Dinilai Hanya Urusi KTP

Komisi I Segera Panggil Ria

Batam Centre – Komisi I DPRD Kota Batam secepatnya akan memanggil Wakil Walikota Batam Ria Saptarika. Pemanggilan dilakukan karena kinerja Ria dinilai tidak becus dan hanya sibuk mengurusi Kartu Tanda Penduduk ( KTP), yang selalu bermasalah.
Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi I Ruslan Kasbullatov di ruang kerjanya, Selasa (4/11). dikatakan, selama tiga tahun berjalan, kegiatan Ria hanya berkutat pada persoalan KTP, bahkan setiap kemunculan Ria di Media, juga nyaris tidak lepas dari hal-hal yang berkaitan dengan KTP. ” Jadi apa yang dikerjakan selama tiga tahun ini? tidak ada kecuali KTP, KTP dan KTP. Ini kan urusan camat dan Dinas Kependudukan (Disduk), ” kata Ruslan serius.
Seharusnya, kata Ruslan, Ria lebih memperhatikan persoalan masyarakat secara luas seperti sembako, menurunnya daya beli masyarakat dan pengangguran yang disebabkan pesatnya laju pertambahan penduduk di Kota Batam. “masih banyak yang harus diperhatikan Ria. Misalnya, bagaimana masyarakat Batam bisa mudah memperoleh sembako murah, penanganan inflasi dan sebagainya. Jadi jangan sibuk mengurus KTP terus, ” katanya.

Ruslan yang juga Ketua DPC PDI-P Kota Batam itu menduga keseriusan Ria mengurusi KTP lebih disebabkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan masyarakat banyak. Sebagai bukti, kata dia, semua yang direncanakan Ria tentang KTP Batam justru menimbulkan bebagai keluhan ditengah masyarakat. “Sejak diluncurkannya sistem KTP Siak semua masyarakat mengeluh. Bikin KTP lamanya minta ampun, sampai berbulan bulan,” katanya.

Ruslan juga menyoroti penggunaan software baru yang disebut mampu mempercepat proses pembuatan KTP. Ia malah berpendapat bahwa penggunaan software baru itu sebagai salah satu bukti bahwa Ria kurang mengerti terhadap tugasnya.
Ia mengatakan sejak dua tahun lalu, pergantian software sudah pernah diusulkan untuk mengantisipasi timbulnya persoalan dalam pembuatan KTP Siak. Ruslan malah mempertanyakan mengapa baru sekarang diadakan pergantian. “itu pun tidak jelas anggaran dananya dari mana untuk pergantian software. Pokoknya Ria harus datang saat kita panggil nanti beserta Disduk dan Camat untuk memberi klarifikasi tentang ini,” ujarnya dengan tegas.
Untuk membuktikan keseriusan menghadirkan Ria Saptarika di Komisi I, Ruslan berjanji akan menggunakan seluruh haknya sesuai perundang-undangan. Dikatakan, jika Ria tidak datang memenuhi panggilanya, Komisi I akan menggunakan hak sandera atau penjemputan paksa.

15 hari KTP belum diproses

Andi, warga Bengkong melihat adanya unsur pilih kasih dalam pembuatan KTP. Ia mengaku sudah 15 hari membuat KTP dan KK, namun belum juga diproses sedangkan KTP rekannya yang sama-sama mengurus sudah lebih dulu selesai,” katanya.
Menurut Andi, pihak kecamatan beralasan bahwa komputer sedang rusak. Ia menilai alasan tersebut tidak masuk akal karena jika alasan itu benar mengapa KTP temanya sudah lebih dulu selesai.” ujar andi kepada Wakil Walikota Batam Ria Saptarika yang bekunjung ke Kecamatan Bengkong dalam rangka survei soft opening KTP barcode.
Ria langsung merespon pengaduan Andi dan meminta Camat Bengkong segera menyelesaikan masalah tesebut. Menurut Ria hal demikian , berpotensi menimbulkan pertanyaan serta kecemburuan dikalangan masyarakat.
Camat Bengkong Nurul Iswahyuni mengakui semua data Andi sudah lengkap. Namun karena printer mengalami kerusaka. Dikatakan keterlambatan tersebut bukan kesengajaan pihak kecamatan, tetapi murni kesalahan teknis, yakni kerusakan printer yang masih dalam perbaikan. (sm/yr/23)

