Disduk Tak Verifikasi KK

Kamis, 11 Desember 2008

6.400 KK Menumpuk

BATAM (BP) – Dalam rapat bersama para camat se-Kota Batam di Kantor Wali Kota Batam kemarin diketahui, sekitar 64 ribu kartu keluarga (KK) masih menumpuk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk dan Capil).
Penumpukan itu terjadi karena KK ditandatangani kadisduk langsung dan dinas masih harus memverifikasi ulang semua data KK yang masuk. Hal ini membuat pengurusan KK memakan waktu lama.
Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengambil kebijakan dengan memangkas satu pekerjaan disduk. Ke depan, data di KK tidak akan diverifikasi ulang oleh Disduk. Kewajiban menjamin validitas data, dilimpahkan penuh ke kecamatan.
“Dengan begitu, pengerjaan KK di disduk akan lebih cepat,” ujar Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika usai pertemuan itu, kemarin.
Meski dari tujuan pengamanan hal ini kurang mendukung, namun sebut Ria, yang namanya human error (kesalahan karena faktor manusia), tidak bisa hilang 100 persen. Tapi dari sisi kecepatan, hal ini akan sangat membantu. “Human error itu kan sesuatu yang sangat manusiawi,” katanya.
Untuk itulah, kecamatan diminta teliti memeriksa data penduduk. Tanggungjawab dan bentuk pemeriksaan ulang oleh pihak kecamatan ini nantinya akan dibuktikan dengan pembubuhan paraf camat di berkas KK. Pihaknya juga sudah meminta Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) untuk membuat draf pernyataan. Setelah itu, barulah ditandatangani para camat di depan Bagian Hukum Pemko Batam.
Dari laporan para camat kemarin, Ria berani menyimpulkan bahwa untuk pembuatan KTP SIAK sudah tidak ada masalah lagi. Sejak tiga November lalu, kecamatan sudah mencetak 29 ribu KTP.
Sayanganya, kata Ria, meski produksi KTP tinggai (rata-rata 1.000 KTP per hari), namun tidak diiringi dengan bahasa pelayanan yang bagus. Untuk itu pihaknya akan mengadakan pelatihan pelayanan prima (service excellent) kepada petugas kecamatan dan disduk.
Pemko juga akan menerbitkan website dan layanan SMS yang dapat memenuhi jawaban warga tentang sejauh mana pengurusan KTP atau KK mereka. (ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s