20 Ribu KTP Rampung 20 Hari

Jumat, 28 November 2008

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengklaim, penerbitan kartu tanda penduduk (KTP) berbasis sistem informasi dan administrasi kependudukan (SIAK) dengan software (perangkat lunak) baru, sudah bisa memecahkan masalah keterlambatan selama ini.
Menurut Ria, dalam 20 hari penggunaan software baru tersebut, sebanyak 20 ribu permohonan KTP bisa diselesaikan.

Hal itu dikatakan Ria menanggapi masih adanya keluhan soal keterlambatan penerbitan KTP karena belum maksimalnya penggunaan software baru. ”Siapa bilang? Penilaiannya dari mana? Dalam 20 hari saja sudah 20 ribu KTP bisa diselesaikan. Itu belum termasuk KK,” ujar Ria di Sekupang, kemarin.

Kalaupun ada keluhan, lanjutnya, itu karena masih adanya sisa KTP lama sebelum penggunaan software baru. Bahkan di Kecamatan Sekupang yang permohonan KTP sempat menumpuk bisa dibereskan. Camat Sekupang Kamarulzaman yang berdiri di depan Ria ikut membenarkan itu.

Meski pengurusan KTP sudah lebih cepat, namun Pemerintah Kota Batam, jelas Ria Saptarika, berkomitmen untuk lebih mempercepat lagi. ”Seluruh camat sudah komit mulai tanggal 26 Desember, waktu pengurusan KTP selambat-lambatnya dua minggu,” kata Ria usai menjenguk Camat Belakangpadang Noor Fauzi yang diarwat di Rumah Sakit Otorita Batam, kemarin.
Ria mengaku, dengan software baru ini, ia bisa memonitoring permohonan KTP yang masuk. Kapan dan di mana saja. Bahkan bisa tahu berapa operator yang bertugas. ”Sekupang yang paling tinggi, lima atau enam orang,” ungkapnya.

Tidak hanya Ria yang bisa monitoring, antara petugas atau operator di tiap kecamatan bisa berkomunikasi karena adanya fasiliats chatting pada software baru ini. Kedepan, lanjutnya, software akan dikembangkan sehingga masyarakat bisa memonitoring permohonan KTP-nya. Melalui internet atau pesan singkat. ”Apakah sudah dientry, dicetak, atau tidak diapa-apakan. Jadi tidak perlu ke kantor camat lagi,” katanya. ***

8 thoughts on “20 Ribu KTP Rampung 20 Hari

  1. assalamualaikum, wr,wb

    Rumah kami rumah sederhana. Kalau berkenan, singgahlah ke pos ronda RT kami, guna berbagi cerita dengan penghuni rumah di tempat kami, dengan alamat; http://www.batamcendana.web.id/

    salam akrab
    warga cendana
    ————-
    Hi Pak RT, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kunjungan & Silaturahiem nya.
    Sy sdh berkunjung ber sana kok🙂
    Wassalam
    Ria

  2. Yth Wakil Walikota Batam
    Bapak Ria Saptarika

    Assalamu Alaikum, Semoga Bapak beserta staf selalu dalam lindungan ALLAH SWT, dan sukses selalu dalam karir.

    Kami warga perumahan Legenda Malaka RT 02/ RW 04 Baloi Permai Blok F4 no.1 sampai dengan no.20 type 36, sangat resah dengan adanya tower Infokom yang berdiri dilokasi SMPN 12. Mengingat posisinya sangat dekat dengan pemukiman warga dan complain keberatan sudah kami sampaikan baik dengan telepon dan surat resmi dari warga, surat diketahui RT/RW setempat.

    Sampai saat ini, surat tersebut tidak ada tanggapan dari pihak Infokom Pemko Batam. Dan keluhan ini sudah naik juga di Harian Pagi Batam Pos di rubrik Batam Beres dan juga tayang Batam TV, Jumat 21 November 2008, itupun juga tidak mendapatkan respon dari pihak Infokom.

    Puncak kekhawatiran kami, tatkala di harian pagi Batam Pos, hari ini (jumat, 28 NOvember 2008) adanya berita tentang tower (towernya persis seperti diperumahan kami) yang tumbang di Tanjungpinang dan menimpa perumahan warga (http://batampos.co.id/kepri/kepri/dua_rumah_hancur_tertimpa_tower_pager/). Kami khawatir ini akan terjadi pada kami, intinya “jangan sampai menunggu ada korban dulu, baru bertindak”. Sementara kondisi tower tersebut sudah berkarat dan kecondongannya ke rumah warga, mengingat sekarang juga cuaca tidak bagus, seringnya hujan lebat disertai angin kencang.

