan cepat.

    Terimaksih atas apresiasi dan dukungannya Bang Diod.
    Wassalam
    Ria

  2. Dengan hormat,

    Begini Pak, saya punya KTP ada 2, dari kota asal saya (Yogya) & Batam,,,,,
    Nah yg mau saya tanyakan, bagaimana sistem pencatatan kependudukan di Indonesia? Dimana setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 KTP,apa sanksi untuk itu dan jika ada apakah itu benar-benar sudah di laksanakan?

    terima kasih..
    ———
    Hi Srikandi R, Terimakasih atas kunjungan dan comment nya.
    Dingan terlah diberlakukannya UU. No.23/2006 (Silahkan Download disini) maka tidak dibenarkan lagi WNI memiliki KTP atau KK lebih dari satu, bahkan sangsinya cukup berat silahkan baca dibawah:

    UU.No.23/2006
    Pasal 97
    Setiap Penduduk yang dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai kepala keluarga atau anggota keluarga lebih dari satu KK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 ayat (1) atau untuk memiliki KTP lebih dari satu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (6) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

    Sedangkan apakah akan mulai diberlakukan?, tentu tergantung para penegak hukum, dan sangat mungkin sekali manakala kita tersandung kasus kecil yg tidak ada kaitan langsung, lalu akhirnya ditemukan anda memiliki dua KTP maka pada saat itu aturan diatas bisa saja diterapkan pada anda.
    mohon maaf tidak untuk menakuti, sekedar berjaga-jaga.

    Semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s