Tribun Gelar Shalat Id

Written by anto
Minggu, 07 Desember 2008
Dilanjutkan Penyembelihan Hewan Kurban

BATAM, TRIBUN- Untuk kali pertama Tribun Batam menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1429 / 2008 di halaman kantor Tribun, Jalan Kerapu Kompleks MCP Batuampar, Senin (8/12). Setelah itu, dengan bekerjasama dengan lembaga amil zakat DSNI Amanah, Tribun juga melaksanakan pemotongan dan penyaluran hewan kurban.

Sebagai khotib dan imam Shalat Idul Adha itu ustad Junedi Akbar dari Persatuan Muballigh Batam (PMB) Bengkong. “Tribun telah menggandeng dua masjid di Melchem untuk melaksanakan shalat di halaman Tribun pada Senin (8/12) pagi sekitar pukul 07.00. Alhamdulillah, sambutan pemerintah dan masyarakat Batam luar biasa. Terbukti dengan banyaknya hewan qurban yang akan disembelih nanti,” kata Dewi, staf divisi promosi Tribun.

Ia menilai respons dari masyarakat, termasuk tokoh masyarakat Batam luar biasa. Untuk hewan kurban yang akan disembelih antara lain satu sapi dari Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, satu sapi dari DSNI Amanah.

Sedangkan kambing berasal dari Ketua OB Mustofa Wijaya, Wakil Wali Kota Ria Saptarika, PKP, Sopari Indosat, PLN Batam, Tribun Batam dan karyawan. Bagi pihak atau tokoh yang akan menyusul di hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah) tetap dilayani.

Tribun memiliki lapangan luas dan halaman sehingga sangat strategis untuk pelaksanaan shalat Idul Adha. Pasalnya, di lingkungan tersebut memang belum ada lapangan atau masjid yang memadai untuk menampung ribuan umat Islam di wilayah Melchem dan sekitarnya.

“Untuk penyembelihan, para jagal dari DSNI Amanah akan dikirim sampai selesai acara hingga daging siap dibagi ke masyarakat,” kata Widyawati dari DSNI.

Shalat Idul Adha ini bersamaan waktunya dengan daerahlain di Indonesia bahkan Arab Saudi yakni pada 8 Desember. Shalat diawali dengan takbir, pada rekaat pertama imam membaca sembilan kali takbir sedangkan rekaat kedua tujuh takbir. Usai shalat dua rekaat, dilanjutkan khutbah Idul Adha oleh khotib Ustad Junedi Akbar.

Mengenai pembagian daging kurban, akan diutamakan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu dan yang berhak menerima. Bila mencukupi akan dikirim ke hinterland atau pulau-pulau dimana sudah ditempatkan para dai binaan DSNI Amanah.

Pimpinan Perusahaan tribun Batam, Daryono merasa gembira dengan sambutan masyarakat yang sangat antusias ini. “Kita berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. Semoga tahun depan lebih meriah dan jangkauannya makin luas lagi,” harapnya.(wid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s