Komitmen Camat Se Batam Mulai 24 Des.2008 KTP Siap selambatnya 2 Minggu

Selasa, 18 November 2008
BATAM (BP) – Pemakaian software baru dalam pembuatan KTP berbasis sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) tak otomatis menyelesaikan persoalan lambannya pembuatan KTP. Di Kecamatan Sekupang misalnya, masih ada 1.056 permohonan KTP yang belum dicetak.

Dalam rapat panitia anggaran (Panggar) di DPRD Batam, Senin (17/11) kemarin, persoalan lambatnya pembuatan KTP SIAK itu banyak dipertanyakan Dewan. Sejumlah camat ditanya, apa kendala pembuatan KTP SIAK itu sehingga memakan waktu berbulan-bulan.

Ada camat yang mengaku tak ada masalah dengan pembuatan KTP di wilayahnya. Seperti Camat Lubukbaja Dece Awidaria yang mengaku, sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) pengurusan KTP, kantornya bisa menyelesaikan KTP tak sampai dua minggu. ”Empat atau lima hari sudah bisa cetak. Cuma kendalanya, kalau listrik mati seperti minggu lalu, itu bisa menghambat,” katanya.

Di Sekupang lain lagi. Menurut Camat Sekupang Raja Kamarulzaman, masih ada 1.056 KTP yang belum selesai dicetak di kantornya. Namun, ia berjanji akan menuntaskannya sampai akhir bulan ini. ”Mulai Desember nanti, semuanya sudah berjalan normal. Kami komitmen dua minggu sudah jadi,” tukasnya.

Anggota Panggar DPRD Batam Onward Siahaan, mengatakan, para camat harus memiliki standar yang jelas soal berapa lama pembuatan KTP itu bisa diambil oleh pemohonnya. Jangan di satu kecamatan bisa selesai dua minggu, di kecamatan lain sampai berbulan-bulan.
”Jangan sampai, di tingkat pimpinan komitmennya selesai dua minggu, di lapangan baru bisa selesai berbulan-bulan. Ini merugikan masyarakat,” tukasnya.

Batam Pos juga pernah bersentuhan langsung dengan pembuatan KTP itu. Meski Wakil Wali Kota Batam sudah berjanji KTP bisa selesai dua minggu, namun di lapangan, masih ada staf kecamatan yang mengatakan, KTP baru bisa diambil setelah satu setengah bulan setelah pemotretan.

Dalam rapat kemarin, Panggar menyetujui dana Rp1,4 miliar untuk kelancaran pembuatan KTP dan KK SIAK itu. Dana ini, antara lain untuk honor operator KTP SIAK Rp700 ribu per bulan. Satu kecamatan minimal memiliki dua operator dan maksimal lima operator.

15 Hari, Cetak 13 Ribu KTP
Sejak 3 November lalu hingga dua pekan sesudahnya, camat-camat di Batam mampu mencetak 13 ribu KTP.

Peningkatan ini, menujukkan tren naik, sejak camat diberi peringatan soal KTP SIAK yang lambat dan mulai dipakainya software baru KTP SIAK. Dari hasil pencetakan KTP SIAK itu, jumlah terbesar dicapai Kecamatan Batuampar dengan 1.300 KTP atau 10 persen dari total KTP yang dicetak dalam dua pekan terakhir.

Selanjutnya, mulai 24 Desember nanti, atau bertepatan dengan HUT Pemko Batam, semua camat bertekad akan kembali ke standar pelayan minimum (SPM), yaitu pembuatan KTP paling lama hanya dua pekan saja.

”Saat ini pun sudah ada yang sanggup. Itu (tangal 24 Desember) hanya momentum saja,” kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika di ruang kerjanya, kemarin.

Jika sampai tanggal itu masih ada camat yang belum dapat memenuhi komitmen SPM ini, maka akan diberi lampu merah. Sesuai kesepakatan, akan ada sanksi bagi camat yang tidak memenuhi SPM mulai tanggal itu. ”Di satu sisi, kita bantu juga dengan penyediaan software baru. Jadi kita tidak tinggal diam juga,” kata Ria.