21 thoughts on “Dinilai Hanya Urusi KTP

  1. Lagi-lagi anggota DPR lebih kurang kerjaan… ya pak… sy sama sekali tidak bermaksud memuji pak Ria… tapi salah satu kepentingan mendasar dan menyentuh rakyat adalah KTP…
    Selama ini anggota DPR bahkan tidak bisa melakukan apa2x.. cuman nongkrong doang.. resesi dan sibuk kampanye… Tipe anggota DPR yg nyolot seperti ini mending di BlackList aja deh….

    udah capek kita denger ocehan-ocehan serupa…
    ———
    Subhanallah Walhamdulillah Allahu Akhbar!

  2. Betul pak dewan….
    sekarang buat ktp makin tak jelas…..
    Contohnya saya “Gara-gara buat KTP ga selesai-selesai, lowongan pekerjaan di depan mata jadi hilang”
    Lebih gampang buat kartu Kredit dari pada buat KTP sekarang.
    yang saya katakan ini adalah FAKTA…..
    Buka mata…buka telinga

  3. hasil pekerjaan kadang tidak harus dinikmati pada saat itu juga. bahkan setelah usai jabatan baru terasa manfaatnya.
    pak Ria maju terus saja, sekalian demokan kemampuan siakPlus dihadapan para bapak dewan.
    kemudian libatkan dinas terkait pak, agar mereka ikut merasa memilki wewenang dan tanggung jawab.
    go ahead..

    wassalam

  4. Assalamualikum,

    Publik kayaknya suka berita ini, tapi sayang,….Halah …This Is Just an HOAX pak! Menjatuhkan dan dijatuhkan, ini tujuan utama komen2 fenomenal seperti ini, Nawaitu yang udah terpupuk demi bangsa jangan pernah keropos. Saya malah heran, kok yang baik2 nggak di sebutkan untuk Pak Ria. Aduh pak, yang penting FASTABIQUL KHAIRAT.

    Wassalamualaikum,

    Dari halaman Belakang

  5. Sebagai warga batam saya perhatikan bahwa apa yang di keluhkan pak Ruslan tidak beralasan, karena Pak Ria tidak hanya berkutat dengan urusan KTP aja, banyak urusan-urusan lain yang mungkin nggak di publish ke Media, Pak Ria sudah menyediakan Hots Pot gratis, yang merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi secara cepat, dll sbg.

    Peluncuran software KTP yang baru merupakan jawaban atau tanggapan atas di keluhkannya proses KTP siak, yang saya rasa keterlambatan bukan karena Systemmya tapi lebih kepada person nya.

    Kalau di buat di daftar listnya , dalam 3 tahun, mungkin akan penuh satu halaman bahkan lebih akan kegiatan pak Ria selama menjabat walikota Batam.

    Memang tidak semua berjalan baik , dan pasti ada onak dan duri yang menghalang, tapi bukan berarti bahwa pak Ria nggak ada kerjaan selain ngurus KTP ” Don’t judge the book thorough the cover ”
    Saya ingat Pidato Umar Ibnu Aziz saat mau di angkat jadi khalifah”

    ” saya bukanlah yang terbaik di antara kalian, tetapi saya adalah yang paling berat tanggung jawabnya di antara kalian ”

    Maju terus Pak Ria dan Istiqomah dalam menjalankan ammanah demi kemaslahatan Ummat..

  6. Itulah Ruslan..! Ini adalah akibat masyarakat yg salah pilih, jadi pilih dewan preman yg “nol” pengetahuan. KTP Siak menyangkut hajat hidup org banyak. itu bedanya dgn KTA-partainya Mr Ruslan. Sedangkan mgkoordinasi dan evaluasi camat adalah Tupoksi Wawako sesuai UU No 12 2008. Makanya sebagai ketua komisi I bidang hukum dan pemerintahan. Mr Ruslan mulai belajar membaca lagi aturanya. jgn sibuk kampanye aja. bilang pula orang yg mau kampanye. lupa kali yee..kalau pak Ria itu di pilih masyarakat lewat Pilkada..maju terus pak Ria…! Terobosan antum sangat brilian dan di tunggu masyarakat..