    Mohon perhatian dan kebijaksaan dari Bapak, demi keselamatan kami, warga di sekitar tower tersebut.

    Wassalam

    Nelda
    Warga Perumahan Legenda Malaka Blok F4/8
    HP: 0811696xxx
    ———–
    Hi Bu Nelda, Assalammu’alaikum wrwb, terimakasih atas laporannya, Alhamdulillah action kami lebih cepat dari pada membalas laporan ini,

    karena Saya langsung bersama Kaban Kominfo Kota Batam, sudah meninjau di lapangan, bersyukur karena Tower itu memang baru saja di non aktifkan, sehingga Tower itu bisa segera di bongkar, Semoga realisasinya dapat sangat cepat.

    Terimakasih juga atas kerjasamanya dilapangan, karena Kami dapat bertemu Ibu dan Pak RT pada hari senin 01-12-2008 kemarin.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Pak Ria
    Setiap postingan anda, hampir semua saduran dari berita suratkabar di batam, baik dari batampos, sijori atau tribun dll.
    Alangkah lebih etis, jika diberi keterangan source atau referensinya. Itu adalah hak sumber berita untuk disebutkan.
    Enak di pak ria dong, tinggal copy paste, yang terkenal Pak Ria aja :p.
    Kasihan wartawan dan redaktur-nya, dan bos yang membayar mereka🙂
    ———
    Hi Mas Younan, Anda benar terimakasih atas kritiknya! dan saya tidak pernah lupa menyertakan sumbernya dari mana saja, dengan cara mengumpulkannya ke dalam category (Klipping Koran Lokal, Maupun Nasional, bahkan juga saya berikan dalam bentuk tagging…. Dan itu untuk yg saya masukkan apa adanya tanpa edit barang setitik pun, (artinya kalau di article tsb sudah menyantumkan inisial penulisnya tak setitikpun sy hapus!)

    Sedangkan bila ada yg saya tambahkan dan berikan catatan, biasanya selain menulis sumbernya link nyapun saya ikut sertakan, contohnya, silahkan klik disini

    Dan satu hal positif lainnya dari yg saya lakukan disini adalah, menjadi back up database juga baik buat koran tsb, maupun buat masyarakat, tidak percaya coba buktikan, clipping2 lama yg masih ada dalam Blog saya, bahkan di sumbernya saja sudah tidak ada!

    bahkan ada yg menarik baru2 ini tidak perlu saya sebutkan siapanya! bahkan saat database mereka pernah terhapus secara accident clipping saya merupakan backup nya!

    Demikian Mas Younan, semoga dapat difahami…. memang untuk menulis sendiri saya masih belum punya banyak kesempatan dan keahlian, setidaknya mejawab masyarakat dan pengunjung Blog ini saya jawab dan ketik sendiri.🙂 🙂

    Sesekali saya akan menulis juga nantinya!

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Dear Pak Ria.

    Masalah KTP, saya sudah mengurusnya sejak 28 Oktober 2008 dengan memberi KTP kuning yang asli hingga saat ini KTP saya belum kelar2 juga. Dan sebagai pertinggal saya hanya diberi resi keterangan pengganti KTP disertai dengan copy KTP saya yang lama.

    Terimakasih

    yans
    http://yans.blogdetik.com
    ———
    Hi Yans, terimakasih atas laporan, tolong anda kirim data lengkap anda ke email sy.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Two Thumbs Up untuk camat Batam Kota memenuhi komitment dalam proyek pengurusan KTP

    1. Bismillah
    2. Submit berkas ke Kelurahan 18 Nov 08
    3. Submit berkas ke kecamatan 18 Nov 08
    4. Collect KTP Siak di kecamatan 2 Dec 08
    5. Alhamdulillah

    Waktu yang dibutuhkan (termasuk hari sabtu dan minggu) = 15 hari
    ———
    Allahu Akhbar!!
    Mantab!!
    Insya Allah diwaktu mendatang masayrakat Batam akan dapat mengetahui status proses KTP nya, melalui website bahkan SMS.

    Demikian pula pada 24 Desember 2008 ini akan menjadi komitment Camat se Kota Batam bahwa SPM (Standard Pelayanan Minimum) maksimum lama pembuatan KTP itu 2 minggu.

    Se Kota Batam karena masih ada Kecamatan yg butuh waktu unutk menyelesaikan tumpukan lama nya!
    Dan 80% Kecamatan lainnya sudah mulai SPM itu lebih awal lagi, contohnya Batam Kota, Nongsa, Lubuk Baja, Bengkong, Sagulung dll.

