Lomba Lintas Bukit Cumfire 2008 (LL2BC)

Alhamdulillah, dengan membawa 1 orang anak laki-laki ku yg tertua Abdurrachman 12 thn dan dua anak perempuan ku Zhilla 9 thn dan Aisya 7 thn, akhirnya kami selamat sampai di finish.

Aku cukup bangga dan bahagia, bukan karena aku sampai ke titik finish tapi karena aku berkesempatan mendidik anak ku dalam rangka melatih kesabarannya, cinta kepada alam ciptaan Allah dan menumbuhkan kerja sama tim serta menumbuhkan jiwa kesetiakawanan sosial nya.

Kelihatan terlalu tioritis dan lip service memang, tapi aku memang mendapati bahwa dalam suasana praktek langsung dilapangan itu mereka mendapatkan ibrah atau hikmah dari praktek langsung  tersebut dan karena bukan sekedar menyampaiakn sebuah teori…

Pra persiapan Aku memang menyampaikan teori sederhana dalam bentuk pepatah pada mereka:

“Berakit-rakit kehulu,

Berenang-renang Ketepian,

Bersakit-sakit dahulu,

Bersenang-senang kemudian”

Itulah motivasi awal yg kusampaikan pada mereka sebelum keberangkatan pagi 16 November 2008 pukul 07.00wib.

Kusampaikan bahwa kita harus melatih dan menguji kesabaran kita dalam bentuk tempaan diri sehingga suatu saat barulah kita dapat merasakan hasil dan kesenangan.

Kukatakan pada mereka pula saat diperjalalan menuju tempat acara atau tempat pelepasan peserta bahwa kita tidak mungkin bisa menikmati kesenangan dan atau merasakan manis, tanpa kita pernah merasakan sulit dan pahit…. Itu lah teori singkat yg kusampaikan pada mereka, padahal aku baru pagi itu memeberi tahu mereka untuk mengajak serta dalam Lomba Lintas Bukit Cumfire, setelah mereka semua bangun tidur.

Belakangan ini Aku memang jarang sekali sempat untuk bisa bersama-sama anak-anakku dan seluruh keluraga, karena semenjak mendapat amanah sebagai Wakil Walikota Batam praktis kegiatan diluar ku lebih padat, bahkan aku tidak punya hari sabtu dan minggu bersama keluarga karena justru hari sabtu dan minggu lah, aku berusaha memenuhi kewajibanku untuk mengunjungi seluruh masyarakat dalam bentuk kegiatan kegiatan di masyarakat.   Contohnya kehadiran ku di LL2BC itu sesungguhnya dalam rangka memenuhi undangan masyarakat khusus nya komunitas Pencinta Alam di Muka Kuning.  Bersyukur aku terpikir untuk mengikut sertakan Anak-anak ku, kalaulah Istriku tidak sedang mengandung (5 bulan kehamilan), tentulah Iya ku ajak serta, karena aku pernah mengajaknya pada acara serupa yaitu acara Cross Country menelusuri Tower Tegangan Tinggi PLN dari Pembangkit TT PLN di Bukit Mata Kucing sampai ke PLTD PLN di dekat Sukajadi. silahkan lihat disini

Aku berjanji akan memuat foto-foto perjalanan itu karena banyak pemandangan dan momen yg menarik yg kami abadikan, pada rute itu kami menemukan Air Terjun (Siapa kira di Batam ada Air Terjun?) walaupun dengan ketinggian +/- 3 meter tetapi volume Air Terjun nya cukup besar, Aku sempat memijatkan kepala dan pundakku dengan terpaan Air Terjun itu, belum lagi dengan terbentuknya danau dengan luas kurang lebih 300 M2 dengan kedalaman lebih dari 3 meter dan dengan bibir danau yang 100% terbuat dari batu cadas, sehingga Air danau yg sangat bening itu tersa sejuk sekali dan kami gunakan pula untuk minum, Aku sempat membandingkan Air mineral yg kubawa dan botolnya masih melekat dikantong celana ku dan Subhanallah,… jauh sekali lebih nikmatnya meminum Air Danau tsb dibandingkan Air Mineral yg kubawa itu.