  7. yach… yg penting niatnya membangun Batam….
    (eh, apa bisa gitu saja dlm dunia politik ya?)

    Tapi, klo mo dipanggil ya gpp tho pak,

    Mungkin sekalian demo softwarenya Pak….😀

  8. Assalamu’alaikum Pak Ria,

    Semoga sehat selalu sekeluarga🙂

    Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungan Bapak ke rumah maya saya.

    Membaca tulisan Bapak di atas, ada satu hal yang saya coba cermati, bahwa sinergi merupakan satu hal dan kebutuhan dasar yang mesti senantiasa dipupuk di antara aparatur pemerintah, anggota dewan, dan masyarakat. Karena bagaimanapun menurut saya tidak akan mungkin pemerintah-dalam hal ini PEMKO Batam-dituntut bekerja sendirian lalu pihak lainnya hanya mengawasi, terlebih mencari cela ataupun kelemahan.

    Mohon maaf jika komentar saya berlebihan dan sebenarnya saya tidak menguasai permasalahan dan fakta di lapangan, tapi apa yang saya ungkapkan ini merupakan bentuk kerinduan saya selama ini🙂

    Mohon maaf yang banyak, Pak Ria.

    Selamat bertugas. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing langkah Bapak untuk membangun Batam ini menuju kota yang diberkahi dan dicintai oleh Allah SWT..amin.

    Salam Hormat,

    Fakhrurrozy
    Anggrek Mas 1
    Batam Center

  9. Menurut saya software untuk KTP itu simple dan mudah di applikasikan, yang menjadi masalah adalah pelaksna di lapangan ( kecamanata/Kelurahan,dll ) masih ada kecenderungan “kalau bisa dipersulit kenapa tidak tidak dipersulit”.. padahal dgn adanya software pastinya akan lebih mudah, cepat, akurat.
    Nah saya setuju bahw implementasi siak ini tidak miah mengingat mental pelaksananya yg seperti itu. Ide pak Ria tentang SIAK adalah sangat bagus apa lagi kalau bisa isi data on line untuk mengurangi kontak langsung dgn pegawai yg tentunya akan rawan pungli untuk memeprcepat bukin KTP.
    Jadi Intinya SIAK adalah ide yg bagus tapi mohon lebih keras control ke Pelaksana dan bikin target yg masuk akal berapa lama process bikin KTP ini.

  10. Alhamdulillah

    Setiap gagasan atau ide pasti punya persepsi dari sudut pandang yang berbicara.

    dan bersyukurlah masih ada orang yang mau mengkritik (baca menasehati) kita, karena dengan hal itulah kita akan maju dan berkembang.

    Saya yakin panggilan DPR kali ini tentunya hanya karena perbedaan persepsi, karena beliau (baca DPR) tidak mengetahui apa saja pekerjaan yang selama ini bapak lakukan.

    Untuk itu marilah kita ambil hikmahnya dari kejadian ini dengan menciptakan sistem komunikasi yang lebih baik agar pelajaran berharga ini tidak terulang kembali.

    Orang sombong adalah orang yang tidak mau mendengarkan persepsi lawan bicaranya. 9THE MAP IS NOT THE TERRITORY)

    Oleh karena itu pak RIA saya hanya menasehati marilah kita maju bersama, teruslah berfikir positif karena didalamnya terkandung energi yang suaaanggaatt luaaar biasa.

