Software Baru SIAK Beroperasi

Selasa, 04 November 2008

BATAM (BP) – Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mendatangi Kantor Camat Batuaji, Senin (3/11). Kedatangan Wawako bersama rombongan yang juga diikuti Asisten Pemerintah Asyari Abbas dan Kepala Dinas Kependudkan dan Catatan Sipil Sadri Khairuddin ini untuk memperkenalkan software baru dalam pembuatan KTP berbasis Sistem Informasi Administrsi Kependudukan (SIAK).
Sebelum memperkenalkan software baru itu, Wawako yang tiba sekitar pukul 12.30 WIB atau jam istirahat menanyakan tahapan pelayanan permohonan KTP yang masuk. Camat Batuaji Achmad Arfah lalu menjelaskan warga yang mengajukan permohonan menyerahkannya berkasnya melalui loket penerimaan.
Setelah permohonan masuk loket, lanjut Achmad Arfah di ruang pelayanan, warga diarahkan ke tempat foto dan foto pada berkas diberikan nomor. Setelah pemberian nomor, pemohon kembali lagi ke loket, lalu ke Kasi Pelayanan untuk dicek berkasnya. Selanjutnya diberikan kepada operator untuk diinput.
“Setelah input, kita tidak langsung proses. Kita dahulukan berkas sebelumnya,” jelas Achmad Arfah kepada Wawako di ruang operator pelayanan KTP SIAK Kecamatan Batuaji, Senin.
Menurut Arfah lagi, menjawab pertanyaan Wawako, jaringan yang digunakan untuk input data masih menggunakan jaringan lokal. Dengan jumlah opertor dan bagian input data lima orang. Lalu Wawako pun memperkenalkan software baru yang lebih fleksibel sehingga jaringan alternatif bisa digunakan jika jaringan yang biasa digunakan rusak.
“Jadi ada dua alternatif, baik jaringan wireless maupun jaringan Telkom,” kata Wawako.
Wawako selanjutnya meminta’dokter jaringan’ Yudi Handoko mengajarkan kepada operator atau staf di Kantor Camat Batuaji, cara mengakses dengan menggunakan jaringan software baru itu. Achmad Arfah mengatakan sisitem baru ini baru dimulai di Batuaji, sehingga stafnya belum familiar. Mereka baru mengantongi password kemarin.
“Mungkin satu, dua hari ini bisa lancar. Saya lihat sistem baru ini bisa lebih cepat,” katanya usai mendampingi Wawako.
Di sela-sela kedatangan Wawako itu, seorang warga mengeluhkan lambannya penerbitan KTP dan kartu keluarga. Pria ini mengaku kartu keluarganya sudah berbulan-bulan belum beres juga sejak Agustus. Ketika datang lagi, staf kecamatan mengatakan kemungkinan beres akhir Oktober tapi belum juga kelar.
Menanggapi itu, Arfah mengatakan untuk KTP biasanya beres dalam satu pekan, namun harus menunggu KK beres juga. Belum lagi harus menunggu dari Disduk sehingga terkesan lama. (uma)

9 thoughts on “Software Baru SIAK Beroperasi

  1. smoga klo ngurus KTP tidak menyita Waktu banyak (cepat maksudnya)
    berarti klo udah LINK data2x,, PENIPUAN IJAZAH Palsu akan terhidar…
    Slamat SIAK System,,,smoga berjalan sesuai dengan PLAN
    ———–
    Amiiin, Terimakasih atas dukungan dan do’anya Pak Windarto.
    Insya Allah kami makin bersemangat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Pak Ria,
    Selamat dan sukses atas beroperasinya
    SIAK “New Generation”, salut buat Bpk dan team yang
    sudah bekerja keras merealisasinya.

    Semoga implementasi di seluruh kota berjalan lancar.

    Salam dari Kabil
    Kawan SAM
    ——–
    Hi Kawan SAM, Senang sekali mendapat dukungan dan apresiasi dari para tokoh masyarakat & tikoh IT, Insya Allah kami bertekad untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kinerja Hardware, Software maupun attitude SDM nya.

    Amiiin semoga Allah memperkenannkan do’a bapak.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Pak Ria

    Saran saya agar mulai dari pengajuan permohonan KTP/KK dilakukan dengan form dengan system Bar Code dan bio data penduduk ini bisa disimpan di server dalam jangka waktu tertentu demikian juga dengan KTP/KK yang terbit beri Bar Code, jadi jika di scan langsung keluar data yang mau dipanggil (sederhananya seperti AWB Jasa Courier International).
    Melalui system ini dengan menggunakan LAN pakai perangkat V-sat seluruh instansi terkait dapat mengakses dengan memberikan pasword untuk masuk ke server (memanggil data), dengan demikian kita bisa menghindari satu orang mempunyai dua KTP dan up date system juga bisa setiap saat kita mengetahui progress populasi penduduk. ( Running Automatic System )
    Selamat buat Bapak untuk bisa melakukan KTP dengan system electronic ini.
    ———-
    Hi Mas Ary, Terimakasih atas masukan dan dukungannya, ini akan menjadi motivasi luarbiasa buat kami.
    ternyata anda juga sangat menguasai system.
    Insya Allah kami akan menuju ke arah itu… kami tunggu masukan-masukan berikutnya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. alhamdulillah, mantab pak Ria. awalan yg bagus. ke depan sangat perlu kerjasama dengan pihak instansi vertikal dan horisontal (iki opoo maneh😦 ) agar data yg sdh ada di server bisa dimanfaatkan oleh kepolisian (ngurus SIM/SKCK), imigrasi (paspor), buat kartu kuning, dan banyak lagi.

