Kepri Juara Umum Popwil

Minggu, 09 November 2008
Sampai Jumpa di Popwil 2010
BATAM- Kontingen tuan rumah Kepri (Kepulauan Riau) berhasil merebut gelar juara umum Popwil (Pekan Olahraga Pelajar Wilayah) I Sumatera 2008, setelah menggumpulkan total 10 medali emas, 2 perak dan 10 perunggu dari 33 medali emas, 33 perak dan 52 perunggu diperebutkan.

Bolabasket merupakan cabang terakhir menyumbangkan medali emas, sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian dari 8 cabang olahraga dipertandingkan di Popwil yang berlangsung sejak 3 November lalu di Batam.

Tim bolabasket putra Kepri meraih medali emas setelah di partai final yang berlangsung, Sabtu malam (8/11) di Sport Hall, Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, berhasil mengalahkan Sumut (Sumatera Utara), 51-36.

Tak butuh waktu lama, tim tuan rumah berhasil menyelesaikan empat quarter untuk mengalahkan Sumut. Atas kemenangan tersebut, Kepri berhasil mempertahankan juara pernah direbut di Popwil I Sumatera 2006 lalu di Padang, Sumbar (Sumatera Barat).

Usai pertandingan partai puncak itu, dilanjutkan dengan pengalungan medali pada para pemenang. Kepri yang berhasil merebut juara, medali dikalungkan Eddy Wijaya, Sekdaprov (Sekretaris Daerah Provinsi) Kepri yang hadir mewakili Gubernur Kepri.

Turut hadir Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika beserta istri, Edy Sofyan Kadispora (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) Provinsi Kepri, Kadispora Babel (Bangka Belitung), Kasmiri dan Ketua-ketua Pengprov (Pengurus Provinsi) Kepri dan tamu undangan lainnya.

Usai pengalungan, dilanjutkan dengan penutupan resmi Popwil ditandai dengan penyerahan bendera Bapopsi (Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia) dari Eddy Wijaya kepada Kasmiri, mewakili Pemprov Babel yang sudah diputuskan sebagai tuan rumah Popwil 2010.

Dalam sambutannya, Eddy mengatakan bahwasanya pelajar merupakan cikal bakal atlit masa depan, dimana prestasi diraih saat ini mesti dipertahankan dan ditingkatkan hingga nantinya berjenjang dan berkelanjutan.

Dan kepada kontingen tuan rumah, Eddy menyampaikan ucapan selamat. “Prestasi diraih ini, harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, karena pelajar merupakan cikal bakal atlit masa depan,” pesan Eddy.

Penutupan resmi Popwil yang mempertandingkan 8 cabang olahraga ini berlangsung singkat dan sederhana. Sebelum digelarnya partai puncak, juga dilangsungkan final bolabasket putri antara Jambi berhadapan dengan Sumut, dimenangkan Sumut dengan poin tipis 69-67.

Sementara sehari sebelumnya, Jumat (7/11), juara tiga putra diperoleh Riau usai mengalahkan Babel, 72-56 dan juara tiga putri juga diraih Riau setelah mengalahkan Sumbar , 47-41.

Selain di cabang bolabasket putra, Kepri juga menggumpulkan medali emas masing-masing 2 emas dari cabang bulutangkis (beregu putra dan putri), bolavoli putri, tenis meja beregu putra dan 5 medali emas sumbangan dari cabang pencaksilat laga dan seni.

Di urutan kedua, Riau dengan 7 emas, 8 perak dan 12 perunggu. Sedangkan peraih juara umum Popwil 2006, Sumbar berada di urutan ketiga dengan 6 emas, 6 perak dan 12 perunggu. Jambi berada di urutan terakhir dari 7 provinsi peserta wilayah I Sumatera ini, dengan hanya menggumpulkan 2 perak dan 4 perunggu.(sm/am)

Perolehan Medali

No Provinsi Emas Perak Perunggu Total
1. Kepri 10 2 10 22
2. Riau 7 8 12 27
3. Sumbar 6 6 12 24
4. NAD 5 5 5 15
5. Sumut 4 7 3 14
6. Babel 1 3 6 10
7. Jambi – 2 4 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s