Diatas bibir danau yang terbuat dari hamparan batu cadas tersebutlah aku dan ketiga anakku melakukan Sholat Zhuhur berjama’ah, kuajari mereka  melakukan wudhu dengan tidak melepas sepatu dan Sholat masih mengenakan sepatu, sebagaimana Rasulullah pernah mensunnahkan bahwa dalam perjalanan jauh di dalam hutan, ditengah padang pasir dan disituasi perang kita boleh Sholat dengan tidak melepas sepatu,  dengan asumsi kita yakin bahwa kulit kaki kita selama dalam perjalanan tsb terlindungi dari najis, karena kita memakai celana panjang dan mengenakan sepatu bot atau sepatu berkaos kaki tinggi.

Akhirnya kami sampai selamat kegaris finish tanpa menaiki kendaraan apapun walaupun para panitia sempat merayu untuk aku menaiki Abulance karena pada perjalanan yg hanya tinggal 4Km dan setelah kami menceburkan diri di danau yang sejuk itu, kakiku sempat kram… Aku dan ketiga anak ku baru makan siang sekitar pukul 16.00wib setelah finish, padahal dalam perjalanan yg kurang lebih delapan jam itu, kami cuma bersarapan 3 potong roti bakar yg di bagi ber empat karena kami sarapannya pun di dalam kendaraan saat menuju pelepasan peserta.

Itulah pengalaman menarikku hari ini bersama Anak-anak ku, karena aku membawa serta Garmin GPSMap 60CSX ku maka anda dapat mendowload GPS Route dari perjalanan kami itu, silahkan download disini

Alhamdulillah Tim Anakku yg di ketuai oleh Si Sulung dan berjumlah 3 orang, sesuai ketentuan Panitia.
Menjadi satu-satunya Tim yg terdiri hanya Anak-anak dan pertama sampai ke garis finish, sehingga mereka mendapat reward dari panitia dengan keriteria Tim Anak Termuda, Tangguh dan Mandiri.

Info:
Gambar ditas tsb adalah profile GPS yg merekan tinggi rendahnya (Countur) bukit dan lembah yg dilalui serta jarak yg ditempuh.

Alhamdulillah, Akhirnya hari ini 26-11-2008 pkl.23.04 wib selesai juga  meng upload foto-foto tsb:

16 thoughts on “Lomba Lintas Bukit Cumfire 2008 (LL2BC)

  1. Salam Rimba….

    Assalamualikum….

    wah ternyata Pak Ria masih kuat juga ya, untuk mengikuti L2BC, Saya Salut sama Bapak.
    Fotonya jangan lupa di upload ya pak.

    Wassalamualikum…

    ugix
    ——–
    Hi Mas Ugix, Assalamu’alaikum wrwb.
    Senang sekali bisa mengikuti LL2BC (Lomba Lintas Bukit Cumfire) dan bersilaturaiem dan bergaul bersama para Pencinta Alam & Rekan2 Pekerja Muka Kuning yg kedua-duanya merupakan habitat asal saya.

    Sy sangat appreciate kepada seluruh angota Cumfire yg bekerja keras dan tanpa pamrih dalam penyelenggaraan LL2BC siang tadi.

    Selama perjalanan dengan Mas Ugix tadi saya juga merasa mendapat tambahan semangat untuk menyelesaikan perjalanan hingga finish 😀