Software baru ini, selain bisa mencari alternatif jaringan sendiri dan tidak hanya wireless, juga memberi kemudahan dalam penghapusan data. Camat atau pun operator, bisa menghapus data seseorang, seperti WNA Singapura yang baru-baru ini diminta agar dihapus datanya. Hanya saja, untuk menghindari penyalahgunaan kemudahan ini, penghapusan data harus mendapat izin dan konfirmasi dari administrator di KTP SIAK di Disduk. ”Tanpa approval (persetujuan) dari administrator, tidak bisa dihapus,” katanya.

Setelah SPM terpenuhi, Pemko akan mempublikasikan status KTP di website. Lebih lanjut, bisa juga dengan mengajak operator selular menambah layanan mereka. Warga bisa mengirimkan SMS untuk meminta status kepengurusan KTP mereka kepada nomor tertentu yang disediakan operator, seperti layanan-layanan operator selular selama ini yang bisa memberi jawaban langsung pertanyaan tertentu dari pelanggan.

Bisa juga, katanya, menggunakan identitas itu untuk regsitrasi awal. ”Tapi sementara lewat internet dulu,” tukasnya. (med/ary)
Sumber: http://batampos.co.id

17 thoughts on “Komitmen Camat Se Batam Mulai 24 Des.2008 KTP Siap selambatnya 2 Minggu

  1. “Panggar menyetujui dana Rp1,4 miliar untuk kelancaran pembuatan KTP dan KK SIAK itu. Dana ini, antara lain untuk honor operator KTP SIAK Rp700 ribu per bulan. Satu kecamatan minimal memiliki dua operator dan maksimal lima operator.”
    Sisanya buat apa pak? Kalau setiap kec punya 5 operator, hitung2nya menjadi,
    5 (org) x 12 (kec) x 12 (bln) x 700.000 = 504 juta.
    Sisanya untuk apa pak Ria ?
    Kertas, listrik, PC baru, Kamera, Printer, Ganti software baru ?

    Tapi terus terang, Masalah KTP batam aja dech yang rame se indonesia(se dunia juga), coba search di google dg keyword KTP SIAK. Publish media di batam sungguh luar biasa.
    ———–
    Hi Mas Younan,
    Terimakasih atas tausiahnya Insya Allah kalkulasi anda benar,
    Tapi tentu kalau bicara Insentif, Ya seperti yg anda hitung itu, Saya kira tidak mungkin di Mark-Up, sekarangkan sangat ketat untuk Audit APBD tsb! Sy yakin Rp.1,4M itu bukan untuk KTP SIAK saja, dan Tim Panggar lah yg mengetahuinya… Nanti saya carikan dech jawabannya. 🙂

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. menarik sekali.
    sebetulnya para operator dan camat bisa melampui target 2 minggu jadi KTPnya. saya yakin.
    namun kadang, “knapa bisa dibuat susah dibuat gampang?”
    nah, persoalannya adalah mental dan etos kerja. smoga pak wawa bisa memecahkan PR ini.
    ———
    Hi Mas Aris, Terimakasih atas masukannya, yg anda sampaikan benar, lagipula 2 minggu yg dimaksudkan itu diharapkan sebagai berjaga-jaga dan dengan maksud selambat-lambatnya, artinya sangat mungkin KTP dibuat 1 minggu bahkan 3 atau malah dalam satu hari.

    Tapi saya kira ini sudah perkembangan yg baik, walaupun kalau nanti sudah direalisasikan kita coba evaluasi lagi agar bisa di tekan hingga dibawah satu pekan dan seterusnya 🙂 🙂 Slow but Sure! Alon-alon Asal Klakon!

    Do’akan saja kami akan terus bekerja keras untuk itu.
    Wassalam
    Ria

  3. asyik banget ya kalo bisa secepat itu.
    oya, kalo mau buat perpindahan KK ke Batam, mesti urus kemana dulu?
    dengan persyaratan apa?

    Go Batam!!!
    ———-
    Hi Williyanti, Terimakasih atas support nya.
    Anda bisa mendatangi dan meminta pengantar dari tempat asal, kecamatan yg dituju dapat mengerjakannya sendiri bila sudah ada surat pindahnya.
    Semoga anda tidak mendapatkan kesulitan dalam melakukannya.

