Jadi Mediator Pihak Bersengketa

Written by anto
Sabtu, 20 Desember 2008
Pengaduan Konsumen Terbentuk di Batam

BATAM, TRIBUN-Konsumen yang selama ini dirugikan oleh pihak-pihak penyedia barang dan jasa boleh bernafas lega.

Pasalnya mereka sudah bisa mengadukan kerugiannya kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Batam, setelah membeli sesuatu barang. BPSK akan menindak lanjuti dengan memanggil penyedia/penjual atau penyedia jasa untuk diminta keterangan terkait dengan kerugian konsumen tersebut.

Kadisperindag Kota Batam Ahmad Hijazi yang juga Ketua BPSK Batam mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti pengaduan yang datang dari konsumen yang dirugikan. Permasalahan konsumen di Batam cukup banyak karena itu dengan adanya BPSK ini bisa membantu menyelesaiakan permasalan konsumen yang dirugikan.

“Bagi konsumen yang merasa dirugikan supaya datang melaporkan dan kami siap memanggil kedua belah pihak. Misalnya developer menjanjikan rumah yang akan ditempati pembeli, atapnya terbuat dari asbes, dindingnya bagus, pintunya bagus, lantainya keramik. Ternyata setelah dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi yang disebut developer tersebut. maka pihak developer bisa dipanggil,” kata Hijazi, usai dilantik di lantai V kantor Pemko Batam, Kamis (18/12).

Ada sembilan orang yang dilantik menjadi anggota BPSK. Sembilan orang itu terdiri dari tiga unsur pemerintahan, tiga unsur pengusaha dan tiga mewakili konsumen. Mereka adalah Ahmad Hijazi, Makmur M, Yusron Roni, Fahri, Asron Lubis, Aries K, Fatan Riadi dan Ivan Manurung.

“Intinya kita akan bertindak sebagai mediator dan mediasi. Apapun keluhan konsumen baik pelayanan listrik yang tidak baik, pelayanan ATB yang buruk seperti mati air dan mati listrik, bisa dilaporkan ke kami. Kami siap menanganinya sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku,” kata Hijazi.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika dalam pidatonya menyebut selama ini fakta pemicu sengketa konsumen karena kelemahan konsumen itu sendiri. Oleh karena ia menghimbau untuk selalu berkoordinasi.
“Yang akan dihadapi anggota BPSK cukup berat, menyangkut permasalahan yang dihadapi konsumen. Untuk itu saya minta supaya jangan malu bertanya kepada aparat penegak hukum, sehingga hasil yang diputuskan badan ini bisa maksimal memenuhi unsur keadilan dan hasilnya bisa diterima kedua belah pihak,” kata Ria.(hat)

One thought on “Jadi Mediator Pihak Bersengketa

  1. hmmm,, moga2 aja dengan adanya ini batam bisa makin maju yah pak,,,

    biar saya betah,,hhe,,
    ——–
    Insya Allah ini akan menjadikan persaingan usaha dan customer satisfaction di Batam akan lebih meningkat lagi.
    Terimakasih atas supportnya Mas Kahfi
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s