    well done!

    wassalam
    aris –
    http://unicstudio.net
    http://batampedia.com
    ———
    Hi Mas Aris, Asalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kunjungan dan masukannya yg bagus, kebetulan suai🙂 visi kami.
    Demikian juga atas dukungan dan apresiasinya.

    Btw: Sebenarnya comment anda tersensor automatik oleh Askimet di Blog ini… karena salah satu filter nya tidak diperkenankan menyertakan lebih dari satu link di comment… namun akhirnya kami approve untuk yg satu ini😀

    Wassalam
    Ria

  5. @Kawan Sam:
    denger-2 ini berkat dukungan kawan-2 Gelora Batam ya kang?🙂
    ——–
    Iya donk, kan Pemko Batam sedang menggalakan Open Source untuk Pemko dan Masyarakat Batam.
    Saat ini kita menggunakan fully Open Source; Linux-Ubuntu, PostgreSQL & PHP🙂

    Hi Mas Eshabe, Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya.
    Wassalam
    Ria

  6. go open source batam, go digital island!
    http://batampedia.com fully opensources, pakai joomla.
    saya lihat visit-batam.com juga pakai joomla. cuma ya sayang kalau dibiarkan mangkrak dan pakai template ‘standard’ gitu.
    maaf pak Ria, di visit-batam.com link ke admin-nya ‘terbuka’. ada celah ‘pengusil’ masuk ke admin.

    wassalam
    aris
    ———
    Iya tuh, Tim terkaitbya masih belum bekerja maksimal tuh!
    Wassalam
    Ria

  7. Teknik jaringan semi online juga bisa digunakan, sehingga aktifitas entri data tidak berhenti tatkala jaringan wireless atau telkom mati.
    Sistem ini sudah dipergunakan perusahaan2 besar seperti Astra yang dulu pernah saya tangani.
    Pagi – Sore entri data oleh petugas,
    Malem hari sistem melakukan synchronize ke pusat.
    Cuma pasang program synch data daerah -> pusat dan pusat -> daerah.
    Murah diongkos dan murah di traffic jaringan.
    ———-
    Wah ini ide bagus nih Mas Younan, setidaknya kalau jaringan terputus KTP di Kecamatan masih bisa di entry atau malah dicetak tanpa harus selalu terkonek ke server.
    Mungkin suatu kali kita bisa ngobrol bareng atau discus dengan Tim kami bila ada teknik yg mungkin bisa di implementasikannya.

    Walaupun sih kalau dari segi biaya jaringan saat ini kan sudah versi unlimited, pake ora pake bayar fix.🙂

    Senang menerima masukan seperti ini.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  8. Project saya dulu berpusat di head office PT Astra Internasional, menerima data dari sekitar 20 branch office di seluruh Indonesia dengan jaringan Frame Relay dan Modem.
    System ERP berbasis SAP dan .NET.

    Boleh pak, diatur aja.
    ——–
    Kapan-kapan kita ketemu lah!
    Mungki akalau Mas Younan lagi free bisa kontak2 kami.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  9. Selamat pagi pak Ria,
    Sebelumnya salut dan selamat buat SIAK nya, saya adalah salah satu warga yang merasakan lambatnya pengurusan KTP dan KK di Batu Aji. Saya sempet juga masuk ke “dapur” (data entry) di kecamatan batu Aji untuk menanyakan berkas saya yang hampir 3 bulan gak selesai. Disana saya melihat banyak sekali tumpukan antrian berkas yang belum ter entry. Kalo saya amati sepertinya terjadi “bottle neck” di data entrynya. dimana kemampuan entri data lebih kecil dibandingkan berkas yang masuk perharinya. saya cek di status online pada tanggan 28 oktober 2009 data yang terentri terakhir adalah berkas tanggal 17 oktober. jadi ada dellay 11 hari berkas baru terentry belum proses yang lainnya. Saran saya : – mohon ditambah jumlah petugas data entry nya. atau memaksimalkan kemampuan input datanya (kemampuan ngetiknya), mempermudah data entry dengan meneyediakan pilihan data dalam bentuk combo list dsb. untuk mempercepat+menghindari kesalahan. Saya rasa itu aja dulu semoga tulisan ini bermanfaat demi perbaikan dan mohon maaf jika kurang berkenan. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s