    HAVE a POSITIVE DAY

    Regards

    Faris

  11. Memang begitu pak Ria, kalo udah dekat2 pilkada anggota dewan yg terhormat itu mulai garang…karna mereka kan kawatir juga kalo gaweannya diisi orang laen.
    saya ngurus KTP nggak lama2 amat koq..! Kalo saya amati dari pada pemerintahan yang sebelumnya pak Dahlan/Ria oce koq! Pak Ria kan mestinya punya outline/proposal kerja nahhh tunjukin aja yang mana udah diselesaikan dan yang mana yang belum.. kadang2 bpk2 dewan itu sulit mengerti maklum lah sekarang lagi mikirin duit keluar buat kampanye nanti..he3

    Maju terus pantang mundur brur!!!

    Riz

  12. Kalo saya perhatikan pak ruslan itu namanya rada-rada berbau negeri beruang merah.
    Jangan-jangan…?

  13. Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh,

    Menurut saya, Program KTP SIAK sangat bagus.
    Pada Dasarnya Teknologi diprogram untuk membantu kerja manusia, tapi dalam
    kasus KTP SIAK ini kemungkinan SDM-nya di tiap Kecamatan yang tidak siap ( dalam artian bisa disengaja ). Jadi jangan software dan hardwarenya saja yang diupgrade tapi SDM-nya juga
    perlu diupgrade. Kemarin pagi saya baca dikoran tentang anda dan dewan komisi I, saya merasa
    Dewan tidak paham mengenai Teknologi, dimana teknologi bukanlah seperti …. kita singgah ke warung makan, terus kita tinggal pesan makanan dan minuman apa yang kita mau setelah kenyang tinggal bayar. Teknologi setiap saat memang perlu untuk di kembangkan dan disempurnakan untuk kebaikan bersama dan untuk mengikuti Kecanggihan Jaman.

    Yang pasti, untuk DEWAN KOMISI I …..dan semua masyarakat Batam, KTP SIAK perlu peran serta kita semua, bukannya saling menyalahkan dan lempar tanggung jawab maupun mencari Kambing Hitam.
    Mari kita bangun Batam tercinta ini bersama-sama dan dengan penuh tanggung jawab.

    wassalam Mualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh

  14. Sangat setuju dengan penegasan pak Ruslan khusus tentang KTP ini, memang kog lambat sekali. Sudah menggunakan sistem komputerisasi kog malah lebih lambat dari sistem manual. Kalau hanya KTP aja berbulan2 tidak selesai persoalannya mau kapan lagi mengurusi seribu masalah lainnya yang masih menunggu …?
    Saya heran KTP gitu lho…. yang hanya memerlukan beberapa biji item data saja kog susahnya kayak menyusun suatu literartur ribuan lembar. Wah memanglah..! Tapi udah gitu yang herannya soknya/gayanya para aparat kita ini kayak seorang pakar yang telah menyelesaikan masalah/rumus perhitungan sampai angkasa luar. Masyarakat aja selalu yang salah dan jadi korban, gak sadar juga yg gaji mereka kan masyarakat…? Sebenarnya apa yang sulit disitu..? Cobalah lihat kinerja saudara anda di swasta.. Satu lembar, dua lembar, sampai puluhan lembar dokumen…tret.. tret.. tret hitungan menit selesai.
    Sekarang kita bahas aja ttg KTP SIAK mana susahnya?
    Apa yang dibutuhkan..? Komputer? Jaringan internet?, printer?, Form2 untuk data capture? dll. Tinggal mengajukan anggaran saja… to..? Cari suppliernya…, Install… selesai..? ya sudah tinggal melayani saja. Apa yg susah? Mengoperasikan? Anak SMP aja bisa mengoperasikan, kan hanya mengoperasikan tidak dibutuhkan keahlian khusus kan? Kalaupun iya ataupun tidak emangnya SDM aparat kita ini kwalitasnya seperti apa? apa gak lulus SMP?
    Jadi tolonglah pak Wali keja yg benar jangan hanya jalan sana – jalan sini gak jelas juntrungannya. Kalau jalan kesuatu tempat cari ada masalah disitu harus cari tahu penyebabnya dan apa solusinya. Bukan hanya jalan2 saja menghabiskan anggaran dan fasilitas anda di gaji..!
    Jangan terus lupa gimana dulu bapak berkinerja waktu di swasta mukakuning sana.
    Ok. Lah! Ini adalah kritikan membangun, bukan maksud untuk memojokkan. Dan saya yakin bapak sebagai pemimpin tentunya adalah orang yg berjiwa besar yang bisa menerima kritik bukan orang berjiwa kerdil yg menganggap kritik sebagai serangan.