    Demikian dan Terimakasih atas apresiasi dan dukungannya!

    Thanks & Wassalanm
    Ria

  6. Selamat Pagi Pak RIA, semoga sehat selalu, dan bisa semangat bekerja demi kemajuan BATAM tercinta.

    Pada forum ini, saya ingin mengeluhkan tentang lamanya pembuatan KTP di kecamatan Sekupang. saya mengajukan permohonan pada tanggal 12 Agustus 2008, namun selesainya baru desember 2008. padahal saya membuat KTP bukan karena ingin mencari kerja di batam, tetapi karena saya dimutasi perusahan ke batam.

    Selain itu, pada saat saya mengambil KTP, menanyakan perihal kenapa KK saya belum jadi. dijawab petugas dengan nada kecus, cobalah kesini lagi seminggu ato duaminggu lagi. itu berarti tidak adanya kepastian kapan KK saya selesai. di daerah laih biasanya KTP dan KK selesai bersamaan. kenapa di batam beda??? dan juga karena tidak ada kepastian, berarti saya harus bolak-balik kecamatan hanya untuk mengambil KK.

    demikian, terimakasih.
    mari sukseskan BATAM DIGITAL ISLAND demi mendukung VISIT BATAM 2010
    ———
    Hi Pak Agus,
    Terimakasih atas comment dan laporannya.
    Insya Allah akan kita perbaiki, kalau berkenan tolong email kan data lengkap anda kepada kami, email saya dapatdi lihat di Contact pada Weblog ini.

    Semoga ini akan terus memotivasi kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kami kepada Masyarakat.

    Mari Jadikan BATAM DIGITAL ISLAND!

    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. Dear Pak Ria
    Tolong petugas kecamatan untuk pembuatan KTP di sekupang di tegur, soalnya kalau kita bertanya jawabnya suka ketus dan tidak kooperatif.. .sudah banyak yang mengeluh.
    Saya sedang mencoba untuk mengurus KTP dik saya yg baru datang dari kampung, rencana saya mau mencarikan kerja sekaligus mau kuliah disini.
    Karena domisili dan kk saya beralamat di taman sari tiban, maka adik saya menumpang di KK kami, tetapi petugas disana menjawab harus pakai surat pindah..
    Padahal saya sudah melampirkan KTP ASLI dari kampung juga..
    Mohon bantuan dan solusinya untuk masalah ini pak .
    Salam Hormat
    ————
    Hi Mba’ Dewi,
    Terimakasih atas laporannya dan mohon maaf kalau petugas kami kurang ramah terhadap anda, Insya Allah hal ini akan kita perbaiki.
    Sedangkan mengenai Surat Pindah, sebenarnya ini memang merupakan Syarat dari pembuatan KTP Baru di suatu Daerah lho

    Sebab kalau tidak memiliki surat pindah dari daerah asal artinya bahwa KTP kampung nya masih tetap berlaku, padahal saat ini undang2 melarang kita memiliki KTP lebih dari satu.

    Kalaupun anda musanahkan KTP Kampung itu nantinya, sebenarnya Nama adik anda masih terdata di kampung anda dan dengan demikian berarti untuk satu orang akan memiliki 2 data dan hal itu lah yg disebut dengan KTP Ganda (lebih dari satu) dan sesusai UU. No.23/2006 (Silahkan Download disini) maka tidak dibenarkan lagi WNI memiliki KTP atau KK lebih dari satu, bahkan sangsinya cukup berat lho… silahkan baca dibawah:

    UU.No.23/2006
    Pasal 97
    Setiap Penduduk yang dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai kepala keluarga atau anggota keluarga lebih dari satu KK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 ayat (1) atau untuk memiliki KTP lebih dari satu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (6) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

    Sedangkan apakah akan mulai diberlakukan?, tentu tergantung para penegak hukum, dan sangat mungkin sekali manakala kita tersandung kasus kecil yg tidak ada kaitan langsung, lalu akhirnya ditemukan anda memiliki dua KTP maka pada saat itu aturan diatas bisa saja diterapkan pada anda.
    mohon maaf tidak untuk menakuti, sekedar berjaga-jaga.

    Saya sarankan agar anda menjumpai Pak Camat, semoga ada solusi yg dapat di ambil!

    Semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  8. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengetahui ada orang punya 2 KTP, ini ketauan waktu pelamaran PNS, jadi orang tersebut bisa melamar di 2 wilayah di indonesia ini, Bukan ngiri tp itu kan mLanggar hukum apalagi kalo dia dah jd PNS,,mau jadi apa negara ini?

    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s