Tindakan Darurat Dalam Menjaga Jatuh Korban

Ria : Demolah dengan Elegan, Jangan Anarkis
December 11th, 2008

Wawako turun berbaur dengan Massa FSPMI Batam

BATAM : Suasana di jalan antara Kantor Walikota Batam dan DPRD Batam Kamis pagi mendadak penuh sesak dengan ribuan karyawan yang turun ke jalan sejak jam 08,00 pagi hari. Seperti diberitahukan dari pihak Poltabes Barelang sehari sebelumnya, akan ada demo FSPMI yang melibatkan ribuan dengan tujuan ke kantor Pemko Batam dan DPRD Kota Batam.

Konvoi massa dari lintas perusahaan di Batam yang memulai aksinya dengan mengadakan long march mulai dari halaman Gedung Grha Pena menuju kawasan perkantoran Pemerintah di Batam Centre tersebut sudah terlihat sejak pagi harinya yang memaksa pihak Polantas menutup jalur masuk jalan dikawasan Batam Centre tersebut.

Saat orasi dan demo tersebut sangat jelas terdengar tuntutan dan aspirasi yang dibawakan kaum pekerja yang berwadah dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Konsulat Cabang Batam yaitu meminta Walikota Batam merekomendasikan besaran nilai Upah Minimum Kota (UMK) 2009 setara dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) hasil survey Dewan Pengupahan Kota (DPK) Batam serta menolak pemberlakuan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Teriakan terhadap kedua hal tersebut silih berganti seakan tidak pernah putus dari masing-masing koordinator lapangan dan penanggung jawab aksi unjuk rasa sampai siang hari dengan cuaca yang tidak begitu panas dan keinginan mereka ingin bertemu dengan Walikota Batam atau Wakil Walikota Batam untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung.

Sebagaimana dijadwalkan sebelumnya Walikota Batam mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI meninjau ujian CPNS Batam serta kunjungan kerja ke SMK N 1 Batam yang beberapa waktu yang lalu meraih penghargaan ISO-9002 untuk kategori sekolah kejuruan bertaraf Internasional. Sementara Wakil Walikota Batam menghadiri Rapat Paripurna tentang Ranperda APBD, Retribusi Izin Usaha dan Pengelolaan Zakat di Kota Batam yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Setelah Rapat Paripurna, Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika langsung menuju kerumunan massa yang masih semangat meneriakkan tuntutannya dalam bentuk orasinya tersebut dan suasananya sedikit agak terpancing kisruh yang menimbulkan insiden kecil dengan dorong- mendorong antara pekerja dengan aparat keamanan dibantu Satpol PP Kota Batam.

Dalam suasana seperti itu, Ria Saptarika memberanikan diri menuju kerumuman massa tersebut serta meyakinkan para demonstran untuk tetap tenang menyampaikan orasinya dan aspirasimya.

“Silahkan menyampaikan aspirasi secara elegan dan jangan anarkis apalagi terpancing emosi karena itulah yang diinginkan provokator, tegas Ria dengan suara lantang dari atas mobil truk terbuka yang dimanfaatkan sebagai panggung orasi. Untuk kedua orang teman-teman kita yang masih ditahan di Kantor Walikota, saya jamin akan dibebaskan dan saya jaminannya, dengan suara keras dan disambut tepuk tangan para pengunjuk rasa tersebut. Tak lama setelah ucapan Wawako tersebut kedua orang yang ditahan tersebut dibebaskan dan bergabung dengan para pendemo lainnya.

Anda mau menyampaikan aspirasi secara tertib dan terkendali…? tanya Ria seraya disahut dengan teriakan mau… oleh para pekerja tersebut.

Selanjutnya Ria menyampaikan apa yang disampaikan oleh FSPMI Batam tersebut dalam unjuk rasa tersebut sesungguhnya sedang diperjuangkan oleh Walikota Batam bersama dirinya selaku Wakil Walikota Batam dan tim Pemko Batam sehingga ditemukan ada solusi terbaik yang dapat menjembatani aspirasi semua pihak. Dalam minggu ini segera akan dikeluarkan rekomendasi Walikota Batam, tandas Ria lagi disela-sela wawancara dengan wartawan media lokal.

Selanjutnya setelah penjelasan Wakil Walikota tersebut, para demonstran yang bernaung dibawah FSPMI tersebut juga mengakhiri aksinya dengan tertib dan pulang dengan harapan yang lebih baik dalam penentuan UMK Kota Batam.
(*titan)

Video
Sumber: Humasbatam.com

4 thoughts on “Tindakan Darurat Dalam Menjaga Jatuh Korban

  1. mak jleb🙂
    maafken telah membuat suasana spt itu, kalau ndak ribut ndak ada yg datang,
    padahal tadinya saya cari2 mau saya ajak ngopi je🙂 makasih makasih
    ———
    Ngopi kok rame2 mana mungkin cukup satu Morning backery!😉

  2. susah mencari pemimpin seperti anda!

    Semoga Allah SWT memberikan keteguhan pada kita untuk tetap dalam koridor kebaikanNya
    ———-
    La Haula wala quwwata Illa billah!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Semoga tidak terulang kejadian yang menurut saya agak ‘menyedihkan’ untuk ukuran Nasional dan Batam

    Terimakasih atas sumbangsih Bapak kemarin itu.

    Regard..
    Demhank Panbil
    ———-
    Mas Marsono,
    Terimakasih atas kunjungan dan nasihatnya.
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s