    Go ehead..!
    Strugle never end!

  15. Kalau ini mah uda makanannya Pak Ria,
    Betul nggak Pak,

    Kalau Pak Ria yakin benar, tenang aja.
    Tapi kalau memang Pak Ria salah, wah wajib ditegur dong.
    ——–
    Siap!!!

    Wassalam
    Ria

  16. welehhh.,.,., anggota komisi 1 DPRD itu lucu buenget menurut pandangan saya.,.,,., perlakuan mereka terhadap pak ria, dikarenakan mereka menanggapi tidak dengan berdasarkan penilaian penialian ( plus minusnya )
    presiden aja gonta ganti strategi kok misalnya mengganti menteri nya…. masak wakil walikota nggak boleh mengganti strategi dalam pengurusan KTP , kepada pak anggota komisi 1 DPRD pernah nonton iklan sabun deterjen nggak??? tahu nggak slogannya apa “NGGAK ADA NODA YA NGGAK BELAJAR”
    saya yakin kok masyarakat batam malah mendukung pak ria menjadi gubernur kepri kalau mau, karena pak ria mempunyai kedekatan kedekatan dengan penduduk batam,,pak ria menuliskan semua apa yang ada di blog nya ini, seperti obama yang dituliskan pada blog pribadinya dan saya yakin pak ria benar dengan melakukan perbaikan perbaikan sistem karena dengan perbaikan sistem pembuatan KTP mungkin daerah lain akan meniru batam.,.,

  17. semoga lancar truz pak.

    kapok nih ngurus ktp ampe 3 bulan :p
    ——–
    Hi Mba’ Liza, terimkasih atas kunjungan dan commentnya… semoga kedepan tidak kapok lagi… karena kami terus berbenah.
    🙂 Kami senang dengan kritikan yg membangun! sehigga menjadi motivasi kami untuk terus berbuat lebih baik.

    Salam hangat saya & Wassalam
    Ria

  18. Salam Hangat Pak Ria..

    Visi, komitmen dan kompetensi harus sejalan. Saya rasa, jika tiga hal itu berjalan beriringan dengan mesra, permasalah ini bisa segera cepat terselesaikan.

    Saya maklum, bahwa untuk memulai langkah besar, banyak tantangan dari berbagai pihak.

    Anjing bergonggong, Kafillah berlalu….

  19. ANALISA SEPERTI INI HARUSNYA DIJADIKAN ACUAN UNTUK DIJADIKAN MASUKAN BAGI BERBAGAI PIHAK WALAUPUN TIDAK HARUS DITELAN MENTAH-MENTAH. PERLU ADANYA PEMAHAMAN YG LOGIS. PALING TIDAK KITA BISA TAU BAHWA ADA ORANG-ORANG YANG MEMPERHATIKAN KINERJA KITA. BAGI PAK RIA SEMOGA TERGUGAH HATINYA UNTUK MENGINTROPEKSI DIRI. DAN BAGI PARA PENDUKUNG JANGAN IKUT “PANAS” DONK. MULAI BELAJAR UNTUK MENERIMA KRITIKAN. NOBODY PERFECT KHAN…PAK RIA AJA BISA NERIMA. KENAPA KITA ENGGAK?
    ————
    Insya Allah Pak Agus,
    Semenjak Blog ini go publik tentu saya sdh siap untuk mendapat dukungan maupun keritikan.
    Dan Alhamdulillah itu semua menjadi bahan pelajaran dan introfeksi bagi saya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  20. Pak ria tambah ganteng aja….andai aku diberikan kesempatan satu menit aja untuk bicara dgn pak ria.. aku pasti akan bilang….cayo terus pak. aku tak kan pernah berhenti mencintaimu……
    ——–
    Ehm🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s