    Wassalam
    Ria

  4. Saya mau tanya apa sekarang perpanjang KTP Batam yang expired 1bulan selesai dan dengan biaya yang cukup tinggi sekitar Rp 300.000? Masa lebih RUMIT di BATAM di bandingkan JAKARTA?
    Jakarta saja hanya Rp 25.000 ( 2hari kerja ) itu pengurusan KTP yang expired, kalo yang tepat waktu hanya sebelum habis kita lapor dan pada hari habis nya KTP kita datang itu hanya Rp10.000 KTP langsung diberikan kita hanya sidik jari yang langsung masuk Komputer data langsung keluar dan tanda tangan yang langsung juga masuk Komputer…KITA ACUNGI JEMPOL UNTUK JAKARTA…salut saya untuk JAKARTA SISTEM KERJA EFFISIEN,CANGGIH dan BIAYA REASONABLE!!!
    ———-
    Hi Vitri, Terimakasih atas laporannya, kami dapat memahami dan ikut meresakan kekecewaan ini, apalagi ditengah-tengah kami sedang dan terus memperbaiki kondisi pelayanan saat ini.
    Tapi kalau juga boleh curhat, sebenarnya kami kurang nyaman di Katakan

    Masa lebih RUMIT di BATAM di bandingkan JAKARTA?
    KITA ACUNGI JEMPOL UNTUK JAKARTA…salut saya untuk JAKARTA

    Padahal selama ini memang sangat banyak warga Jakarta yg berusaha mendapatkan KTP Batam, karena Pemilik KTP Batam memiliki nilai tambah lain yaitu Free Fiskal untuk bepergian keluar negri.
    Belum lagi bila melihat banyaknya pemberangkatan TKI melalui embarkasi Batam.

    Walaupun begitu masukan ini tetap akan kami tindak lanjuti karena tidak berjalan sesuai proscedur.

    Mhn ma’af & Wassalam
    Ria

  5. untuk petugas camat nongsa,saya perpanjang ktp sudah hampir 3minggu data saya masuk tapi kenapa belum siap juga ya?
    ayo donk kenapa pekerjaan para pegawai camat sangat tidak profesional y,
    saya tanyakan kpd petugas di camat,masalahnya apa?tapi jawaban yang diberikan sangat tidak profesioanal!!
    ——–
    Hi Ida,
    Terimakasih atas laporannya, sebaiknya dalam melaporkan hal seperti ini anda memasukkan data lengkap juga via email, sehingga kami dapat membantu untuk menindaklanjutinya.

    Insya Allah akan sy samapaikan pd Camat bersangkutan.
    Wassalam
    Ria

  6. tuk konfirmasi pak,dari komentar sebelumnya yg pernah saya berikan bahwa ktp saya yg sedang diposes di camat nongsa sudah selesai dan juga mendapatkan informasi tentang keterlambatan dari petugas setempat,,,,
    trima kasih tuk bantuan bpk/ibu camat nongsa.
    harapan saya hal ini tidak terjadi pada masyarakat lain yang juga ingin mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas setempat..wassalam
    ———-
    Alhamdulillah, terimakasih atas pemberitaan ini mba’ Ida, walaupun belum merupakan sebuah prestasi paling tidak ada perbaikan.
    Insya Allah kami masih serius dan tetap semangat dalam melakukan perubahan dan perbaikan ini.

    Terimakasih atas supportnya & Wassalam
    Ria

  7. Majunya sebuah negara memang di awali dengan membenahi sistem. Dalam membenahi sistem perlu istiqomah. Maju terus pak wawako….slow but sure! 🙂
    ——–
    Insya Allah, Allahu Akhbar!!!