    Salam Rimba!!! dan salam kompak selalu! samapaikan salam saya kepada rekan2 semua.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. waks untung saya gak bisa datang pak, coba kalau datang pasti ketemu
    hehehe kan saya kluarga dr cumfire🙂

    http://cumfire.org
    ———-
    Hi Mas Joko…. Saya tau malah sudah kebongkar semua tuh kedoknya Mas Joko.
    Sy berbincang2 dengan rekan sepekerja anda di LL2BC kemarin… Jadi anda Webmastr nya! 😉
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. bah… mantap juga Pak ria ini… kuat kali dia bah…
    kupikir nggak sampe di finish… salut Pak… kapan kapan kita main di alam lagi…biar badan kuat kuat kuat.. sekuat macan…
    salam rimba…
    ——–
    Hi Bang Binsar, lama ngak muncul2 nih kemana aja?
    Hiking, Camping & Climbing adalah salah satu Hobby saya… Insya Allah kalau tidak sibuk dan sehat sy akan selaluy bersedia ikutan🙂
    Salam Rimba!!!

    Just Info 31 Des.2008 ini Pemko Batam akan menyelenggarakan Long March 30 KM dalam rangka HUT KOTA BATAM.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. loh?? bukannya si abang lagi di negeri seberang pak??
    dibatam ada air terjun juga toh??
    salam buat ibu ya pak, semoga semuanya lancar sampe harinya
    ———-
    Hi Mba’ Liza, Terimakasih atas kunjungan dan commentnya, salamnya sdh disampaikan.
    Sedangkan Si Abang memang sdg liburan akhir tahun ajaran hingga akhir desember, waktunya beda dgn Batam🙂
    Mengenai Air terjun, nanti sy akan muat foto2 nya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. ha ha ha ha ha minggu kemarin kan kita sama sama CUMFIRE…. aku ikut juga kok… capek juga ya pak…
    ——–
    Kenapa tdk memperkenalkan diri? Dasar!!!! sy di kerjain😉
    Wassalam
    Ria

  6. Long March 30KM kayaknya bakal seru nih.
    sekalian menyambut tahun baru.
    Semoga acara nanti sukses.
    Kami dari pecinta alam dari muka kuning siap berpartisipasi untuk meramaikan acara tsb.
    jangan lupa info pendaftaran dll segera di publikasikan.
    biar banyak yang ikut.

    Salam Rimba
    ———
    Insya Allah Mas Ugix, Thanks atas masukannya.
    Kalau memungkinkan kami undang juga rekan2 pencinta alam lainnya dlm kepanitiaan.

    Salam Kota Batam🙂
    Wassalam
    Ria

  7. Assalamualaikum…

    L2BC memang seru buanget.. apalagi peserta nya seorang Pak Wawako yang fisik nya luar biasa, jd doble dech serunya..
    apa lagi sikecil Zhila dan Aisya yang tak mengenal kata lelah, membuat para peserta Cumpire lain nya bersemangat…( malu dong sama anak kecill.. )
    dan Salut buat Humas Crew satu2nya Instansi yg mewakili pemko batam..
    Suasana makin Kreeenn habiss ketika menjumpai air terjun di tengah Hutan ( Airnya Sueegarr Buangett ).
    salut sekali lagi buat pak Ria yang tak segan2 menceburkan diri dan mandi bersama perserta Cumpire..
    Semoga rasa kebersamaan dapat terus terjalin.. Amin..

    Wassalam..
    ———-
    Pokok nya semua seru banget dech !!!!🙂 🙂
    Saya enjoy dan senang sekali ikutan acara LL2C itu dan rasanya rugi sekali kalu ngak sampe finish he he… saya memang hobby lho lihat aja ini… Sok pamer He he… itu buka sok pamer tapi uswatun hasanah😉

    Thanks & Wassalam
    Ria

  8. ass..wr. wb.

    cumfire oke juga, tapi kayanya kurang jauh tuh…..!

    tapi secara pribadi, saya salut buat anak pak wawa…..!

    wassalam
    ——–
    Ha ha..
    Terimakasih atas apresiasinya.
    Kalu buat Mas Ader kurang jauh tuh!
    Kalau buat saya Pas dech!😉

    Senang bisa ikutan acara LL2C itu.
    Thansk & Wassalam
    Ria

  9. Wah! pak wa2 saya jadi iri..nih!.. kalo nggak lagi hamil insyaAllah saya ikut seperti waktu menyusuri tower pln yang lalu.

