Dewan Rekomendasikan Dirut BUMD Diganti

Sabtu, 15 November 2008
Sudah berulang kali DPRD Kota Batam memberi rekomendasi kepada Pemko Batam untuk mengganti direksi BUMD. Kenyataannya, sampai saat ini rekomendasi ini tidak dijalankan.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Aris Hardy Halim mengatakan, DPRD hanya memiliki kewenangan memberi rekomendasi. Untuk aksi, harus dilakukan oleh Walin Kota atau Wakil Wali Kota sebagai pihak yang menerbitkan SK. “Sudah jelas, evaluasi komisi II menyimpulkan dirut (Hari Basuki) harus diganti,” ungkap Aris.

Alasan DPRD merekomendasikan pergantian direksi BUMD karena sebagai badan usaha daerah, BUMD tidak memberi pemasukan yang berarti bagi Batam. Jika BUMD mendapat keuntungan, kata dia, sebaiknya dilaporkan ke DPRD sebagai bahan evaluasi.

Hari sendiri, sudah menjabat posisi yang sama lebih dari lima tahun. “Apa ini tidak menyalahi aturan? Perpanjangan tidak dilaporkan ke DPRD apakah melalui mekanisme rapat umum pemegang saham (RUPS),” kata Aris di ruang kerjanya, kemarin.

Aris mengatakan, sejak duduk sebagai koordinator tim panggar DPRD, belum pernah sekalipun dianggarkan dana operasional BUMD. Pun gaji direksi yang kemungkinan, menurut Aris, diambilkan dari belanja pegawai. “Saya juga tidak tahu,” katanya.

Legislator PKS ini hanya tertawa saat ditanya pendapatanya bahwa “ketidakberanian” Pemko mengganti dirut BUMD sampai saat ini karena Hari didukung oleh Presiden. Pendapat ini, menurutnya hanya suara dari mereka yang membesar-besarkan persoalan. “Kenapa juga presiden mengurus pengangkatan pejabat BUMD yang berdasrkan SK Wako. Makanya, Wako jangan takut mencopotnya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika pernah menyebut, jika memang dirut harus diganti, tidak ada masalah. Termasuk dengan diluncurkannya rencana BUMD menggandeng investor Malaysia membangun pembangkit listrik di Batam. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s