  8. saluuttt.,.,.,.,., untuk 2 minggunya
    ——-
    Insya Allah Do’a kan saja, semoga realisasinya cepat terlaksana!
    Kami masih semangat dan serius untuk mewujudkan pelayanan yg terbaik tersebut bagi masyarakat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  9. asslam, pak ria. Mampir aja. Udah lama tak bertemu.. ketemunya di blog terus, pak ya… Makasih KTP SIAK-nya pak. KTP saya dijanjikan selesai tiga minggu pak. Itu udah yang paling cepat. Trima kasih..
    ——–
    Hi Mas Ghazan, katan Rasulullah silaturaiem itu akan memanjangkan umur dan memurahkan rezeqi 🙂
    di zaman cyber ini Silaturahiem juga dapat dilakukan dengan menggunakan hitech he he.
    Ha ha ha… Satu setengah bulan aja sudah terimakasih, apalagi dua pekan atau satu pekan 😉

    Terimakasih ya atas kunjungannya.
    Wassalam
    Ria

  10. alhamdulillah,
    setelah dua bulan lebih menunggu akhirnya katepe saya selesai juga.
    Betapa tidak dengan 2 bulan itu pajak motor pun terlambat. Rencana-rencana perjalanan pun tertunda daripada berabe kena razia.
    pada waktu pengambilan ada sebuah dialog
    suasana kantor kecamatan mulai ramai sementara seorang bapak paruh baya datang dan mulai bertanya di tengah desakan pemohon ktp
    Pemohon ktp : siang pak, saya nak ambil ktp bulan desember lalu
    staf kecamatan : walah pak desember khan belum lagian kalo bapak ambil yang bulan November belum tentu ada
    Pemohon ktp : Iya pak saya tau, tapi ini bulan desember 2007
    staf kecamatan : ????????????
    Pemohon lain : Gerrrrrrrrrr……..

    semoga dari kisah ini menjadi pelajaran untuk dapat kita tindak lanjuti agar lebih baik pelayanannya

    hormat kami
    andre
    ———-
    Hi Pak Andre, Assalammu’alaikum wrwb.
    Alhamdulillah, anda tetap memuji Allah dengan segala hambatan yg anda hadapi.
    Terimakasih atas kesabaran dan laporan yg disampaikan dalam bentuk narasi ini.

    Insya Allah kami tengah finalisasi permasalahan2 KTP ini semoga tidak lama lagi permasalahan ini sudah clear.
    Perlu juga kami sampaikan kami tetap semangat dan serius memberesin masalah lambatnya KTP ini.
    Paling tidak sejak sebulan ini sudah banyak hasil yg didapat.

    Laporan2 seperti akan terus menjadi motivasi bagi kami.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  11. Assalamualaykum Wr Wb
    Alhamdulillah bila memang system registrasi KTP dan commitment camat untuk membuat KTP di terapkan , dan tentunya hal ini sangat menolong segala urusan yang mengharuskan memiliki KTP Batam.

    Namun untuk lebih berjalan program yang di terapkan sesuai dengan standard yang di tetapkan, ada baiknya di samping monitor dari pejabat yang terkait juga adanya setiap kecamatan memiliki website untuk urusan KTP ini di samping urusan lain, sehingga bagi yang ingin mengetahui prosess KTP nya bisa di tanya melalui website tsb, sehingga kita tidak bolak balik menghabiskan Biaya, waktu dan tenaga hanya untuk menanyakan process KTP kita.

    Wassalamualaykum Wr Wb
    joni
    ———–
    Insya Allah.. Inproggress
    Tapi untuk satu Batam buka per kecamatan tapi bisa di filter per kecamatan.

    Thanks atas supportnya Pak Joni
    Wassalam
    Ria

  12. Assalaamu’alaykum,

    Mau curhat nih pak. Barusan hari ini selepas jum’atan suami saya ngurus perpanjangan KTP dan KK di kecamatan Nongsa. Proses dari pengurusan mulai tingkat RT sampai Kecamatan Alhamdulillaah berlangsung lancar. KTP perpanjangan gratis, dan KK dikenai biaya yg reasonable sebesar Rp 5.000,- (pleus map Rp. 5000,-).

    Tapi ada ganjalan nih pak, masa nama saya sebagai istri ditolak masuk di petugas kecamatan karena KTP saya belum KTP batam, kan saya sudah punya KTP jakarta, cuman kebetulan ikut suami di Batam. Tapi saya kan sudah punya NIK. Bukannya dg sistem SIAK harusnya 1 nomor bisa berlaku di seluruh kota di Indonesia ?

    Jadi aneh aja nanti pas KK-nya keluar (1 bulan lagi ?) ada suami, dan anak-anak saya tapi nama ibunya ngga’ ada…

    Memang gimana sih peraturannya pak ? Apa hal-hal spt ini tidak bisa diakomodir ?