    Jadi sekarang cuma bisa dengerin cerita aja dech!….

    salut dan sukses untuk ananda Zhilla dan Aisya serta abang.

    semoga sukses selalu. 🙂
    ——–
    Insya Allah kain kami ajak🙂
    Thanks & Wassalam
    Ria

  10. Tenang aja bu!
    Tiap tahun ada kok. tahun depan mungkin bisa gabung.
    Semoga kandungannya sehat walafiat, dan melahirkan dengan normal dan dalam lindungan Allah SWT.
    dan juga anak yang di lahirkan menjadi anak yang berbakti kepada agama, orang tua, dan negara.
    amin
    ——–
    Amiin Ya Rabbal ‘alamin.
    Insya Allah do’a dari seorang yg jauh dan tanpa pamrih apa-apa akan sangat dikabulkan oleh Allah SWT.
    Jazakallah atas do’a nya.

    Wassalam
    Ria & Istri

  11. Salam Rimba..

    Salut dengan Bapak dan keluarga..
    Salam kenal dulu Pak.. diacara kemarin saya sempat duduk di belakang Bapak dan Pak Nur..
    Dan ditunggu acara Longmarch 30kmnya, jangan lupa Pak ajak RAPI untuk bantuan komunikasinya..

    Wassalam.
    ———-
    Insya Allah Mas Anwar, sampai jumpa nanti di longmarch 30Km Pemko Batam.
    Pasti kami akan Libatkan teman2 Pencinta Alam, cumfire, RAPI, dll.

    Senang bisa membaur bersama-sama warga Batam semua dalam acara2 seperti itu.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  12. Salam Rimba…

    Salut dengan Pak Ria..yang sudah mau mengikuti acara L2BC ini..padahal Bapak seorang Tokoh penting di Kota Batam ini. Biasanya meskipun Hoby, kalo udah jadi orang penting kayanya ogah-ogahan ikutan yang ga penting..
    tapi tidak dengan Pak Ria…

    Semoga dibawah kepemimpinan Bapak, Batam bisa menjadi lebih maju di segala aspek kehidupan..amien..!!!!

    JAYA TERUS PAK RIA….
    ——-
    Hi Mas Iwan, Teriamkasih atas apresiasinya, Insya Allah kegiatan seperti itu sangat baik untuk melatih kesabaran, kesetiakawanan sosial dan senasib sepenanggungan.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  13. Met siang Pak Ria,…
    Gimana nih acara Long March nya?
    kok belum ada kabar- kabari.
    kakiku dah gatal2 nih pengen jalan jauh lagi.

    ugix
    ——–
    Mas Ugix, Thanks atas comment nya.
    Sebenarnya seharusnya sudah tuh, sebab saya dapat laporan dari Kakanpora, sudah ada pertemuan dangan Cumfire & RAPI.

    Kalaupun mungkin miss pasti ananti tetap dihubungi, just info, ternyata pelaksanaannya Tgl.31 Dec 2008.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  14. Assalamualaikum…

    Selamat ya Pak bisa sampai di finish..L2BC mang seru banget, apalagi bersama Pak WAWA. Jadi ingat waktu ikut thn 1997.walau luka operasi apendix blom sembuh total tapi tetap aja pergi bersama rombongan. Moga masih ada kesempatan untuk ikut lagi. Dan semoga bisa bertatap muka dan poto bareng Pak WAWA beserta Istri dan ank2nya. (Semoga bisa menjadi warga BATAM).

    Sukses Selalu Pak Ria
    ————
    Hi Innah, Assalammu’alaikum wrwb.
    Wah betul sekali tu nah!
    Seru sekali L2BC nya saya jadi ketagihan, apalgi kalau pesertanya makin banyak tentu makin seru.
    Kita bisa saling berbaur dan foto bareng, silahkan ajal lihat contoh foto2 diatass🙂

    Memangnya anda sekarang berada dimana?

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s