    Terima kasih sebelumnya. Semoga Pemko dan jajarannya sampai ke tingkat paling bawah terus berbenah meningkatkan pelayanan publik-nya kepada para pembayar pajak di Batam.

    Wassalaamu’alaikum,
    ———
    Hi Ummu Abdillah, Assalammu’alaikum Wrwb.
    Terimakasih atas laporannya, mohon maaf atas ketidak nyamanan anda.
    Sebenarnya secara peraturan setiap yg pindah dari manapun wajib menyertakan surat pindah, dan karena biasanya surat pindah tersebut berfungsi sekaligus pencabutan data kependudukannya di tempat asal, sebab kalau tidak maka anda dianggap menggunakan KTP Ganda.

    untuk itu saya cuplikkan beberapa comment dari posting2 terdahulu

    Dengan hormat,

    Begini Pak, saya punya KTP ada 2, dari kota asal saya (Yogya) & Batam,,,,,
    Nah yg mau saya tanyakan, bagaimana sistem pencatatan kependudukan di Indonesia? Dimana setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 KTP,apa sanksi untuk itu dan jika ada apakah itu benar-benar sudah di laksanakan?

    terima kasih..
    ———
    Hi Srikandi R, Terimakasih atas kunjungan dan comment nya.
    Dingan terlah diberlakukannya UU. No.23/2006 (Silahkan Download disini) maka tidak dibenarkan lagi WNI memiliki KTP atau KK lebih dari satu, bahkan sangsinya cukup berat silahkan baca dibawah:

    UU.No.23/2006
    Pasal 97
    Setiap Penduduk yang dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai kepala keluarga atau anggota keluarga lebih dari satu KK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 ayat (1) atau untuk memiliki KTP lebih dari satu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (6) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

    Sedangkan apakah akan mulai diberlakukan?, tentu tergantung para penegak hukum, dan sangat mungkin sekali manakala kita tersandung kasus kecil yg tidak ada kaitan langsung, lalu akhirnya ditemukan anda memiliki dua KTP maka pada saat itu aturan diatas bisa saja diterapkan pada anda.
    mohon maaf tidak untuk menakuti, sekedar berjaga-jaga.

    Semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

    Akan tetapi selama ini kami memberi kebijakan & kemudahan untuk hal2 terkait kasus serupa Ibu, yaitu manakala Suami/Istri dari warga Kota Batam ini memiliki Istri/Suami yg belum memiliki KTP Batam. dan dibuktikan dengan dokumen2 lainn yg syah!

    Demikian semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  13. Assalamu’alaikum..Pak Ria

    saya salut dengan komitmen para Camat tersebut,
    tolong bapak jelaskan,
    1. apa pengurusan KTP dipungut biaya atau tidak ??
    2. kalo IYA, berapa dana yang diperlukan untuk pengurusan KTP tersebut ?
    3. klo TIDAK dipungut biaya, kenapa para pegawai di kecamatan Sekupang meminta uang untuk pengurusan tersebut?

    contoh. pada saat kita mengajukan surat permohonan pembuatan KTP baru (dari KTP kuning ke KTP SIAK) petugas kecamatan SEKUPANG meminta “UANG CAPEK” ?? begitu ditanya berapa jumlahnya? dengan inisiatif kita berikan Rp. 10.000,- dan spontan petugas tersebut menjawab “..kalo segitu kurang…biasanya Rp 20.000,- minimalnya ….”…….

    ?????????????????????????????
    ———–
    Hi Pak Arya Andana, Assalammu’alaikum wrwb.
    Teriamaksih atas laporannya berikut ini saya sampaikan penjelasan biaya KTP:

    Biaya pembuatan KTP secara resmi adalah:
    1. Perpanjangan KTP adalah Gratis!!
    2. Pembuatan KTP Baru ada retribusi sebesar Rp.10.000, (Sepuluh Ribu Rupiah)
    3. Pembuatan KK Rp.5.000, (Lima Ribu Rupiah)

    Diluar itu maka itu tidak prosedural dan boleh di tolak.
    Demikian informasinya semoga bermanfaat.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  14. Dear Bpk Ria,

    Saya hanya mau menyampaikan bahwa saya sudah menunggu KK saya selama 1 tahun, bulan oktober 2007 sy memperpanjang KTP bersama suami sekaligus mengurus penggabungan KK (saya dan suami) setelah 5 bln menunggu, KK selesai, tapi NAMA SUAMI dan anggota keluarga lain salah, kami minta diproses, bersamaan anak kami lahir, kami mengajukan untuk nama anak kami disertakan dan sudah menyerahkan dokumen pendukung. Tapi sampai detik ini, tidak ada kabar berita, dan kami dengar perbaikan dikirim ke Jakarta, sungguh aneh, sampai kapan kami harus menunggu, anak sudah hampir 1 tahun, tanpa KK, kami tidak bisa memperpanjang paspor atau membuat paspor baru. Kalau menangis, sudah tidak ada air mata lagi Pak Ria. Dan tidak tahu harus bertanya kemana.

    Mengenai Jakarta, saya tidak membandingkan dengan Jakarta, tapi kalau dibanding kampung saya di kalimantan sana, masih lebih baik dan cepat pelayanannya, dan tidak membedakan warga (kaya atau miskin, pribumi atau non pribumi).

    terimakasih
    ———–
    Dear Bu Lena,
    Saya ikut prihatin dengan apa yg Ibu alami, kalau boleh saya membantunya tolong email kan data lengkap Ibu kepada kami, email saya dapat dilihat di Contact pada Weblog ini.
    Terimakasih atas comment dan laporannya.

    Insya Allah akan kita perbaiki, Semoga ini akan terus memotivasi kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kami kepada Masyarakat… Dan Percayalah bahwa kami sedang dalam perbaikan hal tersebut… Semoga Hal ini tidak lama lagi akan clear 100% kecuali yg memang ada kesalahan2 administrasi.

    Demikian mohon dukungannya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  15. Maaf Pak, tampilannya acak-acakan. Kalau saya boleh tau, alamat email Pak Ria. Rasenye banyak gagasan-gagasan yang nak saye tumpahkan, tetapi saye tak tau mesti kemane. Di Lingga (kampung halaman saye/ Dabo Singkep), malah saye tak ade harge, dan gagasan saye dianggap mimpi, serta saye dianggap budak kecik. Sehingga, cakap sayepun seperti GIGO (Gerbage In Gerbage Out).

    Mendra Wijaya
    08125815xxx
    ———
    Hi Mendra Wijaya, Terimakasih atas kunjungan, comment dan tulisannya.
    Email saya dapat dilihat di conntact pada weblog ini.
    Comment yg panjang itu sudah saya save ke hardisk saya. karena diletakkan disitu terlalu panjang.

    Semoga dapat dimaklumi.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  16. assalamu’alaikum…

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada pak Ria atas Informasinya yang sangat2 membantu saya..

    semoga tetap jaya

    wassalam..
    ———-
    Hi Pak Arya Andana,
    Terimakasih atas comment dan apresiasinya.
    Semoga kami selalu dapat mewujudkan pelayanan terbaik untuk warga Batam.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  17. Dear Pak Ria
    Pak Ria saya mau menyampaikan keluhan saya.
    begini pak,saya bikin KTP bersama istri saya 6 bulan yang lalu.Sedang punya saya dan KK nya sudah selesai 2,5 bulan kemarin.KTP istri saya sampai sekarang gak jelas keberadaanya,saya tanyakan kepada petugas Pel.Umum(Bpk Junaidi Kec Sekupang) katanya pas fotonya hilang dan disuruh foto lagi.Kami disuruh nunggu 3 minggu dan setelah itu katanya hilang setelah saya konfirmasikan ke bagian percetakan dan katanya sudah dicetak.
    (Sudah hampir 10 kali saya bolak balik ke kantor Kecamatan dan jawabannya selalu sama)
    Terima kasih sebelumya dan mohon bantuannya

    ———–
    Hi Achmad Hariyanto,
    Teriamakasih atas laporannya, Insya Allah akan kami perbaiki.
    Tapi kalau boleh tau sejak kapan anda mengajukan permohonan tsb dan tolong tulisakan data lengkap anda dan keluarga lalu kirimkan ke email saya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

    .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s